Cara Membuat Screenshot Pada Blog

Cara Membuat Screenshot Pada Blog – Banyak yang bingung bagaimana Cara Membuat  Screenshot Pada Blog. Membuat Screenshot Pada Blog merupakan hal yang sering dilakukan di dunia blogging dan internet pada umumnya.Mungkin kita biasa menggunakan metode standar yaitu dengan menekan F11 di keyboard untuk menampilkan fullscreen pada browser dan tekan PrintScreenSysRq pada keyboard lalu paste pada photoshop dan edit sedimikian rupa.

Namun pada kesempatan ini saya coba tinggalkan cara lama di atas dan kita coba menggunakan beberapa layanan berupa browser plugin (addon), program aplikasi dan pengambilan screenshot berbasis web online agar kita dapat secara praktis membuat screenshot untuk melengkapi penulisan review dan keperluan lainnya.

Berikut ini beberapa Cara Membuat Screenshot Pada Blog :

Menggunakan Addon Firefox

1. Picnik for Firefox.

Picnic pun merupakan plugin firefox lainnya untuk pengambilan screenshot hanya saja picnic memiliki keunikan tersendiri yaitu dilengkapi dengan editor gambar secara online. Untuk menggunakannya Anda cukup menginstal, restart dan buka web/blog yang akan diambil screenshotnya klik kanan atau klik Tools pada browser firefox lalu send page to picnic pilih visible page atau full page, tunggu beberapa saat Anda akan dihubungkan pada halaman dimana Anda bisa mengedit screenshot secara online.

2. Screengrab 0.93.

Demikian halnya dengan screengrab ini yang merupakan bagian dari plugin firefox dan memungkinkan Anda untuk menyimpan screenshot web/blog terbuka, seluruh halaman, pilihan atau bingkai tertentu.

Menggunakan Program Aplikasi

3. SnagIt.

Program seharga $39.95 ini merupakan salah satu program terbaik untuk membuat screenshot dengan banyak option yang Anda perlukan. Dengan integrasi firefox, Anda dapat menggantikan fungsi PrintScreen pada windows, dan memungkinkan Anda untuk membuat profil-profil untuk berbagai jenis berguna lainnya. Sebelum membeli Anda bisa menggunakan trial versionnya.

4. FastStone Capture.

Aplikasi yang cukup mantab untuk mengambil screenshots dengan suatu panel kendali yang “mengambang” seperti juga kemampuan untuk menangkap apapun di layar termasuk jendela, object, layar penuh, daerah-daerah segiempat panjang, dan bahkan memilih daerah-daerah sebuah webpage. Anda bisa langsung membeli product seharga $24.95 ini atau cukup mencoba dahulu trial versionnya selama 30 hari.

Demikian beberapa Cara Membuat Screenshot Pada Blog yang bisa Anda coba. Semoga bermanfaat Cara Membuat  Screenshot Pada Blog.

About aLdyputRa

Aldy Terren Putra, seorang pria yang dilahirkan dengan selamat di Jakarta beberapa tahun silam. Banyak yang bertanya, apa sih arti dari kata “Terren” yang berada didalam nama saya tersebut. Banyak yang berasumsi dengan nama tersebut, mulai dari singkatan Tenar & Keren segala dibawa-bawa oleh teman saya. Tapi ya entahlah, itu sih mereka yang membuat singkatan itu ya.

4 5
Oleh


2 comments on “Cara Membuat Screenshot Pada Blog

  1. @Mas Tomi

    kalo pake linux mah tinggal print screen saja..maklum,kebanyakan blogger pake “Jendela” dibanding dengan “Pinguin” hehehehe

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *