Penggunaan Tag dan Categories Blog WordPress Bagaimana Sih?

Tag dan Categories Blog Wordpress

Beberapa waktu terakhir ini gue sedang mengatur ulang pengguna tag dan categories blog wordpress aldyputra.net ini. Kenapa akhirnya gue melakukan hal ini? Banyak perubahan yang terjadi pada mesin pencari google, yang dimana ternyata pengaturan untuk tag dan categories blog ini masih dalam keadaan optimasi zaman dahulu kala.

Bagaimana maksudnya? Iya, settingan tag dan categories (kategori) blog gue masih dalam keadaan penggunaan atribut index dan follow. Itu artinya, pada saat menggunakan tag atau categories dalam sebuah artikel akan masuk dalam list perayapan bot mesin pencari. Memang seharunsya seperti apa?

Penggunaan Kategori Pada Blog WordPress

Gue akan bahas mulai dari categories pada blog ini. Fungsi kategori sebenarnya untuk mengelompokan tulisan dengan kesamaan tema. Misalnya, gue memberikan tema tulisan ini dengan kategori wordpress

Pada nantinya, ada beberapa artikel lainnya yang gue tulis mengenai wordpress akan gue masukan ke dalam kategori tersebut. Ini memudahkan pengunjung untuk melihat artikel yang serupa dengan yang sedang mereka baca pada saat itu.

Bagaimana penggunaan atribut kategeri wordpress ini? Atribut disini berarti apakah halaman tersebut akan di index atau tidak oleh bot google dan yang lainnya. Untuk penggunaan pada kategori wordpress, gue menggunakan index, follow. Secara garis besar, atribut yang bisa digunakan seperti dibawah ini:

  • noindex
  • nofollow
  • noarchive
  • nosnippet
  • max-snippet:[number]
  • max-image-preview:[setting]
  • max-video-preview:[number]
  • notranslate
  • noimageindex

Tag dan Categories Blog WordPress

Penggunaan Tag Pada Blog WordPress

Bagaimana dengan tag pada tulisan kalian? Ini dia kegalauan gue kemarin saat ingin menentukan bagaimana baiknya untuk penggunaan tag dalam sebuah tulisan. Sebenarnya, fungsi tag itu sendiri adalah mengelompokan lebih kecil setelah kalian menggunakan kategori. Setidaknya, itu yang gue atur sekarang di otak gue.

Maksudnya gimana? Misal, ketika gue menulis artikel ini dengan memasukan kategori tulisan wordpress, lantas gue memasukan tag dengan fitur wordpress. Dimana nantinya, semua yang berhubungan dengan fitur yang ada didalam wordpress akan gue kelompokan menjadi satu tag meskipun tidak berada pada kategori wordpress.

Untuk tag sendiri biasanya digunakan pada website besar yang memiliki penulis artikel cukup banyak. Selain untuk melakukan optimasi artikel tersebut, ini lebih memudahkan para penulis menentukan tulisannya akan dikelompokan pada bagian mana.

Bagaimana penggunaan pada blog pribadi seperti aldyputra.net ini? Banyak diluar sana, teman-teman blogger yang tidak menggunakan fitur ini karena sudah terwakilkan dengan kategori. Tapi, ada juga beberapa yang menggunakan tag untuk keperluan lainnya.

Untuk diingat, apabila menggunakan tag pada wordpress kalian atribut yang diberikan adalah noindex, follow. Hal ini bertujuan agar bot mesin pencari tetap mengikuti link yang ada pada tag tersebut, namun tidak melakukan proses indexing di mesin pencari.

Efek salah Penggunaan Atribut Pada Tag dan Categories

Salah memasukan atribut pada tag dan kategori akan membuat masalah baru untuk kelangsungan blog kalian, diantaranya akan dianggap duplikat konten oleh bot mesin pencari, keyword yang kalian masukan akan mengantarkan ke halaman tag atau kategori, membuat kecewa pengunjung apabila salah memasukan artikel dalam tag atau kategori, url link artikel kalian lama terindex google, dll.

Itulah mengapa alasan gue memberikan atribut index, follow pada kategori dan atribut noindex, follow untuk tag. Untuk memberikan pengalaman yang baik kepada para pengunjung blog yang membaca artikel ini yang datang dari mesin pencari.

Emang ngaruh ya? Silahkan kalian coba saja sendiri ketika tag kalian berikan atribut index, follow. Link artikel kalian akan lama terindex, ketika memasukan kata kunci pada mesin pencari halaman yang dihasilkan adalah halaman tag yang kalian buat.

Pada dasarnya, halaman tag dan kategori akan lebih cepat menang dalam hasil pada mesin pencari. Namun untuk bertahan lama atau tidak pada mesin pencari, halaman ini tidak terlalu kuat. Itulah alasannya gue menggunakan atribut diatas pada blog ini sekarang.

Menurut kalian, apa pandangan kalian terkait tag dan kategori yang ada pada wordpress ini? Apakah yang gue lakukan sudah sesuai dengan keadaan algoritma mesin pencari saat ini? Coba kasih tahu gue mengenai tag dan categories blog wordpress dikolom komentar dong.

4 Replies to “Penggunaan Tag dan Categories Blog WordPress Bagaimana Sih?”

  1. wah makasih ya mas, infonya. saya malah asal memasukkan tag dan kategori aja, masih bingung soalnya

    1. Saya juga awalnya kaya begitu, kok. Sekarang lagi bersih-bersih aja. Semoga bermanfaat ya :)

  2. wah makasih mas Aldi, saya melihat malah masih banyak yang kebalik balik antara tag dengan keyword, jadi tag malah diisi dnegan keyword keyword panjang

    1. Aku dulu juga begitu mas, tag diisi sama keyword malah. Terus tag ku buat index. Kalau sekarang, kemakan keywordnya :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

// Taruh disini