Mengatasi Error Unparsable Structured Data Pada Search Console

Untuk pengguna search console pasti sudah tidak asing lagi ketika mengalami error, namun bagaimana ketika ada pesan error unparsable structured data? Hal ini baru saja terjadi sama gue malam ini, dimana tiba-tiba ada email masuk yang berisikan bahwa blog aldyputra.net telah terjadi kesalahan pada search console.

Setelah melihat lebih jelas, ternyata pesan error yang terjadi ini baru gue lihat selama memperbaiki blog dengan bantuan search engine. Unparsable structured data, ada 31 halaman blog gue yang terkena efek dari kesalahan ini.

Penyebab Error Unparsable Structured Data

Unparsable Structured Data

Pertanyaan mendasar yang terjadi pada seseorang adalah bagaimana caranya untuk mengatasi hal ini. Mencari tahu dulu apa penyebab yang mengakibatkan blog ini ada yang salah pada search console. Beberapa ini bisa menjadi penyebab unparsable structured data pada search console:

Inline JavaScript

Hal pertama yang gue dapatkan adalah karena gue melakukan inline javascript pada blog aldyputra.net ini. Pada beberapa plugin wordpress, banyak memang yang menggunakannya untuk melakukan inline javascript yang akan mempercepat loading blog. Namun, hal ini bisa menyebabkan terjadinya error unparsable structured data.

Asynchronous Javascript

Penyebab kedua yang menjadi masalah dan menyebabkan terjadinya error unparsable structured data adalah melakukan proses async pada javascript yang kalian miliki. Apalagi, kalian melakukannya pada file javascript yang berada di dalam wp_head() kalian.

Untuk menggunakan async pada file javascript, gue menyarankan hanya pada file yang berada dibagian footer blog kalian masing-masing. Hal ini selain untuk mempercepat loading blog kalian, juga untuk mencegah terjadinya hal ini.

Double Schema Markup

Pada beberapa kasus, gue menemukan terjadinya penggunaan double schema pada blognya. Kemungkinan besar, kalian menggunakan plugin yoast seo dan ditambahkan dengan plugin schema lainnya.

Hal ini terjadi pada blog gue, ketika gue sudah menggunakan plugin yoast seo, justru gue menambahkan plugin WPSSO yang berakibat adanya conflict dan menyebabkan error unparsable structured data pada blog ini.

Solusi Error Unparsable Structured Data

Untuk penyelesaian yang paling mudah, kalian bisa melakukan beberapa hal dibawah ini seperti yang gue lakukan:

Matikan Plugin Yoast SEO

Matikan Plugin Yoast SEO

Hal pertama yang harus kalian lakukan adalah mematikan plugin yoast SEO ini. Karena, error ini terjadi ketika ada kesalahan membaca schema markup pada blog kalian. Untuk meyakinkan apakah terjadi karena hal ini, silahkan kalian coba cek structure data pada blog kalian disini.

Apabila terjadi kesalahan dan pointer mengarah pada bagian yoast-schema-graph, maka ini bisa dipastikan dikarenakan oleh plugin yoast. Silahkan matikan, bersihkan cache kemudian silahkan kalian coba kembali. Apabila tidak terjadi error, lakukan cara yang kedua setelah plugin tersebut dimatikan.

Jangan Lakukan Inline JavaScript & HTML

Ini yang gue lakukan setelah melakukan pengecekan pada plugin yoast tersebut. Nyalakan kembali plugin yoast, kemudian mematikan plugin speed booster untuk beberapa fitur yang ada, yaitu:

  • Matikan Inline all CSS,
  • Matikan Minify HTML, dan
  • Move all inlined CSS into the footer.

Apabila tidak terjadi masalah yang sama, bisa dipastikan plugin yoast seo yang bermasalah. Namun, gue melakukan 1 hal lagi untuk memastikan apakah error unparsable structured data disebabkan oleh yoast atau bukan.

Mematikan Fitur Asynchronus

Karena gue menggunakan plugin Async JS and CSS dan didalamnya terdapat fitur loading asynchronus, gue mencoba mengganti setting seperti gambar dibawah ini:

Setting Async JS dan CSS

Awalnya pada bagian detect <script> tags in wp_head gue ceklis. Untuk mencobanya, gue mematikan fitur Load Javascript asynchronously yang membuat semua opsinya menjadi unceklis. Hasilnya error unparsable structured data berhasil hilang. Oleh karena itu, settingan yang gue gunakan adalah seperti diatas dengan tidak melakukan async javascript pada bagian header.

Kesimpulan

Ketika kalian ingin blog wordpress yang kalian kelola menjadi lebih cepat, ada beberapa hal yang harus kalian perhatikan termasuk kesalahan pada google search console ini. Namun, kalian juga harus tahu bagaimana cara mengatasinya. Gunakan plugin dan cara yang tepat, agar permasalahan unparsable structured data ini tidak terjadi.

Beberapa artikel mengenai pengaturan menggunakan google search console, kalian bisa lihat artikel gue sebelumnya dibawah ini:

Semoga artikel ini dapat membantu kalian untuk menyelesaikan error unparsable structured data pada google search console kalian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *