HP Tidak Bisa Terima SMS dan Telepon? Ini Solusi Untuk Kalian!

Tidak Bisa Terima SMS

Sedang mengalami hp kalian tidak bisa terima sms atau panggilan masuk? Ini pernah juga terjadi sama gue ketika masih menggunakan hp android dari ASUS dan menggunakan provider dari Indosat IM3. Gue sadar ketika gue mencoba mendaftarkan nomor telepon gue, kemudian gue tidak menerima sms verifikasi. Padahal, itu satu-satunya cara yang bisa dilakukan pada website tersebut.

Sudah mencoba mencari cara yang gue tahu, mulai dari menambah aplikasi sms yang baru sampai menghapus cache pada aplikasi sms ternyata tidak berhasil sama sekali. Ternyata, gue salah dalam menangani permasalahan hp gue yang tidak bisa sms ini. Pertanyaannya, kenapa sampai bisa hp tidak bisa terima sms atau panggilan telepon?

Kenapa HP Tidak Bisa Terima SMS dan Telepon?

HP Tidak Bisa Terima SMS

Selain operator sedang mengalami gangguan, kesalahan mengatur jaringan dan cache aplikasi sms menjadi beberap penyebab hp tidak bisa terima sms dan melakukan panggilan telepon. Apabila masih menggunakan tipe hp yang lama, bisa saja kotak masuk sms kalian penuh dan belum terhapus.

Penyebab lainnya bisa saja terjadi karena kalian menggunakan aplikasi sms yang tidak sesuai dengan hp yang kalian miliki. Tentunya, kalian harus tahu dulu mana kemungkinan penyebabnya karena berbeda masalah akan beda juga solusi untuk menyelesaikan masalah ini.

Solusi Mengatasi HP Tidak Bisa Terima SMS dan Telepon!

Solusi Mengatasi HP Tidak Bisa Terima SMS

Menghapus pesan masuk, memeriksa pengaturan pusat pesan dan menghapus cache aplikasi sms merupakan solusi hp kalian tidak bisa terima sms atau panggilan telepon. Selain itu, masih ada beberapa solusi yang bisa kalian lakukan ketika hp tidak bisa menerima sms atau panggilan masuk ke nomor kalian.

Tips dibawah ini berlaku untuk semua merk hp seperti, mulai dari ASUS, Xiaomi, OPPO, Vivo, Lenovo, Huawei, Samsung, dan lain-lain. Kalian hanya perlu menyesuaikan saja tampilan dan langkahnya sesuai hp yang tidak bisa terima sms ini.

Cara mengatasi hp tidak terima sms dan telepon ini juga berlaku untuk hampir semua operator selular seperti XL, 3, Indosat, Telkomsel, IM3 dan lain sebagainya.

Silahkan Hapus Pesan di Kotak Masuk SMS

Tips yang pertama untuk kalian lakukan ketika tidak bisa terima sms dari manapun termasuk verifikasi OTP adalah dengan menghapus semua pesan yang ada pada kotak pesan sms hp kalian. Meskipun menggunakan hp 3 jutaan, bisa saja kotak masuk sms kalian penuh dan menyebabkan kalian tidak bisa menerima sms dari manapun.

Kenapa ini bisa terjadi? Ingat, untuk beberapa hp terbaru saat ini memang menggunakan kapasitas memori internal untuk menyimpan pesan sms pada hp kalian. Tetapi, memori tersebut juga dibagi penggunaannya untuk aplikasi lain yang ada pada hp kalian.

Coba Hapus Cache Aplikasi SMS Kamu

Cara kedua apabila hp kalian tidak bisa terima sms dengan membersihkan cache aplikasi hp kalian sendiri. Caranya, kalian bisa masuk ke pengaturan dan masuk ke dalam menu aplikasi. Cari aplikasi sms atau perpesanan dan silahkan buka menu penyimpanan kemudian tekan tombol hapus cache.

Masalah aplikasi cache ini cukup banyak yang mengalami, mungkin kalian salah satunya yang sedang mengalami tidak bisa terima sms atau panggilan telepon pada hp kalian. Cara ini, bisa kalian coba terlebih dahulu.

Periksa Dulu Pengaturan SMSC Kalian

Ketiga dan yang paling umum menyebabkan hp kalian tidak bisa terima sms adalah salah pengaturan pusat pesat smsc. Beberapa provider operator selular sudah memberikan nomor pusat pesan saat pertama kalian kalian memasukan sim card ke dalam hp kalian.

Untuk provider Indosat IM3 seperti yang gue gunakan, nomor pusat pesan akan langsung tersetting ketika melakukan pengaturan GPRS pertama kali. Apabila kalian masih kebingungan bagaimana cara melakukan pengaturan ini, silahkan lihat artikel dibawah.

Hubungi Call Center Provider Kalian

1 cara terakhir sebelum kalian melakukan cara yang paling terakhir adalah dengan melakukan panggilan kepada tim call center provider operator selular yang kalian gunakan. Saat ini, kalian juga bisa mengadukan hal ini melalui media sosial masing-masing dan biasanya proses memakan waktu lebih cepat.

Kalian bisa menjelaskan apa yang membuat hp kalian tidak bisa sms, biasanya provider akan menanyakan apakah tidak bisa kirim sms ke sesama atau ke nomor lain. Kalian bisa menjelaskan secara mendetail permasalahan kalian pada mereka.

Factory Reset Adalah Langkah Terakhir

Langkah terakhir yang menjadi solusi ketika hp tidak bisa terima sms adalah melakukan factory reset. Perlu kalian catat, sebelum melakukan factory reset kalian bisa backup terlebih dahulu data-data pada hp kalian karena semua data yang tersimpan akan hilang.

Pertama silakan coba pindahkan dulu kartu sim (sim card) yang kalian gunakan ke hp yang lain, kemudian silahkan coba kirim sms ke nomor lainnya. Apabila nomor tersebut bisa mengirim sms dan terima sms, berarti yang bermasalah adalah hp kalian bukan sim card yang kalian gunakan.

HP Kalian Sudah Bisa Terima SMS?

Dari ke-5 cara diatas yang gue lakukan ketika hp gue tidak bisa terima sms, yang berhasil adalah dengan mengatur ulang SMSC nomor yang gue gunakan. Ini biasa terjadi karena memang nomor smsc akan berubah sendirinya ketika melakukan penggantian hp lama ke hp yang baru. Semoga dengan cara diatas, kalian bisa mengatasi hp kalian yang tidak bisa terima sms ya!