Tips Mengirim Paket Barang ke Luar Negeri Menggunakan Pos Indonesia


ZA Campaign

Tips Mengirim Paket Barang ke Luar Negeri

Source: hkaci.org.hk

Adakah diantara kalian yang ingin mengirin paket bareng ke luar negeri? Mungkin, ada beberapa yang pernah menggunakan jasa pengiriman di Indonesia untuk mengirimkan barang ke luar negeri namun tidak berani menuliskannya dalam bentuk kata-kata. Nah, kali ini saya akan sedikit berbagi tipsnya untuk kalian semua.

Sebenarnya ada beberapa jasa ekspedisi yang menyediakan fasilitas kirim paket bareng ke luar negeri. Namun, tidak sedikit yang belum mengetahuinya dan bahkan kebingungan ketika mungkin ada pembeli atau ada seorang teman yang hendak meminta tolong untuk dikirimkan barang belanjaannya.

Ada beberapa jasa pengiriman yang saya ketahui memiliki fasilitas kirim barang ini, mulai dari DHL, TNT, UPS bahkan salah satu perusahaan dalam negeri (BUMN) seperti PT. Pos Indonesia juga bisa melakukan hal tersebut, yaitu Express Mail Service (EMS).

Untuk DHL, TNT dan UPS sepertinya tidak perlu dibahas lebih jelas karena saya anggap kalian sudah tahu mengenai hal ini. Sekarang, saya akan sedikit membahas mengenai keunggulan EMS ini dengan jasa pengiriman yang saya sebutkan diatas. Apa saja?

Berdasarkan informasi yang saya dapatkan dari situs resmi EMS PT. Pos Indonesia, inilah keunggulannya:

  • Dijamin penyerahan kiriman EMS ke alamat tujuan, maksimal 3 – 5 hari (tidak termasuk waktu pemeriksaan Customs / Beacukai).
  • Tarif kompetitif berdasarkan tingkat berat dan negara tujuan, dalam mata uang US Dollar.
  • Informasi tarif EMS
  • Jaminan ganti rugi bila terjadi keterlambatan penyampaian, kiriman hilang atau rusak, sesuai ketentuan Universal Postal Union (Lembaga Pos Dunia).
  • PT Pos Indonesia memberikan kemudahan lacak jejak untuk mengetahui status kiriman.
  • Jaringan EMS menjangkau di lebih dari 230 negara yang terus akan dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan dan harapan masyarakat.
  • Fasilitas pembayaran secara kredit dan manfaat lain untuk para pelanggan besar dan korporasi, sesuai permintaan dan kesepakatan dengan pelanggan.
  • Syarat ukuran dan berat terpenuhi.

Tips

Lantas, apa saja yang perlu diperhatikan sebelum menggunakan layanan EMS dari PT. Pos Indonesia ini? Untuk kalian yang ingin mengirimkan barang menggunakan jasa EMS Kantor Pos ada beberapa hal yang patut diperhatikan, yaitu:

  1. Perlu diingat, perhitungan dasar menggunakan kurs dollar amerika berdasarkan yang tercantum di website resmi Pos Indonesia, bukan di website lain.
  2. Pastikan kiriman ke luar negeri itu dibungkus dengan karung atau diplester sepenuhnya.
  3. Untuk nilai tanggungan barang, seringkali pembeli meminta mencantumkan nilai barang serendah mungkin, turuti saja karena itu untuk mencegah pembeli di luar negeri terbebani pajak dari bea cukai disana.
  4. Misal, nilai barang sesungguhnya adalah $60, maka tulis saja nilai nya $35 atau lebih rendah, ini adalah nilai tanggungan barang, untuk pengiriman ekspres (EMS) tidak berpengaruh terhadap perlakuan barang itu sendiri.
  5. Sebaiknya potret barang kiriman di kantor Pos lengkap dengan nomer resi atau simpan nomor resi setelah selesai melakukan transaksi pengiriman.
  6. Transaksi pembayaran dengan western union tidak dikenakan biaya untuk penerima, sedangkan bila menggunakan paypal biasanya dikenakan fee 2-5% dari total transaksi.
  7. Tracking barang bisa lewat http://www.posindonesia.co.id, tapi hal tersebut kurang begitu akurat lebih baik gunakan saja menu EMS Pos Indonesia.
  8. Pastikan barang yang ditulis di form pengiriman sesuai dengan barang yang dikirim, jangan sampai tidak sesuai dengan yang kalian kirim.
  9. Pastikan sering berkomunikasi dengan orang yang kalian kirimkan barangnya. 
  10. Pastikan alamat yang dituju itu benar, karena jika terjadi kesalahan bukan tanggung jawab dari jasa pengiriman.

Sebenarnya standar aja sih tips mengirim paket barang ke luar negeri kalau ingin menggunakan jasa yang satu ini, lebih kepada kecermatan dan ketelitian kalian sebelum dan sesudah melakukan transaksi pengiriman barang. Ada yang ingin berbagi mengenai kirim barang ke luar negeri? Boleh berkomentar, ya!

KASIH RATE YUK!
4 5
Oleh


6 comments on “Tips Mengirim Paket Barang ke Luar Negeri Menggunakan Pos Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *