Cara Mengganti Lensa SLR Secara Aman

Cara Mengganti Lensa SLR

Banyak yang belum tahu bagaimana cara mengganti lensa SLR atau DSLR yang bena. Karena, beberapa jenis lensa DSLR berbeda penanganannya. Tenang, buat kalian yang masih bingung bagaimana melakukannya gue bakalan kasih sedikit tips dan trik mengenai bagaimana sebenarnya untuk melakukan hal ini dengan aman.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan selama proses penggantian lensa terutama jika teman-teman melakukannya di luar ruangan. Penggantian lensa di luar ruangan rawan mengakibatkan debu dan kotoran masuk ke kamera dan menempel di sensor sehingga membuat hasil akhir foto tampak ternoda. Silahkan disimak beberapa tips yang gue berikan ini ya.

Cara Mengganti Lensa SLR

Tips Mengganti Lensa SLR (DSLR) Secara Aman

  • Kalungkan tali kamera di leher, kemudian posisikan kamera agar menggantung dan menghadap ke bawah
  • Pasang tutup depan lensa yang akan diganti
  • Sembari menekan tombol kuncian lensa, putar lensa yang akan diganti berlawanan dengan arah jarum jam
  • Putar sampai lensa kendor, namun jangan sampai benar-benar dilepas dari kamera
  • Ambil lensa baru yang akan dipasang. Lepas tutup lensa dibelakang dan letakkan ditempat yang mudah dijangkau sementara pegang lensanya dengan satu tangan
  • Lepas lensa lama dengan tangan yang lain.
  • Sekarang pasang lensa baru dengan cepat.
  • Ambil tutup belakang lensa lama dan pasangkan di lensa yang baru
  • Taruh lensa lama di tas kamera

Bagaimana? Mudah bukan? Hal semudah dan sesimple diatas dapat mengamankan lensa kamera teman-teman semua dari hal-hal yang tidak teman-teman inginkan. Sedikit tambahan lainnya, setelah penggantian lensa usahakan anda mengaktifkan fitur sensor cleaning di kamera sehingga mengurangi resiko foto yang berikutnya kalian ambil terdapat bercak debu. Hindari mengganti lensa saat angin kencang, apalagi anda memotret di pantai.

Sekian informasi sederhana saya mengenai lensa DLSR atau SLR ini, kalau diantara kalian ada yang memiliki tips mengenai ini silahkan ditambahkan di kolom komentar. Semoga, banyak teman-teman yang baru memulai dunia fotografi dapat memahami dalam memperlakukan lensa kamera yang digunakan. Termasuk, bagiamana sebenarnya cara mengganti lensa SLR atau DSLR yang mereka gunakan saat ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *