Teknik Dasar Fotografi: Panning, Freezing, Bulb dan Bokeh

Untuk yang baru belajar fotografi, tentu harus tahu beberapa teknik dasar fotografi yang cukup mudah. Panning, freezing, bulb dan bokeh. Selain itu tentu ada beberapa persiapan untuk kalian melakukan hal ini, mulai dari lensa yang digunakan, pencahayaan setiap teknik yang kalian pelajari dan masih banyak lainnya termasuk segitiga fotografi.

4 Teknik Dasar Fotografi Untuk Pemula

Kenapa gue bilang teknik fotografi ini untuk pemula? Selain kalian bisa menggunakannya dengan lensa bawaan kalian, teknik ini memang bisa dengan mudah tanpa persiapan yang cukup rumit. Apa saja teknik fotografi yang akan gue ajarkan?

Teknik Dasar Fotografi Panning

Teknik fotografi panning adalah salah satu dari sekian banyak teknik dalam dunia fotografi yang digunakan untuk membekukan gerakan pada benda yang bergerak. Bagaimana cara melakukan panning adalah dengan menggerakkan kamera searah dengan arah gerakan obyek yang ingin dibidik sehingga obyek akan tampak fokus, sementara background akan tampak kabur/blur. Untuk lebih jelas mengenai teknik ini, kalian bisa lihat penjelasan detail gue mengenai teknik fotografi panning ini.

Teknik Dasar Fotografi Panning

Teknik Dasar Fotografi Freezing

Pada dasarnya, untuk melakukan teknik freezing tidak membutuhkan hal yang rumit. Kalau melihat dari pengertiannya teknik freezing adalah teknik memotret pada sebuah objek yang sedang bergerak dengan seolah-olah kita dapat menghentikan objek yang sedang begerak tersebut. 

Kalau masih bingung dengan pengertian diatas, kalian bisa baca lebih detail terkait teknik fotografi freezing di artikel lama gue. Disana sudah lengkap gue jelaskan mulai dari pengertian, persiapan untuk melakukannya, dan beberapa kelengkapan lainnya. Silahkan dibaca ya.

Teknik Dasar Fotografi Freezing

Teknik Dasar Fotografi Bulb

Teknik fotografi bulb sendiri, sudah pernah gue bahas di artikel gue lainnya. Untuk kalian yang ingin mencoba lebih dalam terkait teknik fotografi yang satu ini kalian bisa membaca artikel lengkapnya mengenai teknik bulb yang telah gue tuliskan lengkap dengan beberapa penggunaan lensa yang bisa menghasilkan bulb fotografi.

Teknik Dasar Fotografi Bulb

Teknik Dasar Fotografi Bokeh

Menurut pengalaman gue, ini adalah salah satu teknik dasar yang cukup mudah dan membuat foto kita terlihat bagus. Dimana, bokeh sendiri akan memperindah dengan hadirnya blur atau bayangan bulat dibelakang objek kita. Bentuk bokeh yang akan terlihat akan berbeda tergantung dengan jenis lensa yang kalian gunakan. Untuk lebih detail, kalian bisa membaca teknik bokeh yang sudah gue tuliskan beberapa waktu lalu.

Teknik Dasar Fotografi Bokeh

Selain beberapa teknik dasar diatas, ada juga yang perlu kalian ketahui sebagain ilmu pendukung yang membuat hasil foto kalian semakin bagus. Salah satunya adalah pencahayaan, karena fotografi adalah menulis dengan cahaya. Kalian perlu mempelajari hal itu setelah paham betul bagaimana teknik dasar fotografi tersebut kalian kuasai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

// Taruh disini