Cara Mudah Merubah Foto Dengan Teknik Manipulasi Digital

Teknik Manipulasi Digital

Kesempatan kali ini saya akan sedikit share mengenai teknik fotografi, yaitu teknik manipulasi digital. Namun, bukan bagaimana teknik menggunakan kamera atau teknik yang berhubungan dengan yang namanya kamera digital, tetapi saya akan sedikit memberikan pengetahuan baru saya dalam dunia fotografi yaitu mengenai bagaimana untuk merubah foto dengan teknik digital.

Teknik manipulasi digital sekarang ini memang sangat sering digunakan, apalagi ketika melihat gambar yang kita hasilkan dari kamera kesayangan kita tidak terlalu bagus atau bahkan jauh dari kata bagus itu sendiri. Dengan menggunakan atau mempelajari teknik fotografi manipulasi digital ini, kita bisa merubah segalanya.

Teknik Manipulasi Digital Dalam Fotografi

Pada dasarnya, manipulasi digital atau manipulasi gambar adalah sebuah aplikasi editing gambar teknik untuk foto yang akan menciptakan ilusi atau penipuan melalui cara analog atau digital. Dalam dunia digital editing, foto biasanya diambil dengan kamera digital dan langsung dimasukan ke dalam komputer.

Berikut ini sedikit informasi mengenai bagaimana cara untuk merubah foto dengan teknik manipulasi digitalyang baru saya pelajari. Langkah mudah untuk melakukan teknik DI atau manipulasi ini bisa kalian ikuti, caranya seperti ini:

  • Siapkan beberapa atau salah satu foto yang akan kita rubah dan buka didalam photoshop kesayangan teman-teman semuanya, dalam hal ini saya menggunakan foto kereta api.
  • Siapkan foto tambahan yang akan teman-teman gunakan sebagai bahan untuk melakukan sebuah perubahan nantinya, dalam hal ini saya mengambil dari google sebuah foto awan.
  • Setelah foto dasar yg teman-teman siapkan tadi dibuka didalam photoshop, drag foto awan dan drop didalam foto yang pertama yaitu foto kereta. Silahkan lihat gambar berikut ini :

Teknik Manipulasi Digital

  • Setelah seperti gambar diatas, gunakan yang namanya Eraser Tools atau agar lebih cepat teman-teman dapat menekan dengan huruf E pada keyboard. Namun, jangan sampai kalian lupakan untuk mengatur bagian opacity dan flow pada bagian atas. Agar lebih jelas, lihat gambar dibawah ini:

Manipulasi Digital

  • Lihat pada bagian merah, itulah yang nantinya kita gunakan ketika kita menghapus gambar yang kita timpa tadi. Berbeda nilai yg kita masukan, akan berbeda pula gambar yang nantinya kita hasilkan.

Setelah melakukan teknik DI atau manipulasi foto dengan cara digital diatas, kalian bisa mengubah apapun yang kalian inginkan dan bisa menghasilkan beberapa gambar yang lain daripada yang lain. Bagaimana? Cukup mudah dan simple bukan langkah untuk merubah foto menggunakan teknik ini? Semoga kalian bisa mengikuti apa yang gue berikan diatas untuk beberapa foto atau dokumen kalian ya.

Beberapa gambar yang tadinya sederhana menjadi terlihat sangat istimewa apabila kalian bisa mengaplikasikan teknik manipulasi ini. Sekian dulu informasi sederhana saya mengenai dunia fotografi yaitu mengenai bagaimana cara merubah foto dengan teknik manipulasi digital.


ARTIKEL MENARIK LAINNYA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *