Cara Mengatur Excerpt Tampil Sebelum Artikel Dengan Border

Cara Mengatur Excerpt Tampil Sebelum Artikel

Untuk pengguna cms wordpress pasti sudah tahu apa itu excerpt, tapi masih bingung bagaimana cara mengatur excerpt agar tampil diatas. Padahal, excerpt adalah salah satu hal yag cukup penting dalam sebuah artikel. Di artikel ini, kalian akan lebih banyak tahu apa itu excerpt, cara membuat excerpt dan bagaimana mengatur excerpt tampil seperti di blog ini.

Cara Mengatur Excerpt Tampil Sebelum Artikel

Pengertian Excerpt: Apa Itu Excerpt?

Sebenarnya, apa sih excerpt itu? Excerpt adalah sebuah istilah yang berarti cuplikan atau ringkasan dalam bahasa Indonesia. Terus apa fungsinya? Tentu, excerpt ini bertujuan untuk memberikan bocoran tentang isi artikel yang sedang kalian tulis kepada pengunjung blog kalian. 

Cara Membuat Excerpt di WordPress

Ada 2 cara untuk membuat excerpt itu sendiri, cara manual dan cara otomatis yang banyak digunakan. Berikut ini penjelasannya:

  • Cara Otomatis. Cara ini adalah yang paling banyak digunakan karena tidak sengaja lupa mengisinya. WordPress akan secara otomatis membuatkan excerpt dari 55 kata pertama yang ada di dalam artikel kalian.
  • Manual. Dengan cara ini, kalian bisa menampilkan kolom excerpt dari halaman postingan kalian. Caranya saat kalian berada didalam editor postingan, silahkan scroll ke bagian atas dan pilih screen options. Kemudian ceklis bagian excerpt dan nantinya kolom excerpt akan tampil dibagian bawah.

Cara Mengatur Excerpt Tampil di Atas Sebelum Artikel

Cara Mengatur Excerpt

Ini bagian yang cukup membingungkan dalam pengerjaannya, karena akan ada perbedaan dalam setiap template yang kalian gunakan. Berikut ini langkah yang bisa kalian lakukan:

  • Masuk ke dalam theme editor kalian, dan pilih file single.php.
  • Masukan script dibawah ini sesuai dengan dimana kalian ingin menampilkannya.

<div style=”border: 2px #006400 dashed; padding: 10px; background-color: rgb(135, 206, 250); text-align: justify”> <?php the_excerpt(); ?> </div>

  • Simpan file single.php kalian, dan selesai.

Cara mengatur excerpt diatas akan berbeda pada setiap template yang kalian gunakan. Sebagai contoh di blog ini, kode tersebut tidak gue masukan ke dalam file single.php. Kenapa? Karena pada file tersebut, ada bagian yang memangil file lainnya untuk menampilkan artikel yaitu content-single.php. Jadi, disanalah gue memasukan kode diatas.

Untuk kalian yang tidak ingin pusing dengan kode diatas, ada plugin yang memiliki kemiripan dengan yang gue berikan, yaitu Display Posts. Apa saja fitur unggulan dari plugin ini?

  • Memberi opsi tampilkan post berdasar kategori.
  • Memberi opsi tampilan post dalam bentuk grid.
  • Menampilkan daftar post populer.
  • Memberi Anda opsi untuk mengatur informasi macam apa yang ditampilkan di tiap post. Misalnya soal excerpt dan ilustrasi gambar.

Kedua cara mengatur excerpt diatas bisa kalian gunakan pada blog wordpress kalian, tergantung kalian lebih nyaman menggunakan yang mana. Kalau kalian ada cara mengatur excerpt yang lainnya, silahkan tuliskan dikolom komentar dibawah ya.


ARTIKEL MENARIK LAINNYA