Plugin Optimasi Gambar Di WordPress Untuk Mempercepat Loading Blog

Plugin Optimasi Gambar Di Wordpress

Saat gue melakukan optimasi blog untuk mempercepat loading, ada beberapa plugin optimasi gambar di wordpress ini yang gue gunakan. Beberapa diantaranya gue merasa ada yang kurang cocok saat gue gunakan. Sama seperti plugin lazy load, gue juga melakukan ini dengan cara bongkar pasang plugin yang gue pakai kok.

Saat pertama kali gue melaukan optimasi gambar di blog, plugin yang gue gunakan adalah beberapa plugin yang berbayar namun memiliki versi gratis juga. Ada beberapa kelebihan dan kekurangan ketika melakukan hal itu, yang paling cukup terasa adalah fitur bulk optimize yang tidak bisa digunakan. Bayangkan, kalau blog wordpress kalian ada ribuan gambar  di dalamnya.

Daftar Plugin WordPress Untuk Optimasi Gambar

Sedikit cerita mengenai beberapa plugin optimasi gambar di wordpress yang gue gunakan, kalian bisa lihat dibawah ini ya:

Smush Pro

Plugin untuk optimasi gambar di blog wordpress yang gue gunakan belakangan ini adalah Smush Pro. Awalnya, seperti gue bilang diatas. Gue menggunakan plugin optimasi ini yang versi gratis. Tapi, karena keterbatasan fitur yang diberikan oleh plugin ini akhirnya membuat gue untuk membeli versi pro.

Harga Plugin Optimasi Gambar Smush Pro

Untuk harga berlangganannya sendiri terbilang cukup murah dan mendapatkan beberapa plugin tambahan lainnya. Kalian bisa baca mengenai plugin optimasi gambar ini pada artikel gue mengenai Smush Pro.

Short Pixel

Plugin yang kedua untuk optimasi gambar di wordpress yang pernah gue gunakan adalah Short Pixel. Fitur yang diberikan pada versi gratis cukup bagus, bahkan sudah mendukung NextGen image (webp) saat kita menggunakannya. 

Lagi-lagi, karena keterbatasan penggunaan fitur bulk optimize yang diberikan limit setiap bulan. Akhirnya gue memutuskan untuk tidak menggunakannya. Beberapa fitur Short Pixel lainnya adalah plugin ini akan melakukan kompresi pada gambar setiap kali kalian memasukan gambar di blog kalian.

Beberapa ekstensi file yang bisa kalian lakukan proses optimasi adalah JPEG, PNG, GIF dan dokumen PDF. Memang tidak ada batasan ukuran untuk melakukan kompresi, tapi karena batasan tiap bulan itulah yang tidak bisa ditolerir.

Imagify

Plugin imagify ini sebenarnya bagus, ditambah lagi plugin optimasi gambar ini bisa dikombinasikan dengan plugin lainnya untuk mempercepat blog seperti WP Rocket. Sejujurnya, ketika menggunakan plugin optimasi gambar yang satu ini gue masih agak bingung dengan pengaturannya.

Harga Plugin Optimasi Gambar Imagify

Apakah kalian merasakan hal yang sama dengan gue? Padahal, apabila digabungkan dengan plugin WP Rocket fungsinya akan luar biasa. Padahal, seperti kalian lihat diatas harganya terbilang lebih murahdibandingkan Smush Pro. Tapi karena terlalu rumit, akhirnya tidak gue beli biaya bulanannya :)

EWWW Image Optimizer

Saat awal memulai dunia blog dan menulis dengan blog aldyputra.net ini, plugin optimasi gambar yang gue gunakan adaalah EWWW Image Optimizer. Selain karena mudah dan cukup bisa digunakan untuk orang awam seperti gue, plugin ini bisa kalian gunakan secara gratis.

Gue lupa, apa yang membuat gue tidak menggunakan plugin optimasi gambar di wordpress yang satu ini. Kalau tidak salah ingat, ketika gue menginstall plugin lainnya ada yang bentrok dengan plugin ini. Tapi, gue lupa plugin apa yang gue gunakan waktu itu.

Automatic Image Compression

Plugin optimasi yang satu ini gue gunakan tidak cukup lama. Ada beberapa hal yang membuat gue tidak nyaman dengan plugin yang satu ini. Padahal, kalau dilihat lagi bahwa plugin ini sama seperti Short Pixel. Dimana setiap gue upload foto baru, plugin ini akan langsung mengkompresinya.

Selain itu, plugin ini bisa mengatur ukuran gambar setelah dioptimasi. Jadi gak perlu repot lagi untuk mengaturnya. Oh iya, gue tidak menggunakan plugin ini karena hanya diberikan limit sebanyak 100 gambar setiap bulan dengan akun gratis. Kalau mau lebih, ya berbayar.

Beberapa plugin untuk optimasi gambar diatas adalah yang pernah gue gunakan, kalian pakai plugin optimasi gambar di wordpress apa nih?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *