Mic Clip On, Selain Beli Ternyata Bisa Bikin Sendiri Lho!

Mic Clip On

Untuk para pembuat vlog youtube, tentu mic clip on menjadi barang wajib. Sudah banyak merk mic clip on terbaik dengan harga yang bersaing. Mulai dari harga mic clip on yang murah, sampai dengan yang mahal. Tentu, apa yang akan kalian dapatkan sesuai dengan berapa yang kalian bayarkan untuk mic wireless tersebut.

Sebelum lebih jauh mengenai mic dan beberapa pengetahuan lainnya, gimana kalau kita bahas dulu apa sih mic clip on itu?

Apa Itu Mic Clip On?

Clip on adalah sebuah sebutan yang cukup sering oleh seseorang yang mengoperasikan suara atau audio untuk mendefinisikan audio transmitter & receiver. Alat ini merupakan satu kesatuan yang terbagi menjadi 2 berdasarkan fungsinya masing-masing.

Bagaimana Cara Membuat Mic Clip On Sendiri?

  • Siapkan earphone bekas smartphone yang sudah tidak terpakai. Biasanya, sering rusak atau mati sebelah dan kalian tidak menggunakannya lagi.
  • Potong ujung earphone yang tidak ada tombolnya. Biasanya terletak pada bagian earphone sebelah kanan.
  • Potong bagian sebelah kiri setelah tombol mic. Jangan potong sebelumnya ya, tapi potong setelahnya karena ini bagian yang masih berfungsi.
  • Pasangkan paper clip. Ini hanya untuk mengaitkan kebagian baju atau apapun yang kalian kenakan pada saat itu.
  • Colokan bekas earphone ke smartphone kalian. Untuk menggunakannya, silahkan gunakan audio recorder bawaan smartphone kalian.

Gampang bukan? Kalau masih bingung, kalian bisa lihat video gue dibawah ini.

Ada Mic Apa Aja Sih Selain Ini?

Selain mic jenis ini, kalian juga harus tahu bahwa ada beberapa jenis microphone lainnya yang bisa kalian gunakan. Berikut ini beberapa jenis microphone yang bisa kalian gunakan:

Mic Condenser

Apa itu mic condenser? Mic condeser pada umumnya berbentuk bulat dengan ukuran kecil dimana didalam mic condeser tersebut terdapat dua buah plat yang sangat tipis sebagai diafragma, dimana kedua plat tersebutlah yang akan menerima setiap getaran-getaran yang bersumber dari luar atau yang disebabkan adanya perbedaan tekanan udara pada setiap detiknya sehingga menghasilkan getaran. Lihat dibawah ini untuk salah satu review gue buat mic condenser.

Mic Shotgun

Apa itu shotgun mic? Biasanya mic jenis ini digunakan dibeberapa kamera vlog. Mikrofon jenis Shotgun memiliki kekhususan karena menerima sinyal suara hanya dari satu arah saja. Jadi, kalian gak perlu takut ada kebocoran suara dari samping kiri, kanan dan belakang kamera.

Apa Itu Shotgun Mic

Boompole alias Fish Pole

Apa itu boom mic? Kalau jenis ketiga ini biasanya digunakan untuk keperluan perekaman suara jara menengah. Paling sering digunakan untuk keperluan shooting yang membutuhkan suara lebih jernih untuk beberapa orang sekaligus.

Apa Itu Boom Mic

Sampai disini, udah paham ya kenapa kalian harus menggunakan mic ini? Kalau ada informasi terkait harga, merk dan lainnya, kalian bisa kasih tahu dikolom komentar. Menurut kalian, apa sih rekomendasi mic clip on yang kalian gunakan?


ARTIKEL MENARIK LAINNYA