Pahami Fungsi dan Perbedaan Shockbreaker Tabung Atas dan Bawah

Shockbreaker Tabung Atas dan Bawah

Bagi para pecinta roda dua dan yang ingin melakukan modifikasi dan digunakan harian, tentu akan bertanya apa fungsi dan perbedaan shockbreaker tabung atas dan bawah saat ingin menggantinya. Perbedaan ulir dan juga fungsinya, harus kalian ketahui terlebih dahulu sebelum kalian membelinya. Salah-salah, motor kalian membeli untuk keperluan balap.

Fungsi Tabung Pada Shockbreaker

Sebenarnya, apa sih fungsi tabung ini yang terlihat keren saat menggunakan tabung berada diatas? Pada intinya, tabung ini dapat menampung oli atau bahkan menggunakan nitrogen untuk dipompakan melewati as shcokbreaker seperti yang gue jelaskan diatas mengenai cara kerja shockbreaker tabung.

Memang fungsi dari tabung yang diisi nitrogen itu apa? Pertanyaan yang sama pada saat gue belum tahu seluk beluknya, yaitu fungsi nitrogen ini untuk mendinginkan oli. Karena, oli pada suspensi akan memanas seiring bekerjanya suspensi yang kalian gunakan tersebut. Biasanya di 10.000 sampai 15.000 km pemakaian dicek jika perlu diganti olinya ya harus diganti.

Perbedaan Shockbreaker Tabung Atas dan Bawah

Shockbreaker memang menjadi salah satu hal yang vital untuk kalian lakukan perubahan. Untuk memilih shockbreaker, kalian diharuskan dengan teliti dan tahu kebutuhan kalian sendiri. Secara garis besar, perbedaan mendasar dari penggunaan shockbreaker tabung ini adalah cara kerja yang digunakan.

Pada shockbreaker yang menggunakan tabung dibagian atas, biasanya menerapkan cara kerja berupa pemompaan oli ke atas kemudian setelah itu akan ikut ke bagian bawah. Sedangkan shockbreaker yang menggunakan tabung bawah, sistemnya sudah langsung melewat as shockbreaker.

Shockbreaker Tabung Atas dan Bawah

Pada dasarnya, untuk kalian yang ingin menggunakan shock tabung bawah diperuntukan bagi kalian yang ingin turun di lintasan balap motor. Sedangkan apabila kalian ingin terlihat lebih gagah, stylist dan keren kalian bisa menggunakan tabung dengan ulir rapat dan bagian tabung ada di atas.

Kelebihan Shockbreaker Tabung

Untuk kalian yang ingin menggunakan shockbreaker berjenis tabung ini, perlu diperhatikan bahwa nantinya kalian akan merasakan tingkat kekerasan melebih dengan shockbreaker standard. Kalian bisa merasakan hal ini ketika menggunakan shockbreaker dengan ulir yang cukup rapat pada motor kalian.

Namun demikian, apabila kalian menggunakan shock jenis ini. Redaman pada motor kalian akan terasa lebih responsive dibandingkan dengan penggunaan shockbreaker yang biasa.

Kekurangan Shockbreaker Tabung

Seperti yang gue bilang diatas, ketika kalian menggunakan shockbreaker tabung atau menggunakan shock yang memiliki ulir cukup rapat akan menambah tingkat resposive, biasanya untuk pengguna motor harian akan merasa tidak nyaman. Shockbreaker jenis tabung ini memang didesain untuk mereka yang ingin terjun ke lintasan balap.

Namun, apabila kalian ingin menggunakan jenis shockbreaker dengan ulir rapat atau yang menggunakan tabung, kalian bisa lihat beberapa rekomendasi shock tabung yang sudah gue buatkan untuk kalian.

Sampai disini semoga kalian tahu ya apa saja perbedaan ketika kalian ingin menggunakan shockbreaker yang menggunakan tabung, baik di bagian atas atau di bawah. Intinya, fungsi dan perbedaan shockbreaker tabung baik penggunaan pada bagian atau bawah sama-sama untuk meredam goncangan pada motor kalian.


ARTIKEL MENARIK LAINNYA