Sejarah Lamborghini

Sejarah Lamborghini Adalah sebuah pabrikan mobil yang diciptakan oleh seorang pemimpin pabrik traktor, yaitu Ferrucio Lamborghini. Umumnya mobil-mobil produksi keluaran Lamborghini adalah mobil-mobil dengan tenaga besar yg dapat berlari kencang dan biasa disebut dengan istilah supercar.

Awalnya, Ferrucio Lamborghini hanya memiliki sebuah pabrik traktor di Italia, mengkomplain sebuah mobil Ferrari yg ia beli kepada Enzo Ferrari karena ada kerusakan di koplingnya, namun di tanggap tidak enak oleh Enzo. Enzo berkata bahwa Ferrucio tidak mengerti mobil, bukan mobilnya yg rusak, dia lah yg tidak bisa menggunakannya.

Ferrucio lalu sakit hati, namun kesakitan hatinya itu malah menginspirasikan untuk membuat supercar sendiri.hasilnya pada tahun 1962 Ferrucio berhasil membangun sebuah pabrik untuk menciptakan supercar buatannya yg diberi nama Lamborghini, sesuai dengan nama belakangnya dari situ lah sejarah Lamborghini dimulai.

Sejarah Lamborghini mulai dari Tahun 1963 sampai dengan generasi penerusnya

1. Lamborghini 350 GTV (1963)
$ 45.000 – $ 89.700

Di tahun 1963, Ferrucio berhasil menciptakan Lamboghini pertama nya yaitu Lamborghini 350 GTV.Meskipun terlihat klasik Lamborghini yg memiliki desain lampu pop-up (terbuka bila digunakan) mampu berjalan sangat cepat layaknya supercar lainnya. Kesuksesan Lamborghini menciptakan 350 GTV membawa namanya naik dan menjadikan pabrikan Lamborghini berada di deretan atas pabrik supercar dunia.

2. Lamborghini Miura (1966)
$ 61.200 – $ 122.600

Lamborghini kedua yg merupakan Lamborghini bermesin tengah. nama Miura diambil dari nama banteng tempur Spanyol, karena sesuai dengan logo Lamborghini, yaitu banteng.Lamborghini menciptakan Lamborghini Miura Concept untuk merayakan ulang tahunnya Lamborghini Miura yg ke 40 di Tahun 2006.

3. Lamborghini Countach (1971)
$ 40.800 – $ 78.300

Lamborghini ke-3 ini mulai dipamerkan pada tahun 1971 dan mulai di produksi pada tahun 1973.Namanya di ambil dari teriakan org Itali ketika terkejut ‘countach’!! dibaca: kuntach!! kalau di kita seperti ‘buset’!!Lampu depan nya menggunakan sistem pop-up.Desain inovatif di munculkan pada pintu Countach dengan menggunakan pintu model gunting/ pintu yang di buka terangkat ke atas.

4. Lamborghini Diablo (1990)
$ 97.700 – $ 118.600

Lamborghini ini desain body nya masih memiliki kemiripan dengan Countach,, yg akan menjadi desain baku Lamborghini hingga produk2 paling baru nya.Masih menggunakan lampu depan model pop-up, dan pintu model gunting.Nama nya diambil kembali dari salah satu banteng tempur Spanyol.

5. Lamborghini Murciélago (2001)
$ 265.575 – $ 279.900

Lamborghini pertama di tangan pabrikan AUDI. Desain nya msh berbasis dengan pendahulu2 nya. Sudah tidak memakai lampu jenis pop-up, namun masih menggunakan pintu model gunting.Nama Murcielago diambil jg dari salah satu nama banteng tempur Spanyol.

6. Lamborghini Gallardo (2003) The Baby Lambo
$ 170.000 – $ 183.300


Lamborghini ini bisa dibilang Lamborghini paling mungil daripada yg lainnya,, maka biasa disebut orang dengan panggilan “the Baby Lambo”.Sudah tidak menggunakan lampu model pop-up dan pintu model gunting. Meskipun tenaga masih tetap besar, Lamborghini ini terlihat wajar apabila dikendalikan di jalanan.Nama Gallardo masih juga diambil dari salah satu nama banteng tempur Spanyol.

Karena desain nya yang keren dan anggun, Lamborghini Gallardo resmi menjadi mobil kepolisian di Italia, terkenal dengan sebutan Lamborghini Gallardo Polizia.

7. Lamborghini Reventon (2007) Limited
$1,600,000

Lamborghini Reventon memunculkan sosoknya pertama kali di Frankfurt Motor Show pada tahun 2007. Masa produksi hanya dari tahun 2008-2009 saja.Semua takjub dengan kecantikan desain futuristik mobil ini, apalagi setelah mengetahui bahwa mobil ini hanya bakal di produksi sebanyak 20 unit saja.Nama Reventon lagi-lagi diambil dari nama salah satu banteng tempur Spanyol. Di Spanyol Raventon berartikan “ledakan”.

8. Lamborghini Estoque Concept (2008)


Lamborghini ini muncul pertama kali di Paris Motor Show pd tahun 2008. Uniknya, Lamborghini ini memiliki 4 pintu dan cukup memuat hingga 4 penumpang.Tentunya hal tsb membedakan jenis Lamborghini ini dengan Lamborghini lainnya.Basis desain mobil ini panjang, mesin pun sekarang sudah diletakan di depan.Konsep mobil ini adalah sedan supercar yg masih wajar di pakai di jalan raya.Sayangnya mobil ini belum di produksi secara massal, mobil ini hanya sebatas concept belaka.Nama Estoque di ambil dari style matador di Spanyol, ternyata masih ada hubungannya pula dgn banteng.

9. Lamborghini Madura Concept

Nama Lamborghini ini memang mengingatkan kita pada salah satu pulau di negeri ini, dan itu lah salah satu kemungkinan yg manjadikan alasan topik Lamborghini Madura begitu meluas di Indonesia.Mobil ini hanya lah sebuah konsep dari salah satu mahasiswa di Munich University of Applied Sciences, yang bernama Slavche Tanevsky.

“Madura hanyalah proposal untuk mobil hybrid pertama Lamborghini yang dijadwalkan akan dirilis 2016. Mobil yang nantinya akan hemat bahan bakar dan ramah lingkungan ini juga harus terlihat menarik dan tentu saja memiliki performa yang terbaik,” ujar Tanevsky.

Belum ada keputusan dari pihak Lamborghini untuk menjadikan konsep ini kedalam produksi Lamborghini. apalagi keputusan untuk tahun produksi nya..
Namanya memang sengaja di ambil dari pulau Madura karena Tanevsky mengidentikan karapan sapi sebagai keluarga banteng seperti yang dimaksudkan oleh nama-nama Lamborghini sebelumnya.Kita tunggu saja keputusan Lamborghini, apakah mobil Lamborghini Hybrid ini akan resmi dirilis atau tidak.

Mungkin Sekian dulu informasi mengenai Sejarah Lamborghini.

Baca Juga Artikel Berikut Ini




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


2 + = four

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>