Warna Helm DOFF? Begini Cara Merawat dan Membersihkannya!

Helm Doff 

Sebagai salah satu pelindung saat berkendara motor, helm tentu memiliki banyak peminatnya sendiri termasuk helm doff dan glossy. Memilik helm dengan warna doff dan dipadukan dengan visor iridium silver atau blue, tentu menambah daya tarik sendiri bagi para peminatnya.

Saat ini cukup banyak para peminat helm dengan warna doff ini dan bisa dibilang sedang naik daun. Warna helm doff sendiri memang unik, karena cocok dengan semua motor yang kalian gunakan. Tetapi, banyak juga lho yang belum tahu bagaimana perawatan yang tepat dan cara membersihkan helm warna doff ini.

Merawat Helm Warna Doff  Agar Tetap Keren

Merawat Helm Warna Doff

Buat teman-teman semua yang memang menginginkan pelindung kepala dengan warna doff ini, kalian harus tahu beberapa cara merawat helm doff ini, diantaranya:

Keringkan Sesegera Mungkin

Sudah semestinya helm motor sendiri berguna untuk melindungi kepala kalian baik dari benturan, cuaca panas, hujan dan lain sebagainya. Apabila kalian menggunakan helm dengan warna doff ini, salah satu perawatannya yaitu segera keringkan setelah terkena air hujan.

Helm dengan warna doff sendiri apabila tidak sesegera mungkin kalian keringkan setelah terkena air, nantinya akan menimbulkan bercak yang tersisa pada lapisan helm doff tersebut. Selain itu, pada bagian permukaan helm akan menjadi lembab. Bisa saja, helm tersebut akan berubah warnanya dan potensi terkena jamur cukup besar.

Hindari Untuk Dijemur

Cara terbaik untuk mengeringkan helm yang terkena hujan, apalagi helm berwarna doff ini sebaiknya tidak perlu kalian jemur langsung terkena sinar matahari. Ada baiknya, kalian lap dengan kain microfiber dan cukup dianginkan di depan kipas angin.

Ini juga berlaku untuk helm glossy, karena nantinya selain dapat merubah warna cat pada helm motor kalian bahkan menyebabkan cat kalian menjadi retak. Untuk helm warna doff sendiri, akan berpotensi menyerap panas yang lebih dibandingkan dengan helm glossy.

Perhatikan Tempat Penyimpanan Helm

Untuk pemiliki dan pecinta helm, pasti sudah tahu bagaimana cara merawat helm motor yang kalian gunakan. Terlebih lagi, kalian harus teliti lebih ekstra apabila memiliki helm dengan warna doff ini. Jangan sekali-kali menaruh helm kalian ditempat lembab, karena helm doff akan berpotensi lebih untuk mendatangkan jamur.

Apabila kalian tidak menggunakan helm saat berkendara, kalian bisa menyimpan helm doff kalian pada tempat yang sejuk dan cukup kering.

Jangan Gunakan Cairan Berbahaya

Untuk merawat helm doff, banyak yang menyarankan ketika terkena noda dibersihkan dengan cairan pembersih. Betul, tidak ada yang salah dengan itu. Tetapi, cairan yang digunakan juga berbeda dengan pembersih dan perawatan pada helm glossy.

Jangan sekali-kali menggunakan cairan seperti thiner, bensin dan cairan keras lainnya. Ini akan membuat cat helm doff akan terkelupas dan dapat merusak warna helm yang kalian gunakan saat ini.

Membersihkan Helm Doff Dengan Benar

Membersihkan Helm Doff

Setelah kalian tahu bagaimana perawatan helm warna doff ini, kalian harus tahu bagaimana cara membersihkan helm doff dengan benar. Berikut ini sedikit tips dan trik untuk membersihkan helm doff yang kalian gunakan:

  1. Bersihkan dengan kain halus dan lembut, microfiber. Kenapa sih harus kain microfiber Permukaan cat doff itu cukup kasar, apabila kalian menggunakan kain berbahan kasar juga nantinya helm akan tergores.
  2. Gunakan cairan pembersih khusus helm warna doff. Perlu diperhatikan, ada 2 jenis pembersih yang dijual dipasaran. Pertama, cairan yang tidak mengandung minyak dan yang mengandung minyak. Gunakan pembersih tanpa minyak untuk membersihkan kotoran seperti debu atau minyak yang menempel.
  3. Keringkan helm menggunakan kain yang halus dan bersih. Sebaiknya, kalian memiliki 2 kain microfiber. 1 untuk membersihkan dan 1 lagi untuk mengeringkan helm yang kalian gunakan.

Bagaimana? Masih mau memiliki helm dengan warna doff ini setelah tahu bagaimana cara merawat dan membersihkannya? Itulah mengapa, saat ini gue menggunakan helm glossy seperti nx race karena perawatannya tidak begitu sulit.

Selain dengan cara diatas, kalian juga bisa melakukan coating untuk melindungi helm kalian dari goresan. Tetapi, harga yang kalian keluarkan juga cukup lumayan untuk hal tersebut. So, kalian pilih helm glossy atau helm doff nih sekarang untuk kalian gunakan sehari-hari?