Ceramic Coating: Kenali Arti, Manfaat Serta Kelebihan dan Kekurangannya

Coating Untuk Melindungi Goresan

Untuk para pecinta helm, tentu sudah tidak asing dengan istilah ceramic coating ini. Sebagai pelindung lapisan cat pada helm motor kalian, cara ini banyak yang menyarankan. Ceramic coating sendiri sebenarnya salah satu jenis pelapis dari coating itu sendiri. Banyak yang belum tahu tentu, karena istilah ini lebih sering terdengar bagi para pengguna mobil.

Melapisi Helm Dengan Coating, Apa Artinya?

Melapisi Helm Dengan Coating

Jujur, gue sendiri awalnya bertanya-tanya pada teman komunitas ataupun grup yang berada di media sosial seperti facebook.

Coating itu apa sih? Sebenarnya, coating sendiri merupakan salah satu teknik melapisi atau melindungi cat dari goresan yang ada pada sebuah benda, contohnya helm motor yang berharga cukup mahal.

Biasanya, pengguna helm 3 jutaan keatas rela mengeluarkan dan lebih untuk melakukan coating sebagai langkah memproteksi bagian terluar helm agar terlindung dari goresan dan tetap kilap seperti terlihat masih baru.

Proses coating helm motor sendiri agar maksimal melindungi dari goresan tidak bisa langsung. Memerlukan beberapa tahap terlebih dahulu, yaitu polishing, waxing, dan sealent. Setela itu barulah melakukan proses coating dan semuanya menggunakan cairan yang selanjutnya dilap menggunakan microfiber.

Harga coating helm motor itu berapa? Tergantung. Apabila helm sudah melakukan tahap sebelumnya diatas, kalian perlu membayar Rp. 100.000 untuk melindung bagian helm dari goresan dengan cairan coating itu sendiri.

Apa Saja Coating Untuk Melindungi Goresan Itu?

Coating Untuk Melindungi Goresan

Sebenarnya, cukup banyak nama yang dikenal untuk melindungi bagian helm motor atau perlengkapan lainnya. Mulai dari ceramic coating sampai glass coating. Sebenarnya, kedua jenis coating ini sama saja dan fungsinya untuk melindungi atau sebagai pelapis cat tetap sama.

Perbedaannya hanya ada pada namanya, ada yang menggunakan glass coating ada juga yang menggunakan ceramic coating. Penggunaan bahan dasarnya juga sama, yaitu menggunakan silika yang dipakai sebagai bahan dasar kaca.

Bahan dasar inilah yang dijadikan lapisan coating bodi atau helm motor yang beredar. Bentuknya pun cairan berwarna bening, ada yang digunakan dengan cara disemprot atau diteteskan pada kain microfiber. Teknik ini, berbeda dengan teknik perlindungan lainnya seperti stiker bening atau lapisan film yang berupa lembaran.

Selain nama, apa lagi yang membedakan glass coating dengan ceramic coating? Perbedaannya ada pada tingkat kekerasan cairan coating tersebut sebagai pelapis cat helm dari goresan apapun. Ada 3 yang digunakan dipasaran, yaitu 7H, 8H dan 9H.

Kelebihan Helm Yang Dicoating, Apa?

Kelebihan Helm Yang Dicoating

Lantas apa sih manfaat yang bisa kalian rasakan setelah melakukan coating pada bagian helm atau bodi motor dan mobil yang kalian gunakan? Selain melindungi bagian dari goresan dan melapisinya, ada efek lain lho dari teknik coating itu sendiri.

Tidak Mudah Kotor

Betul, penggunaan ceramic coating atau glass coating ini akan membuat helm tidak cepat kotor. Kenapa? Karena lapisan coating itu sendiri ada lapisan seperti kaca yang membuat helm atau bagian motor kalian lebih terlindungi dari air dan kotoran yang tidak mudah menempel.

Mengurangi Efek Yellowing Pada Cat Putih

Efek lainnya dari penggunaan ceramic coating sendiri selain pelapis cat pada helm motor atau bodi motor untuk mengurangi efek yellowing pada cat berwarna putih. Biasanya, bagian helm atau bodi motor berwarna putih akan menjadi kuning dan kusam apabila sering terkena sinar matahari secara terus menerus.

Dua kelebihan diatas biasanya menjadi nilai tambah bagi para pecinta helm murah agar terlihat mahal. Selain melapisi cat helm dan melindungi dari goresan, ternyata coating sendiri bermanfaat untuk tetap bergaya dengan helm kalian ya.

Kalau Mau Coating Helm di Jakarta, Tempatnya Dimana?

Coating Helm di Jakarta

Ada beberapa tempat yang bisa kalian datangi untuk melakukan coating helm kesayangan kalian saat ini. Berikut ini beberapa tempat coating helm di jakarta yang bisa kalian datangi:

  1. 1Ds (Detailing Service). Gg. H. Muchtar No.29, RT.1/RW.2, Petukangan Utara, Kec. Pesanggrahan, Jakarta, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12260.
  2. Speedlust Garage & Cuci Helm, Nano Coating. Komplek Bina Lindung, Jl. Bina Loka II Atas No.44, RT.008/RW.009, Jaticempaka, Kec. Pondokgede, Kota Bks, Jawa Barat 17411.
  3. YO2Workshop. Jl. Kalibata Tengah VII No.1, RT.9/RW.6, Kalibata, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12740.
  4. Platinum Auto Detailing. Jl. Raya Klp. Dua No.8C, RT.1/RW.8, Klp. Dua, Kec. Kb. Jeruk, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11550.
  5. AB BENGKEL HELM & CUCI HELM KOTA BEKASI. Jl. Rawa Semut Batu, RT.O5/RW.O9, Margahayu, Kec. Bekasi Tim., Kota Bks, Jawa Barat 17113.

Sekarang, pilihan ada ditangan kalian ingin datang ke tempat coating helm mana yang sesuai. Tinggal bilang atau tanya, apakah bisa melakukan ceramic coating dan siap dikerjakan disana.