Cara Memilih Cakram Motor Variasi, Jangan Sampai Asal Beli Saja!

Memilih Cakram Motor

Bagi para pengguna roda dua, memilih cakram motor variasi tentu akan membuat tampilan motor semakin gagah. Selain piringan cakram yang lebar dan dapat dimasuki gembok untuk mengamankan motor, tentu ada hal yang harus kalian perhatikan. Salah dalam memilih cakram, tentu akan sangat berakibat fatal untuk kalian sendiri nantinya.

Tips Memilih Cakram Motor Variasi Yang Tepat!

Memilih Cakram Motor

Saat ini, cukup banyak yang menggunakan piringan cakram dengan ukuran yang lebar. Umumnya, ukuran cakram motor sendiri ada beberapa diameter. Mulai dari ukuran 260 mm, 280 mm, 300 mm sampai dengan 320 mm untuk beberapa jenis motor yang digunakan.

Biasanya, dengan menggunakan piringan yang lebih lebar akan membuat pengereman kalian semakin pakem. Bukan hanya itu, kalian juga bisa menggunakan gembok yang cukup besar untuk mengamankan motor kalian dari para pencuri jahat.

Oleh karena itu, banyak diantara pengguna motor dengan kapasitas cc yang besar menggunakan piringan lebar agar pengereman menjadi lebih sempurna. Ada beberapa hal yang harus kalian perhatikan saat memilih cakram motor, diantaranya:

Perhatikan Lebar Piringan Cakram

Hal pertama ketika kalian ingin menggunakan piringan cakram lebar pada motor harian kalian, tentu memilih lebar dari piringan cakram motor tersebut. Seperti yang gue bilang diatas, ada beberapa ukuran yang bisa kalian gunakan.

Apakah hanya motor yang memiliki kapasitas cc besar saja yang menggunakan piringan cakram lebar? Tidak harus, karena pada kenyataannya banyak motor dengan kapasitas 110 cc seperti yang gue gunakan juga menggunakan cakram lebar.

Ini membuat pengereman kalian akan semakin sempurna. Apalagi, kalian menggunakan kampas rem yang bagus untuk menambah performa pengereman motor harian kalian. Selain itu, motor 110 cc akan terlihat lebih gagah ketika memilih cakram motor yang lebih lebar.

Sesuaikan Dengan Ukuran Pelek Motor Kalian

Hal kedua yang perlu diperhatikan dalam memilih cakram motor baik untuk variasi atau digunakan sehari-hari adalah penyesuaian dengan velg yang kalian gunakan. Biasanya, penggunaan piringan cakram lebar akan menyesuaikan dengan ukuran velg motor tersebut.

Kalian bisa membeli cakram motor dari keluaran pabrik yang sudah cukup ternama dan terjaga kualitasnya. Apabila memaksakan tampilan dan menghiraukan pabrik pembuatnya, kinerja rem kalian bukan lebih pakem tetapi akan memperburuk kinerja pengereman motor kalian sendiri nantinya.

Pilih Yang Menggunakan Sistem Floating

Terkahir, dalam memilih cakram motor yang akan kalian gunakan pastikan piringan tersebut sudah menggunakan sistem floating. Memang, harga yang terbilang mahal untuk jenis yang satu ini apabila digunakan pada motor harian kalian.

Tetapi, piringan cakram lebar yang sudah menggunakan sistem ini memiliki kinerja yang cukup bagus. Selain itu, sistem floating pada piringan cakram lebar akan mengurangi panas yang berlebih saat kalian menggunakan rem cukup sering.

Bagaimana cara membedakan sistem floating dan non-floating pada piringan cakram? Kalian bisa melihat bagian permukaan cakram. Biasanya, pada cakram motor yang memiliki sistem floating terdiri atas dua bagian cakram yang disatukan semacam cincin. Di antara dua cakram terdapat gap, bagian inilah yang membuat cakram ini tidak mudah panas.

Kelebihan dan Kekurangan Cakram Lebar 

Setelah tahu bagaimana cara memilih cakram untuk motor kalian, tentu kalian akan melihat apa sebenarnya kelebihan dari cakram lebar ketika kalian menggantinya. Selain itu, kalian juga ingin tahu apa saja kekurangan cakram lebar yang dihasilkan, bukan? Berikut ini beberapa diantaranya:

Kelebihan Cakram Lebar

  • Pengereman lebih bagus.
  • Lebih cepat membuang panas.
  • Lebih keren.

Kekurangan Cakram Lebar

  • Buang-buang uang jika menggunakan produk yang sembarangan.

Sekarang, pilihan ada ditangan kalian masing-masing. Apakah akan menggunakan cakram dengan piringan yang lebar atau tetap menggunakan piringan cakram bawaan dari pabrik masing-masing? Jangan sampai salah dalam memilih cakram motor untuk kalian gunakan sehari-hari ya!