Begini Cara Mudah Mengatasi Rem Cakram Motor Yang Macet!

Jenis Rem Cakram Motor

Rem cakram motor merupakan salah satu hal yang vital saat berkendara. Banyak yang mengganti piringan cakram dengan yang lebih lebar, agar pengereman semakin maksimal. Bukan hanya itu, dari sisi pengamanan motor saat diparkir kalian bisa memasukan gembok yang lebih besar agar motor kalian tetap aman.

Apa Saja Jenis Rem Cakram Motor Itu?

Jenis Rem Cakram Motor

Mengganti piringan rem cakram dengan yang lebih besar, bukan berarti bebas dari masalah. Cakram motor yang sering digunakan tentu akan mengakibatkan kampas rem menyisakan debu apabila tidak menggunakan kampas rem berbahan keramik.

Berbicara mengenai piringan cakram motor, saat ini ada 3 jenis rem cakram yang beredar dipasaran. Jangan sampai salah membelinya, karena pengereman merupakan hal yang sangat vital. Berikut ini beberapa jenis rem cakram yang beredar:

Rem Cakram Fix

Cakram ini merupakan cakram termurah yang beredar dipasaran. Meskipun demikian, performa piringan cakram ini tetap baik dan biasa digunakan oleh motor yang memiliki kapasitas cc yang tidak terlalu besar.

Rem Cakram Floating

Kedua adalah cakram floating yang biasa digunakan pada dunia balap. Desain yang digunakan pada jenis cakram rem yang satu ini, bertujuan untuk mengurani suhu panas saat cukup sering melakukan pengereman.

Seperti kita ketahui, piringan yang terlalu sering digunakan untuk pengereman akan sangat panas seperti kalian melihat pada saat balapan.

Rem Cakram Semi Floating

Cakram semi floating ini biasanya digunakan pada motor dengan kapasitas cc menengah, seperti 250 cc ke atas. Cirinya mudah kalian lihat, biasanya pada tipe rem cakram ini posisi cakram terpisah dan dudukan terpisah dengan velg sehingga bagian luarnya terlihat mengambang.

Rem Cakram Motor Macet Mendadak? Ini Penyebabnya!

Rem Cakram Motor

Setelah kalian tahu beberapa jenis rem cakram yang ada, tentu kalian akan menggantinya untuk memaksimalkan pengereman kalian. Tetapi, pernah gak sih setelah menggantin dengan piringan cakram lebih lebar tiba-tiba macet atau seret? Berikut ini beberapa penyebab rem cakram motor macet secara tiba-tiba:

Piston Rem Terlalu Kotor

Penyebab yang pertama ada pada bagian piston. Komponen ini sebenarnya sangat beresiko munculnya karat apabila tidak kita bersihkan. Piston rem sendiri bergerak menekan kampas rem saat handle bar kita tekan dan akan berbalik saat melepasnya.

pergerakan ini bisa terhambat apabila cukup banyak kotoran yang menumpuk, baik itu dari sisa kampas rem atau yang lainnya. Selain itu, bisa juga terjadi karena adanya korosi atau karat pada bagian piston yang menghalangi.

Kampas Rem Tidak Sesuai Bawaan Pabrik

Hal kedua yang menyebabkan cakram motor macet biasanya penggunaan kampas rem yang tidak sesuai dengan motor kalian. Meskipun sama-sama menggunakan brand yang biasa kalian gunakan, tetapi perhatikan juga tipe kampas rem yang digunakan.

Salah menggunakan kampas akan mengakibatkan piringan cakram menjadi macet dan mengurangi performa cakram motor kalian.

Bagaimana Mengatasi Cakram Motor Yang Macet?

Mengatasi Cakram Motor Yang Macet

Seperti yang gue jelaskan diatas, penyebabnya bisa terjadi karena kampas rem ataupun korosi atau karat. Pertama, kalian bisa mengganti kampas rem yang digunaan saat ini dengan yang lain. Apabila masih macet, kalian bisa lakukan langkah dibawah ini untuk membersihkan cakram motor yang macet:

  1. Bongkar kaliper rem. Untuk mengatasi cakram motor yang macet, mau tidak mau kalian harus membongkarnya untuk dibersihkan. Mulai dari melepas kaliper dari pegangannya, kampas remnya, link kaliper, sampai dengan mengeluarkan piston rem didalamnya.
  2. Bersihkan dengan sabun pencuci. Setelahnya, kalian bisa membersihkan semua bagian yang sudah terlepas tadi dengan sabun pencuci ataupun bensin. Tetapi, gue pribadi menyarankan menggunakan sabun saja sudah cukup.
  3. Amplas bagian yang berkarat. Apabila kalian melihat bagian yang berkarat, silahkan kalian amplas bagian tersebut. Bisa saja, ini yang menyebabkan cakram motor kalian macet saat digunakan.

Setelah kalian bersihkan semua bagian cakram motor kalian, pasang kembali sesuai dengan urutannya. Jangan lupa untuk melumasi piston dengan oli atau gemuk agar kembali berfungsi dengan baik. Semoga dengan melakukan langkah diatas, rem cakram motor kalian menjadi normal kembali.