Ngopi Bareng Tiket

#NgopiBarengTiket dan Hasilkan Uang Lewat Blogmu!

Ngopi Bareng Tiket

Hasilkan Uang Lewat Blogmu! agak ngeri juga sih gue nulis judulnya, takutnya ketika kalian lihat tulisan gue ini malah kalian minta blognya agar bisa dihasilkan dari saya! Tenang, kalau kalian mau kaya gitu udah pasti mending baca sampe kelar aja ya.

Ceritanya kemarin itu gue dapat ajakan untuk hadir ke sebuah acara. Sejujurnya, saya itu orang yang jarang banget buat datang ke acara apalagi harus pagi hari. Itu semua karena daya tarik bantal dan guling lebih kuat dibandingkan hal apapun. Tapi, ketika lihat acaranya #Ngoopi ya langsung aja daftar ga pake a i u e o. Sikat!

Udah kelar dong daftar acaranya, ga taunya dipilih untuk 50 orang yang beruntung. Baiklah, kalau begitu saya bisa bersantai sejenak tanpa harus mikirin SAYA WAJIB DATANG karena memang faktor keberuntungan saya jelek untuk undian/apapun itu namanya.

Tetapi, saya harus rela bertanggung jawab datang ke acara karena saya terpilih sebagai salah 1 diantara 50 orang yang beruntung itu. Ciaatt.. Hari Sabtu, 13 Januari 2016 akhirnya harus bangun sedikit pagi untuk dapat ilmu keren yang temanya “bagaimana menghasilkan uang melalui blogmu.’” dan gue harus datang ke Hong Kong Cafe karena gue mau tahu gimana sih caranya?

Boom! Pembicaranya ternyata MakPuh a.K.a bunbun Indah Juli yang bahas ‘how to brand your blog’, udah gitu ada beberapa perwakilan Tiket.com, seperti om Gaery Undarsa (Co-Founder dan Chief Communication Officer dari Tiket.com), om Novasta (Head B2B Tiket.com), dan sebuah testimoni dari Affiliate Partner Tiket.com sebut saja om Adam namnya (nama sebenarnya).

Yap! Menu utama dimulai! Makan sianggg.. *Eh ga deng, ini becanda doang meskipun dimulai acaranya dengan makan siang :)”

#NgopiBarengTiket – Gaery Undarsa

Sebenarnya ini dia menu utama acara #NgopiBarengTiket hari Sabtu, lalu. Awalnya, peserta diajak sama om Gaery Undarsa, kita diajak mengenal terlebih dahulu mengenai industry online travel agent di Indonesia. Mulai dari pasarnya gimana, sampai pertumbuhannya seperti apa. juga mengajak kita untuk melihat bagaimanakah keadaan industry online travel agent di Indonesia.

Sampai disana, saya sedikit terkejut mendengarkan pernyataan om Gaery tentang jumlah transaksi yang ada di Tiket.com, ternyata penjualan mereka di tahun 2015 sudah melebihi dari 3 juta booking / tiket, atau setara dengan lebih dari 10,000 tiket setiap harinya di tahun 2015. Sehingga bisa dikatakan di tahun 2015, Tiket.com mengalami pertumbuhan sebesar 300%.

Oia, saya lupa bilang buat kalian yang belum tahu fitur apa saja yang ada di Tiket.com. Mulai dari pemesanan tiket pesawat, pemesanan kamar hotel, pemesanan tiket kereta, tiket konser sama yang terkahir pemesanan mobil. Udah tahu ya? Berarti saya yang telat kasih informasi ke kalian.

#NgopiBarengTiket – Indah Juli

 

Selanjutnya, kita diajak buat.. Ehhnn.. Bentar-bentar, sepertinya salah satu pembicara yang paling ditunggu itu adalah makpuh Indah Juli yang bakalan bahas “How to Brand Your Blog”. Well, buat blogger yang ingin serius di dunia blogging, pasti akan sangat penting memilih gaya bahasa agar pengunjung yang baru pertama kali datang akan terpana dengan tulisannya. *Jangan seperti blog aldyputra.net entah apa gaya bahasanya yang penting nulis dan kalian paham sama tulisannya.*

Selain itu menurut makpuh Indah Juli, yang perlu diperhatikan lagi adalah tampilan! Karena kalau tampilannya datar atau tidak menarik, mungkin orang akan kurang berminat. Hal yang terpenting menurut makpuh adalah apakah theme yang kita gunakan sudah responsive atau mobile view atau belum? Karena, belakangan ini banyak pengunjung datang menggunakan smartphone/gadget yang digunakan. 

Selain hal diatas, yang tak kalah penting disampaikan oleh makpuh adalah bagaimana kita bisa membaca pengunjung blog melalui google analytics agar bisa menganalisa seperti apa blog yang kamu miliki. *Wuiiihh, ini juara sih, aku aja masih bingung bacanya.*

#NgopiBarengTiket – Novasta

Udah kelar bahas masalah blog & industri online travel agent waktunya gue kasih tebakan dikit, ya! Siapa diantara kalian yang bisa tahu perkiraan pertumbuhan industri online travel agent di Indonesia beberapa tahu yang akan datang?

Tenang! Ga usah dipikirin, udah dikasih tahu sama om Gaery kalau ternyata industri seperti ini punya potensi sekitar $25 – 30 miliar. Terus, blogger kebagian ga? *Gue tau ini pertanyaan kaliankan? Dapet!*

Nah, hal itu juga dijelaskan sama pak Novasta, bahwa kita sebagai blogger, bisa juga mengambil bagian dari perkembangan industri online travel agent. Gimana caranya? Tenang, Tiket.com punya program affiliasi kok. Jadi, kalian ga perlu takut untuk kehilangan kesempatan ya :)

“Banyak kali kalau program affiliasi doang, mah. Kenapa gitu harus sama Tiket.com?” Iya, saya tahu kok banyak. Tapi ada ga yang sydah bekerja sama dengan 14 maskapai lokal? Terus nanti di bulan Mei, ada kerjasama juga sama maskapai asing! Ada? Kayanya cuma Tiket.com deh!

Ada yang hampir kelupaan, secara saya mantan pensiunan dalam hal keamanan website pasti mikir “Aha! Ini bahan buat di tes nih websitenya!” Pas lagi mikirin hal itu pas banget om Natali, Chief Technology Officer dari Tiket.com, lagi ngejelasin kalau ternyata Tiket.com sudah bekerja sama dengan BCA untuk proses pembayaran, dan juga salah satu payment getaway di Singapore yang juga dipakai oleh Amazon.com dan Apple, dan terakhir adalah adanya fitur 3DS, dimana sistem 3DS ini akan memberikan konfirmasi transaksi ke nomor telepon orang yang melakukan transaksi tersebut. OK! FIX INI KEREN!

Well, materi yang dikasih sama semua narasumber menurut saya keren. Banyak hal yang belum saya tahu dan akhirnya saya tahu. Nah, buat kamu yang mau ikutan jadi partner affiliasi Tiket.com langsung aja KESINI ya! Baca ketentuannya & dapatkan penghasilan dari blog kalian!

 

KASIH RATE YUK!
4 5
Oleh


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *