Ikut Bimbingan Belajar Online atau Kursus Les Konvensional?

Bimbingan Belajar Online

Teringat ketika masa SMP dan SMA dulu, belum ada yang namanya bimbingan belajar online seperti sekarang ini. Untuk menambah pengetahuan mengenai pelajaran sekolah, gue harus mengikuti kelas kursus les konvensional yang mengharuskan datang ke tempat belajar tersebut. Selain itu, gue juga harus ikut yang namanya pendalaman materi (PM) untuk lulus ujian nasional (UN).

Berbeda dengan sekarang, kursus les konvensional sepertinya kurang menjadi pilihan untuk menambah pengetahuan dan pembahasan soal pelajaran sekolah. Apalagi, sekarang kemajuan teknologi memungkinkan kita untuk memilih tempat bimbingan belajar atau bimbel online. Banyak start up pendidikan yang sudah mencoba mengubah gaya belajar kita dengan menggunakan aplikasi smartphone.

3 Perbandingan Bimbel Online dan Offline

Bedanya Bimbingan Belajar Online dengan Offline

Sebenarnya, untuk mendapatkan materi pelajaran sekolah atau pembahasan soal saat ini kalian bisa saja bertanya pada google. Tetapi, fungsinya tempat bimbingan belajar baik online ataupun offline adalah untuk mendapatkan panduan dari guru atau yang mengajar kursus les kita. Saat ini, ada beberapa perbedaan bimbel online dan offline yang gue rasa cukup membantu:

Lokasi Belajar Mengajar

Seperti kita ketahui, untuk mengikuti kursus les ditempat bimbingan belajar konvensional kita diharuskan datang ke lokasi bimbingan belajar (bimbel) tersebut. Tidak jarang, banyak yang malas datang karena lokasi tempat belajar mengajar cukup jauh dari rumah.

Berbeda dengan bimbel online, lokasi untuk belajar pelajaran sekolah bisa kita tentukan sendiri dimana untuk mendapatkan materi pelajaran ataupun latihan soal. Hanya membutuhkan kuota internet dan jaringan yang bagus, kita bisa belajar dimana saja sesuai kemampuan kita tanpa harus memikirkan biaya transportasi para siswanya.

Waktu Pelajaran

Perbedaan bimbel online dan bimbel offline yang kedua adalah waktu menerima pelajaran sekolah ataupun mengerjakan latihan soal. Untuk mengakses pelajaran jika mengikuti bimbingan belajar online, siswa SMP atau SMA bebas menentukan kapan mereka akan mengakses soal latihan dan mendapatkan pelajaran tambahan.

Apabila mengikuti kursus les bimbel konvensional, biasanya waktu pelajaran sudah ditentukan oleh pihak bimbel offline tersebut. Banyak yang menghabiskan waktu cukup lama ketika mengikut pelajaran tambahan apabila kursus les di tempat bimbingan belajar (bimbel) konvensional ini.

Biaya Mendapatkan Tambahan Pelajaran

Perbedaan berikutnya antara bimbel online dan offline adalah masalah biaya. Dimana masalah ini cukup menjadi faktor penting bagi siswa yang ingin mendapatkan tambahan pelajaran dan latihan soal saat SMP atau SMA.

Sampai saat ini, cukup banyak bimbel online dengan biaya murah bahkan gratis untuk mengakses latihan soal dan pembahasan pelajaran sekolah. Berbeda dengan bimbel offline (konvensional) yang mematok harga cukup tinggi, dikarenakan harus menyediakan fasilitas belajar mengajar untuk para siswa nantinya.

3 Manfaat Mengikuti Bimbel Online

Perbandingan Bimbel Online dan Offline

Perbedaan diataslah yang menjadi pertimbangan orang tua siswa untuk menentukan ingin memberikan tambahan pelajaran secara online atau offline. Tetapi, perlu diketahui lebih lanjut mengenai manfaat bimbel online dan offline (konvensional) apa saja yang akan didapatkan. Berikut ini manfaat bimbel online yang bisa didapatkan:

Lebih Fleksibel

Manfaat pertama yang kalian dapatkan ketika mengikuti tambahan pelajaran dari bimbingan belajar online adalah mengenai fleksibilitas para siswa. Seperti gue bilang diatas, untuk mendapatkan tambahan pelajaran atau latihan soal dengan bimbel online kalian bisa menentukan kapan waktu belajarnya daripada kursus atau les privat.

Kalian bisa memilih, apakah malam hari untuk mengerjakan latihan soal dan siang hari mendapatkan pembahasan pelajaran sekolah atau sebaliknya. Bimbel online menawarkan hal ini, sedangkan bimbel offline (konvensional) kalian tidak bisa mengaturnya sendiri.

Materinya Bisa Diulang-Ulang

Manfaat bimbel atau bimbingan belajar online yang kedua adalah kalian bisa mengulang materi pelajaran atau latihan soal. Karena, biasanya aplikasi bimbel online menggunakan video untuk proses belajar mengajar kalian dengan dibantu para tutor atau guru pada pelajaran tersebut. Sedangkan pada bimbel offline (konvensional), kalian harus mencatat setiap pelajaran atau pembahasan yang diberikan.

Ini cocok untuk kalian yang cukup kritis mencerna penjelasan tiap pelajaran. Bahkan, apabila kalian masih bingung dengan pembahasah soal, kalian bisa pause videonya dan diulang agar lebih paham dengan penjelasannya.

Bebas Membuat Jadwal Belajar

Kalau disekolah, jadwal pelajaran sudah disusun oleh pihak sekolah. Saat kursus atau les privat, hal serupa pun terjadi dan ini biasanya kebanyakan siswa malas dengan hal itu. Apabila kalian mengikuti bimbingan belajar (bimbel) online, hal ini tidak akan terjadi karena kalian biasanya diberikan kebebasan mengatur jadwal belajar kalian, bahkan jadwal try out sendiri kalian bisa atur.

Fitur dari bimbel online ini bisa kalian manfaatkan untuk mengatasi kemalasan kalian dalam menerima pelajaran sekolah atau latihan soal. Ini tidak bisa kalian dapatkan dari tempat kursus les privat secara offline.

Sampai disini, masih ragu antara memilih bimbel online atau bimbel offline? Coba kalian lihat dulu rekomendasi aplikasi bimbingan belajar online yang sudah gue buatkan. Siapa tahu, ada aplikasi yang sesuai dengan pelajaran sekolah dan menentukan cara penjelasan dari para tutor masing-masing aplikasi. Kalau sudah tahu, silahkan tentukan sendiri aplikasi bimbingan belajar online kalian ya!