m-Banking BCA 2 Nomor Telepon? Ternyata Bisa Kok, Gini Caranya!

m-Banking BCA

Siapa sih diantara pembaca gue yang tidak punya m-Banking BCA? Pasti disetiap handphone kalian memilikinya, apalagi nasabah bank BCA. Tetapi, ada juga yang lebih memilih internet banking sebagai metode transaksi yang digunakan. Apapun alasannya, baik mobile banking atau internet banking tetap memudahkan kita sebagai nasabah kok.

Tetapi, pernah gak sih kalian kebingungan ketika harus mengganti handphone kalian dengan yang baru tetapi aplikasi m-Banking tidak bisa dipindah? Itu kejadian kok sama gue, ketika nomor handphone yang tekoneksi internet dan aplikasi m-Banking harus gue pindahkan.

Emang Bisa m-Banking BCA Pakai 2 Nomor?

Pertanyaan mendasar ketika nasabah BCA kebingungan ingin memindahkannya. Karena, gue juga baru tahu kalau ternyata kalian bisa menggunakan aplikasi mobile banking BCA kalian di handphone yang berbeda dan dengan nomor yang beda juga.

Jawabannya bisa, dan sudah gue praktikan sendiri dengan mendaftarkan nomor yang lainnya melalui ATM BCA terdekat. Oh iya, gue lupa bilang kalau gue tahu informasi ini dari twitter resminya bank BCA sendiri, @HaloBCA.

Mobile Banking BCA 2 Nomor

Berdasarkan informasi itu, gue langsung mencobanya sendiri. Gue pikir, akan memakan waktu yang cukup lama prosesnya. Ternyata, yang lama itu ketika melakukan aktivasi untuk transaksi finansial dari nomor handphone baru yang akan digunakan untuk m-Banking kita sendiri.

Cara Menggunakan m-Banking BCA Dengan 2 Nomor

Pertanyaan kalian, gimana sih cara menggunakan m-Banking BCA dengan 2 nomor telepon dan 2 handphone yang berbeda? Silahkan lihat dan ikuti saja langkah-langkah dibawah ini ya:

Daftarkan Nomor Handphone Baru

Hal pertama yang harus kalian lakukan ketika ingin menggunakan nomor berbeda pada aplikasi m-Banking BCA kalian adalah dengan mendaftarkan nomor baru kalian melalui ATM. Sebagai informasi, satu kartu ATM dapat dihubungkan sampai dengan maksimal 10 nomor handphone yang berbeda.

Bagiamana caranya? Silahkan ikuti langkah dibawah ini untuk mendaftarkan nomor m-Banking BCA melalui ATM:

  1. Masukkan kartu ATM dan PIN ATM di mesin ATM
  2. Pilih menu Daftar E-Banking/Autodebet
  3. Pilih Mobile Banking
  4. Masukan PIN yang akan terhubung dengan nomor handphone baru kalian.
  5. Ikuti langkahnya hingga selesai.

Semudah itu untuk mendaftarkan nomor baru yang akan digunakan pada aplikasi m-Banking yang kalian gunakan.

Install m-Banking BCA dan Daftarkan

Setelah kalian melakukan registrasi nomor handphone melalui ATM BCA terdekat, yang perlu kalian lakukan yaitu siapkan handphone dan internet kalian untuk mendownload dan install aplikasi m-Banking BCA. Setelah itu, kalian bisa ikuti langkah disana.

Kalau bingung, sedikit panduan untuk kalian ikuti dalam mendaftarkan nomor handphone baru dengan handphone baru kalian.

  1. Buka aplikasi m-Banking BCA yang sudah kalian download.
  2. Pilih mBCA.
  3. Akan tampil syarat dan ketentuan, silahkan dibaca dan kalian setujui.
  4. Masukan nomor kartu yang akan kalian hubungkan.
  5. Secara otomatis, akan membuka pesan dan mengirimkan sms sebagai verifikasinya.
  6. Selesai.

Aktifkan Transaksi Finansial m-Banking BCA Kalian

Setelah melakukan langkah diatas, kalian sudah bisa menggunakan aplikasi mobile banking BCA kalian dengan nomor baru yang kalian daftarkan. Tetapi, fungsinya masih terbatas seperti melakukan pengecekan saldo, mutasi pengeluaran dan pemasukan, dan beberapa fitur terbatas hanya untuk melihat informasi saja.

Bagaimana untuk melakukan transaksi dengan nomor baru di m-Banking BCA yang baru kalian daftarkan tersebut? Caranya, kalian harus mengaktifkan fitur transaksi finansial. Ada 2 cara untuk mengaktifkan fitur ini, pertama dengan menghubungi Halo BCA (1500888) atau datang ke cabang BCA terdekat.

Gue sendiri, menggunakan Halo BCA karena memang pandemi covid-19 yang belum mereda sepertinya pilihan yang bijak untuk saat ini. Adapun setelah menghubungi, akan dimintakan beberapa kelengkapan dokumen untuk mengaktifkan fitur finansial ini, diantaranya:

  1. Surat permohonan pengaktifan,
  2. Foto KTP,
  3. Foto Selfie dengan KTP.

Setelahnya, kalian akan dihubungi kembali untuk melakukan proses lebih lanjut. Sampai disini, m-Banking BCA kalian bisa menggunakan 2 nomor telepon dan handphone yang berbeda.