Sulap TV Jadi Smartphone dengan Google Chromecast

Bosan dengan smartphone atau phablet yang layarnya kecil? Mungkin Anda perlu menjajal kecanggihan alat Google Chromecast yang bisa menyulap TV menjadi smartphone. Bagi Anda yang belum tahu, ini merupakan alat kecil seukuran USB flash drive atau modem yang fungsinya untuk menghubungkan TV dengan konten yang ada pada PC, tablet ataupun smartphone. Canggih sekali, bukan?

Google sudah memperkenalkan perangkat ini beberapa tahun lalu, berbarengan dengan perilisan Google Nexus 7. Akan tetapi, tidak sembarang TV yang bisa Anda hubungkan dengan gadget. Pasalnya ini harus dihubungkan pada slot HDMI, misalnya seperti yang ada pada perangkat Smart TV.

ini bisa mengubah smartphone menjadi seperti remote control. Misalnya Anda sedang menonton video secara streaming, maka Anda bisa mengganti, menghentikan atau mematikan video tersebut melalui perangkat mobile yang sudah terhubung dengan TV.

Awalnya Google Chromecast hanya bisa digunakan untuk perangkat mobile berbasis Android. Namun saat ini pengguna gadget berbasis iOS dan Windows sudah bisa diintegrasikan dengan Chromecast. Untuk menghubungkan antara Chromecast, TV dan smartphone Anda perlu mengunduh aplikasi Cast. Dengan aplikasi tersebut, ada beberapa fitur online yang bisa Anda nikmati. Mulai dari YouTube, Netflix, Google Play Movies dan TV, ndan beberapa fitur media lainnya.

Selain bisa digunakan untuk menikmati fitur media, Smart TV juga bisa digunakan untuk browsing menggunakan Google Chrome. Ini tentu menjadi satu terobosan yang sangat menarik, terutama bagi para developer. Pasalnya Chromecast juga nmenyediakan API khusus yang membuat devolper bisa lebih mudah membuat website ataupun aplikasi menjadi TV Experience. Jadi tak heran jika banyak developer yang tertarik menggunakan alat kembangan Google ini.

Bagiamana? Seru sekali, bukan? Selain direkomendasikan untuk para developer atau pengembang, Google Chromecast sangat cocok digunakan bagi Anda yang suka menonton film atau untuk nonton bareng siaran langsung sepak bola. Apalagi harga Chromecast ini terbilang cukup terjangkau.

Sebelumnya Chromecast hanya dijual di Amazon, Bestbuy dan Google Play Store di AS. Tapi sekarang Google Chromecast bisa didapatkan dengan mudah di berbagai toko online di Indonesia. Seperti di Tokopedia misalnya, Anda bisa dapatkan alat kembangan Google ini mulai harga Rp 600 ribuan. Lumayan menguras dompet memang, tapi harga tersebut cukup sebanding dengan berbagai fitur yang ditawarkan.

Demikian review singkat saya mengenai Google Chromecast. Yuk, coba keseruan menyulap Smart TV menjadi smartphone berlayar jumbo. Selamat mencoba.

KASIH RATE YUK!
4 5
Oleh


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *