Tips Menghemat Baterai iPhone Agar Battery Health Tetap Terjaga

Cara Menghemat Baterai iPhone

Banyak para pengguna iPhone yang baru seperti gue, ingin tahu bagaimana cara menghemat baterai iPhone yang baru dimilikinya. Tentu, bagi pengguna baru iPhone yang baru berpindah dari smartphone android akan merasa kesulitan. Apalagi, tampilan pada iPhone sedikit berbeda dengan smartphone android.

Langkah Mudah Menghemat Baterai iPhone

Menghemat Baterai iPhone

Ada beberapa tips untuk pengguna iPhone yang ingin menghemat baterai iPhonenya. Cara ini akan terasa apabila iPhone kalian menggunakan layar OLED yang menguras cukup banyak baterai. Salah satunya adalah dengan menggunakan fitur dark mode yang disediakan.

Selain penggunaan fitur dark mode, apalagi yang bisa kalian lakukan untuk menghemat baterai kalian? Silahkan ikut langkah menghemat baterai yang gue praktikan pada iPhone 11 yang gue gunakan saat ini:

Matikan Background App Refresh

Salah satu fitur yang membuat iPhone kalian lebih siap untuk digunakan adalah fitur background app refresh. Pada dasarnya, fitur ini akan mencatat aplikasi apa yang paling sering kalian gunakan, kapan penggunaannya dan semuanya akan tercatat. Nantinya, sistem akan memperbaharui aplikasi tersebut.

Namun, apabila kalian menggunakan background app refresh ini akan sangat memakan daya tahan baterai kalian. Itulah sebabnya, kalian harus mematikan fitur ini untuk menghemat baterai iPhone yang kalian miliki.

Bagiamana cara mematikan fitur background app refresh ini? Kalian bisa membuka aplikasi pengaturan, lanjutkan klik general, lalu pilih Background App Refresh dan swipe ke arah Off. Gampang bukan?

Matikan Pembaruan Aplikasi Secara Otomatis

Langkah menghemat baterai pada iPhone yang kalian gunakan berikutnya dengan mematikan fitur auto update pada aplikasi. Untuk menghemat daya, biasanya para pengguna iPhone akan memilih opsi terhubung dengan WiFi agar baterai tetap hemat.

Tetapi, gue pribadi mematikan fitur auto update ini dengan lebih memilih melakukan pembaharuan secara manual. Bagaimana untuk mematikan fitur ini? Buka aplikasi Pengaturan, ketuk iTunes & App Store, lalu matikan Pembaruan.

Matikan Saran Aplikasi dari Siri

Saran aplikasi akan sangat bermanfaat ketika kalian menggunakan iPhone kalian untuk berpindah ke suatu negara. Misalnya, kalian akan berpindah ke Singapura atau Malaysia. Nantinya, iPhone kalian akan memberikan saran aplikasi apa saja yang bisa kalian install untuk kebutuhan kalian.

Selain itu, penggunaan Siri secara umum akan selalu dinyalakan oleh iPhone. Padahal, bagi beberapa pengguna seperti gue fitur ini tidak begitu sering digunakan. Nah, untuk menghemat baterai kalian ada baiknya mematikan fitur ini.

Untuk mematikan fitur Siri dan saran aplikasi pada iPhone kalian silahkan geser ke bawah dari atas layar iPhone untuk membuka Pusat Pemberitahuan, lalu geser ke kiri ke tampilan hari ini, gulir ke bawah dan ketuk Edit. Pilih lah ikon merah di sebelah Saran Aplikasi Siri. Ketuk Hapus, lalu ketuk Selesai.

Jangan Gunakan Live Wallpaper

Cara menghemat baterai iPhone berikutnya ada pada bagian widget layar yang kalian gunakan. Kebanyakan dari para pengguna lebih tertarik menggunakan live wallpaper sebagai background depan layarnya.

Memang, live wallpaper akan membuat tampilan iPhone kalian menjadi lebih menarik. Tetapi, penggunaan baterai iPhone akan menjadi lebih boros. Gue sendiri menyarankan untuk menggunakan wallpaper tanpa animasi karena akan lebih menghemat baterai kalian sendiri.

Jangan Gunakan Fitur Equalizer

Dari keempat langkah menghemat baterai iPhone diatas, apakah sudah dilakukan? Kalau sudah dan tetap boros, mungkin cara berikut bisa kalian lakukan yaitu dengan mematikan fitur Equalizer yang memungkinkan berpotensi menghabiskan daya iPhone yang kalian miliki.

Fitur ini akan menyesuaikan menyesuaikan musik yang sedang dimainkan untuk meningkatkan bass, mengurangi treble, dan perangkat tambahan audio lainnya. Karena penyesuaian ini dilakukan dengan cepat, mereka memerlukan daya baterai ekstra.

Sebenarnya ada pertimbangan untuk mematikan equalizer ini agar iPhone kalian baterainya lebih hemat. Saat kalian mematikan fitur ini, akan membuat pengalaman mendengarkan musik sedikit berbeda. Untuk menonaktifkan fitur Equalizer, buka Pengaturan dan klik ke Musik kemudian ketuk EQ dan swipe Off.

Dari kelima langkah menghemat baterai yang pada smartphone kalian, mana sih yang sudah kalian lakukan? Apa benar terbukti? Silahkan tulis dikomentar, bagaimana cara kalian untuk menghemat baterai iPhone yang kalian gunakan saat ini!