Pilih Mana, iPhone XR atau iPhone 11? Lihat Perbandingannya Disini!

iPhone XR atau iPhone 11

Sebenarnya, lebih baik gue beli iPhone XR atau iPhone 11 ya?” Pertanyaan yang muncul sesaat sebelum gue memutuskan untuk membeli iPhone 11. Sempat mencari informasi terkait spesifikasi, harga dan lainnya dibeberapa forum dan bertanya kepada teman, dan akhirnya menggunakan iPhone 11 untuk sekarang.

Pertimbangan Memilih iPhone 11 Dibanding iPhone XR

iPhone XR atau iPhone 11

Apa sih yang membuat gue akhirnya mengambil iPhone 11 meskipun bekas dibandingkan dengan iPhone XR? Apakah spesifikasinya? Harganya? Desainnya? Gue akan jelaskan sedikit ya mengenai pilihan gue dibawah. Karena, banyak yang bertanya sebenarnya iphone xr bagus gak sih? 

Tidak Hanya Game, Tapi Untuk Bekerja

Pertimbangan pertama saat hendak membeli iPhone yaitu kebutuhannya. Apakah hendak dibuat untuk bermain game, atau ingin digunakan juga untuk pekerjaan. Memang, iPhone XR unggul dari sisi baterai yang memang diperuntukan untuk kebutuhan gaming gue.

Disisi lain, apakah iya gue akan menggunakan iPhone seharga 9-10 jutaan ini hanya untuk bermain game? Tentu tidak, karena ada kebutuhan lain yang harus terpenehui dari sisi desain, spesifikasi iphone 11 dan lainnya. 

Prosesor Lebih Cepat, Informasi Lebih Akurat

Setelah melihat perbandingan iPhone XR atau iPhone 11 sendiri, ternyata iPhone 11 sudah menggunakan prosesor bionic A13. Sedangkan iPhone XR sendiri masih menggunakan seri dibawahnya, yaitu bionic A12.

Bedanya apa? Seperti yang sudah gue bahas, salah satu kelebihan iPhone 11 sendiri ada pada efisiensi daya karena penggunaan prosesor bionic A13 ini. Kalian bisa baca sendiri, apa saja keunggulan dan kelemahannya di artikel sebelumnya ya.

Pembaharuan iOs Akan Lebih Terbaru

Selain kedua hal diatas, sebelumnya gue menggunakan iPhone 7+ yang dimana pembaharuan iOs akan terhenti sampai tahun 2021. Itu artinya, sistem iOs yang akan digunakan pada iPhone lama gue akan terhenti sampai pada versi 14.3 saja.

Bagaimana dengan iPhone XR atau iPhone 11? Kalau melihat tahun lahir kedua iPhone tersebut, hanya selisih 1 atau 2 tahun saja. Itu berarti, kesempatan iPhone 11 mendapatkan pembaharuan yang lebih terbaru akan sangat mungkin dibandingkan iPhone XR.

Misalnya, tahun 2021 adalah tahun terakhir update iOs untuk iPhone XR. Setidaknya, gue masih punya kesempatan 1 atau 2 tahun lagi untuk update iOs untuk iPhone 11. Betul gak sih? Maklum, gue kan pengguna baru iPhone :)

Kamera Belakang Lebih Unggul iPhone 11

Bagiamana dengan kamera belakang iphone xr vs iphone 11? iPhone 11 sendiri memiliki 2 kamera belakang, salah satunya berfungsi sebagai wide angle camera yang menurut gue ini cukup berguna. Berikut ini beberapa perbedaan kamera belakang iPhone XR dengan iPhone 11:

  • Lensa tambahan yang ada pada iPhone 11 adalah kamera ultrawide dengan lebar pandang sebesar 120 derajat;
  • IPhone 11 dapat melakukan 2x optical zoom dan 5x digital zoom. Kalau IPhone XR hanya dapat melakukan 5x digital zoom. Lebih-lebih, digital zoom tidak sebagus optical zoom;
  • Mode portrait iPhone 11 dibekali pencahayaan khusus, tidak seperti iPhone XR; 
  • iPhone 11 punya mode malam yang lebih baik sehingga bisa mengambil gambar walaupun hanya mendapatkan sedikit cahaya.

Kamera Depan iPhone 11 Sudah Support 4K

Buat gue, kamera depan akan sangat membantu saat gue membuat video untuk youtube channel pribadi gue. Kenapa akhirnya gue memutuskan menggunakan iPhone 11? Ketika gue mencobanya, untuk mengambil video, kamera selfie iPhone 11 dapat mengambil video 4K hingga 60 frame per detik. Sedangkan IPhone XR kalah jauh, hanya bisa mengambil video 1080p hingga 60 frame per detik.

Dari kelima hal diataslah gue akhirnya memutuskan untuk menggunakan iPhone 11 sampai saat ini. Ingat, kebutuhan seseorang tentu akan berbeda. Jadi, silahkan kalian putuskan sendiri ingin menggunakan iPhone XR atau iPhone 11 sebagai daily driver kalian ya!