menaikkan popularitas video di youtube

5 Tips Dasar Menaikkan Popularitas Video di Youtube

menaikkan popularitas video di youtube

Source: jalantikus

Melihat perkembangan dunia youtube itu sendiri, saat ini banyak yang sudah memulai membuat konten dalam channelnya sendiri. Sama seperti saya, memulai semuanya dari nol tanpa ada dasar apapun dalam dunia youtube itu. Sampai akhirnya, saya menemukan kekurangan saat pertama membuat channel youtube!

Berdasarkan hal itulah saya mencoba memulai memperbaiki kualitas channel youtube, mulai dari membuat thumbnail yang sesuai sampai dengan membuat deskripsi video semenarik mungkin. Nah, untuk kalian yang ingin memulai dunia youtube dari sekarang berikut ini sedikit tips untuk .

Tips Menaikkan Popularitas Video di Youtube

Buat video Anda SEO-friendly

Seperti halnya membangun sebuah website atau blog, SEO (search engine optimization) juga dibutuhkan dalam mengelola Youtube. Semakin video kalian mudah ditemukan oleh mesin pencari, semakin besar peluang mendapatkan trafik. Nah, dalam hal ini, judul dan tags video kalian adalah kuncinya.

Pertama, buatlah judul video yang mudah diingat dan SEO-friendly. Jika video merupakan video serial bersambung, cantumkan judul seri, judul episode dan nomor serinya sekaligus pada judul video. Semakin banyak informasi ‘di bawah’ video kalian, maka semakin baik dan semakin besar peluang video akan muncul dalam pencarian.

Buat orang lain tertarik untuk berkomentar dan menyukai

Ajak orang lain untuk berkomentar. Percaya atau tidak, orang akan lebih suka untuk berkomentar, jika kalian secara eksplisit mengajaknya. Begitu juga ajakan untuk menyukai video kalian. Hal ini penting. Kenapa? Karena setiap saya menyukai sebuah video, aktivitas tersebut muncul di newsfeed. Apa artinya, promosi gratis!

Jika memungkinkan, berikan pertanyaan ringan yang mana membuat orang tertarik untuk menjawabnya lewat kolom komentar atau bisa secara kreatif membuat bumper di setiap akhir video Anda, yang berisi ajakan untuk me-like dan memberi komentar. Jika dilakukan dengan cukup kreatif dan menyenangkan, kalian akan mendapatkan banyak sekali komentar dan like, yang sangat bermanfaat menambah luas audiens kalian sendiri.

Buatlah thumbnail yang sangat menarik

Memang setiap selesai mengunggah sebuah video, kalian bisa memilih satu dari tiga thumbnail default tawaran otomatis dari Youtube. Tapi, demi menarik minat pemirsa, saya sarankan untuk membuat sendiri thumbnail khusus.

Kalian bisa mengambil satu frame dari video yang paling menarik dan paling bagus dari aplikasi video editing yang digunakan. Setelah itu, edit dengan photoshop, atur kontras, saturasi warna, dan lainnya agar image tampil sebagus mungkin. Setelah itu upload sebagai thumbnail video yang baru saja kalian upload sebelumnya.

Buatlah playlist

Membuat sebuah daftar putar (playlist) adalah sebuah cara yang sangat bagus untuk memilah-milah jenis video yang berbeda pada satu channel. Selain itu, juga secara signifikan dapat menambah view video. Karena jika ada orang mengklik playlist yang kalian buat, maka setelah selesai satu video diputar, akan dilanjutkan dengan memutar video berikutnya. Sebuah hal yang sangat bagus bukan?

Manfaatkan anotasi (annotation)

Ini juga harus dimanfaatkan dengan baik. Manfaatkan anotasi untuk mengajak orang menyukai video yang kalian unggah, atau mengarahkan ke salah satu playlist yang kalian buat sebelumnya. Anotasi dapat menjadi sumber trafik yang sangat bagus. Jadi, segera buat dan rasakan hasilnya.

Sebagai contoh untuk kalian, silahkan lihat video saya dibawah ini ya:

Pada video diatas, saya membuat sebuah thumbnail khusus untuk membuat orang tertarik melihatnya dan juga memberikan informasi yang jelas pada kolom diskripsi mulai dari deskripsi singkat mengenai video dan akun media sosial yang saya miliki saat ini. So, jangan takut untuk memulai membuat video ya!

KASIH RATE YUK!
4 5
Oleh


5 comments on “5 Tips Dasar Menaikkan Popularitas Video di Youtube

  1. Ah ini, noted! Anotasi dan Playlist. Aku inget-inget. Kebetulan sudah bikin beberapa video buat di blog, dan mempelajari bberapa video, apalagi yang orang Korea itu, aku jadi mikir, ngevlog dan bla-bla sebenarnya bisa pakai alat yang ada. Ga harus mahal dan ribet. Seperti dugaan sih, cuma lihat yang lain kok sebagian banyak piranti, bikin maju mundur. Sekarang uda semangat. Apalagi ada artikel-artikel yg berhubungan dan ditulis oleh orang yang sudah praktekin. Jadi ngerasa, doaku dijawab Tuhan #halah hihihi.

    Ditunggu artikel selanjutnya yaaaaaa….

     
    • Bikin video pakai smartphone juga bisa kok, mba. Asalkan pencahayannya cukup, jadi ga terlalu gelap. Itu aku ya, karena aku buat video selalu dikamar dan kurang pencahayaan, jadinya nambah 1 lampu buat sedikit menerangkan :)

      Kalau anotasi, biar orang lain lihat juga video yg udah kita buat. Nah, playlis biar keliatan rapih dan bisa tahu kapan terakhir kita upload :)

      Sukses ya mba channelnya :)

       
  2. Pingback: Yuk, Cari Tahu Waktu Yang Tepat Upload Video ke Youtube! - aLdy PutRa - Official Site

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *