Serba Serbi Youtube Untuk Yang Baru Memulai Channelnya

Serba Serbi Youtube

Serba serbi youtube yang gue buat kali ini sepertinya akan menjadi rangkuman beberapa yang pernah gue tulis di blog ini buat kalian deh. Tapi, gue coba gabungin aja kali ya semuanya di artikel ini, biar kalian gak bingung kalau mau cari seluk-beluk youtube dan gimana cara ngegunainnya di channel youtube kalian.

Pertanyaan kalian yang pertama pasti kenapa subscribers kalian gak naik, padahal udah upload video setiap hari. Sebenarnya, ada beberapa hal yang menyebabkan kalian bertanya demikian. Kalau gue balik nih pertanyaannya, kalian merasa sudah merapihkan channel youtube kalian belum? Kalau belum, jangan harap itu kejadian. Kok gitu?

Karena menurut gue, channel youtube itu ibaratkan rumah. Selain beberapa perlengkapan harus diisi, pasti harus terlihat rapih dong sama orang lain? Bener gak? Apanya yang diraphin? Ada beberapa kita lihat satu persatu ya.

Serba Serbi Youtube Untuk Pemula

Serba Serbi Youtube

Merapihkan Halaman Depan

Masih banyak diantara kalian yang baru membuat channel, lupa akan hal ini. Kalian harus merapihkan halaman depan kalian agar ketika pengunjung kalian datang, langsung tahu tentang channel kalian seperti apa. Video baru kalian kapan terakhir diupload, apa yang paling populer dan lainnya. Itu kaya gimana sih? Lihat gambar dibawah.

Merapihkan Halaman Depan Channel Youtube

Ada 3 bagian yang harus kalian lakukan disana, channel art atau banner yang bagian atas. Video section yang ada dibawahnya, dan terakhir konten yang kalian promosikan atau terkait dengan channel yang kalian buat. 

Mengganti Channel Art / Membuat Header

Masih banyak yang belum melakukan ini, dan terkesan tidak mengurusnya. Padahal, ini adalah hal penting yang bisa kalian lakukan pertama kali ketika membuat channel youtube. Cara ini sudah pernah gue bahas disini. Bagaimana cara membuat banner youtube dan bagaimana  cara mengganti banner youtube baik dari android, iphone ataupun laptop kalian. Jadi, silahkan dibaca aja artikel itu ya.

Apa saja aspek yang bisa kalian masukan kedalam gambar banner atau channel art kalian ini? Setidaknya, kalian harus memasukan 3 aspek disana.

  1. Siapa kalian?
  2. Tentang apa channel kalian ini?
  3. Kapan kalian upload di channel kalian?

3 Hal diatas membantu para subscribers ataupun siapa saja yang datang ke channel kalian dari video manapun tahu, apa sebenarnya yang kalian lakukan di channel tersebut. Selain itu, tampilan channel kalian terkesan lebih rapih dibandingkan tidak menggunakan channel art. 

Membuat Section Video

Hal yang kedua untuk dirapihkan adalah membuat section video. Itu bagian mana sih? Bagian bawah sebelah kiri. Kalau kurang jelas, lihat gambar dibawah ya. 

Membuat Section Video Channel Youtube

Bagian ini penting, karena beberapa channel yang gue kunjungi masih belum memiliki ini dan terkesan tidak niat mengurus channelnya. Padahal, pandangan pertama terhadap channel kalian itu penting. Lantas, bagaimana cara membuatnya?

Cara membuat section video

Section video ini cukup mudah untuk kalian buat, namun berkaitan dengan hal lainnya yang ada didalam channel kalian sendiri. Untuk membuatnya, ketika kalian berada dihalam depan, sebagai contoh menggunakan channel youtube gue, yang kalian lakukan adalah klik tombol biru bertuliskan customize channel. Nantinya, akan muncul seperti gambar dibawah ini.

Customize Channel Youtube

Setelah muncul seperti itu, pada bagian returning subscribers dan for new visitors akan muncuk tanda + kalau kalian belum melakukannya. Kalian tinggal pilih video mana yang ingin kalian tampilkan dibagian atas sebagai highligt yang pertama kali dilihat oleh orang yang datang ke channel kalian. Sedangkan ketika kalian scrolling kebawah, kalian akan melihat tanda + yang bertuliskan add section. Setelah diklik, akan tampil seperti ini.

Menambahkan Section di Channel kalian

Kalian tinggal pilih ingin memasukan bagian apa disana. Tapi, yang paling umum adalah menambahkan playlist. Kalau gitu, gimana cara buat playlist untuk channel kalian?

Cara Membuat Playlist

Untuk membuat playlist, yang perlu kalian lakukan pertama sekali adalah masuk kedalam youtube studio channel kalian masing-masing. Setelah berhasil masuk, kalian akan melihat dibagian sebelah kiri ada tulisan playlist disana, dan silahkan kalian klik. Setelah itu, akan muncul tampilan seperti dibawah ini.

Membuat Playlist Channel Youtube

Setelah itu, kalian silahkan klik saja bagian new playlist seperti gambar di dalam kotak merah. Kalian tinggal masukan nama playlist kalian, dan klik create. Beberapa catatan untuk memasukan nama playlist, karena gue memikirkan bagaimana agar orang mencari tentang sesuatu akan muncul juga si playlist ini.

Jadi, gue memikirkan SEO didalamnya. Sulit memang, tapi untuk sementara kalian bisa gunakan sesuka hati kalian. Setelah membuatnya, kalian akan melihat kolom deskripsi dan video mana yang kalian masukan kedalam playlist itu. Gampangkan? 

Membuat Channel Terkait

Bagian ini bisa dibilang tidak terlalu penting, tapi agar tampilan channel maksimal kalian bisa tambahkan ini juga. Gimana caranya? Ini mudah, ketika kalian berada dihalaman depan, kalian akan melihat tanda gambar pensil seperti kalian ingin menambahkan video highlight. Kalian tinggal klik saja bagian itu, dan masukan channel mana saja yang ingin kalian taruh disana. 

Merapihkan Data Lengkap Video Yang Diupload

Bagian ini yang paling gue lihat banyak yang berantakan. Judul sembarangan, deskripsi gak diisi dan tagging video terkadang sesukanya. Terus, gimana caranya buat beresin itu semuanya biar video kalian makin rapih?

Mengisi Judul Video

Judul video sendiri biasanya kalian menggunakan judul yang aneh, tidak beraturan dan terkesan sesukanya. Padahal, judul bisa kita maksimalkan untuk SEO agar mesin pencari youtube dengan mudah menemukan video yang kalian upload di channel youtube kalian. Apakah harus bsar semua tulisannya? 

Kalau gue, dulu iya. Menuliskan judul dengan capslock, tapi sekarang yang gue besarkan adalah hanya kata-kata yang gue targetkan sebagai kata kunci pencarian. Apa yang perlu dilakukan didalam judul video ini? Setidaknya, menggambarkan apa yang ada didalam video kalian tersebut. Entah ekspresinya, pengalamannya atau apapun yang menggambarkan sesuai video kalian.

Boleh pakai judul click bait ga? Silahkan saja, asalkan jangan misleading. Kenapa? Karena berbahaya untuk penonton kalian juga, ketika datang mereka merasa tidak puas dengan videonya. Saat kalian membuat video baru, mereka tidak ingin datang lagi karena takut tertipu seperti video pertama yang mereka lihat.

Mengisi Deskripsi Video

Bagian ini kalau gue membaginya 3 bagian utama. Pembuka, isi dan penutup. Bagian pembuka, 2 baris pertama adalah mengenai tentang apa konten yang gue buat, target kata kunci apa yang gue inginkan, dan semua tentang video pokoknya. Baris ke 4 dan seterusnya adalah semua media sosial yang gue punya, biar penonton video tahu bisa berhubungan dengan kalian dimana saja. Terakhir, ucapan terima kasih dan pesan untuk subscribe.

Kalau kalian bikin ini terus menerus, pasti kalian lelah bukan? Ada kok caranya biar kalian gak harus selalu mengisi ini, dan otomatis terisi ketika kalian upload video. Gimana tuh? Pertama, kalian masuk ke youtube studio kalian, dan pilih setting. Nantinya, akan muncul pop up dan pilih bagian upload defaults. Seperti gambar dibawah ini.

Mengisi Deskripsi Video Otomatis

Disana kalian bisa masukan sesuai dengan yang kalian inginkan. Jadi, saat kalian upload video secara otomatis bagian ini akan terisi dan kalian tinggal edit sesuai dengan kebutuhan kalian. Gimana? Udah tahu dari lama atau baru tahu nih? :) 

Membuat Tag Video

Bagian ini sebenarnya tergantung setiap orang ingin mengisinya. Tapi, kalau gue biasanya menggunakan beberapa kata yang gue targetkan untuk kata kunci. Kalau kalian bingung nih, gimana kalian isinya. Kalian bisa melihat tag youtube orang lain, udah gue buatkan tutorialnya diartikel sebelum ini. Jadi, dilihat aja ya. Jadi, kalian tinggal isi aja sesuai dengan keinginan kalian yang sesuai dengan video kalian.

Sampai disini semoga kalian masih betah lihat serba serbi youtube dari gue ya. Karena masih ada beberapa hal lain yang gue bahas.

Menambahkan End Screen dan Cards Video

Setelah tadi bagian depan dan sedikit masuk ke dalam video, sekarang kita masuk ke videonya. End Screen dan Cards, ini bagian yang jarang kalian pakai nih. Padahal, ini penting untuk memberitahu penonton kalian kalau channel kalian ada banyak video. Caranya gimana? Ini ada ketika kalian telah selesai upload video, bagian sebelah kanan bawah seperti ini.

End Screen dan Cards Video

Kalian tinggal klik aja, kemudian kalian bisa atur dimenit atau detik berapa video muncul kalau untuk cards. Sedangkan end screen, ada dibagian belakang setelah video kalian selesai.

Mengisi Kolom About atau Tentang Saya

Setelah itu semua selesai, hal yang gak kalah penting adalah kolom about atau tentang saya. Buat apa sih? Kalau gue isi ini buat ngejelasin siapa gue? Kalau mau kirim email kemana? Apa yang gue bahas dan kontak yang bisa dihubungi. Nah, banyak banget nih yang halaman ini kosong. Padahal, kalau ada yang tertarik dengan kalian dan mengajak bekerjasama, mereka biasanya melihat halaman ini untuk tau email, atau media sosial kalian. 

Setelah mengisi semuanya, bagaimana melakukan promosi video kalian? Hmm.. Ini menarik dan banyak yang gue omelin tentang ini. Apa yang boleh dilakukan, apa yang enggak?

Melakukan Promosi Video

Apa Yang Disarankan Untuk Dilakukan

Gue menyarankan beberapa platform media sosial kalian punya. Facebook, instagram, twitter, dan lainnya. Lantas, lakukan promosi dengan memberikan caption yang memberi tahu apa video yang kalian upload. Terus, dimana saja selain akun personal kalian? Beberapa channel yang bisa kalian lakukan:

  • Facebook fanpages dan group.
  • Twitter, 
  • Instagram, dan
  • Line Official Account.

Untuk facebook, kalian bisa bergabung dengan group yang sesuai dengan konten kalian. Atau, kalau ingin membuat grup sendiri itu lebih baik, isinya adalah orang yang menonton video kalian. Informasi linknya, kalian taruh disetiap deskripsi video kalian yang sudah gue jelaskan caranya.

Apa Yang Tidak Disarankan Untuk Dilakukan

Terakhir, apa yang tidak gue sarankan untuk dilakukan? Melakukan “japri” ke semua orang. Mungkin, kalau di facebook dan media sosial itu masih bisa, tapi jangan sampai kalian melakukannya di whatsapp. Bukannya orang ingin menonton, justru ketika terlalu sering orang akan melakukan blokir nomor kalian. Itu yang gue lakukan ke beberapa orang yang sering melakukan ini. Bodo amat mereka teman, tapi gue terganggu.

Serba-serbi youtube yang bisa gue berikan segitu dulu aja. Memang tidak instan untuk mendapatkan hasil setelah melakukan hal diatas, semua tergantung cara setting channel youtube kalian saat awal membuatnya. Semoga kalian gak capek baca segitu banyak. Kalau memang kalian bingung, apa perlu gue buat versi video? Coba, kalian lebih nyaman membaca atau dibuatkan video untuk serba serbi youtube ini?


ARTIKEL MENARIK LAINNYA