Mengenal Teknik Foto Bokeh Dalam Fotografi

Teknik Foto Bokeh

Teknik foto bokeh itu apa sih? Masih banyak yang belum tahu teknik ini. Artikel ini gue buat biar kalian tahu gimana teknik bokeh itu. Artikel sebelumnya gue udah ngejelasin mengenai teknik lainnya dalam fotografi, yaitu teknik foto bulb. Semoga kalian bisa lebih banyak tahu tentang teknik fotografi yang gue bagikan, ya.

Sebenarnya apa sih apa sih bokeh itu? Bokeh aslinya berasal dari sebuah kata dalam bahasa Jepang yang berarti ‘menjadi kabur’, jadi foto bokeh adalah karakteristik foto yang menonjolkan sebuah obyek utama yang fokusnya sangat tajam sementara latar belakang (dan atau depan) yang sangat kabur. Udah tahu sama teknik dasar ini? Kalau udah baru kita bahas masalah teknik foto bokeh seperti apa.

Teknik Foto Bokeh

Teknik Foto Bokeh

Bokeh bisa dicapai dengan menggunakan setting kamera dengan bukaan (f) yang lebar. Sekarang banyak dipasaran jenis lensa yang mempunyai rentang bukaan yang lebar sehingga kedalaman ruang (DOF) akan sangat terasa dengan menghasilkan foto yang blur pada bagian belakang dan tajam pada objek utama.

Beberapa tips untuk menghasilkan foto bokeh diantaranya.
  • Mode kamera anda pada mode manual (M), bisa juga menggunakan mode Aperture (A) pada kamera Nikon.
  • Set bukaan kamera (f) pada bukan lebar misalnya pada f/4.0 atau f/2.8, semakin lebar maka hasil fotonya nanti akan semakin bokeh.
  • Pertimbangkan jarak antara objek utama (FG) dengan latar belakang (BG), usahakan jarak antara anda dengan Objek utama lebih dekat dan antara objek utama dengan latar belakangnya lebih jauh mungkin ilustrasi dibawah ini bisa membantu anda.
  • Banyak berlatih.

Gimana? Sekarang udah bisa atau belum? Kalau memang belum, hal yang gue sarankan adalah kalian mencoba terus menerus. Jangan hanya 1 kali percobaan, lantas kalian bilang teknik bokeh itu susah. Jangan-jangan, kalian sudah pada bisa jadi gak baca artikel ini sampai selesai? Boleh dong kalau punya pengalaman menggunakan teknik ini, bisa kasih tahu gimana kalian praktekin teknik foto bokeh.


ARTIKEL MENARIK LAINNYA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *