aLdyputRa Aldy Terren Putra, seorang pria yang dilahirkan dengan selamat di Jakarta beberapa tahun silam. Kadang nulis blog ini, kadang juga upload video di aldyputra.net/youtube

Teknik Freezing Dalam Fotografi

1 min read

Teknik Freezing Dalam Fotografi

Teknik freezing dalam fotografi atau biasanya sering disebut freezing fotografi ternyata cukup banyak yang ingin mencobanya. Kali ini saya akan berikan sedikit artikel dan informasi mengenai teknik freezing dalam fotografi yang saya ketahui. Setelah beberapa waktu yang lalu saya sudah memberikan informasi mengenai teknik foto bokeh sekarang akan saya bahas masalah freezing fotografi.

Teknik freezing atau teknik freez adalah teknik dasar memotret pada sebuah objek yang sedang bergerak dengan seolah-olah hasil foto kita bisa menghentikan objek yang bergerak tersebut. Teknik ini menggunakan kecepatan atau speed lensa yang tinggi sehingga objek seolah-olah membeku.

Kenapa kita harus menggunakan kecepatan rana yang tinggi karena jika kita menggunakan rana dengan speed rendah pada subjek yang bergerak akan menimbul kan blur yang memberi kesan gerak dan dipastikan efek foto yang dihasilkan menjadi tidak jelas dan kabur.

Teknik Freezing Atau Freezing Fotografi

Teknik Freezing Dalam Fotografi

Penggunaan rana atau shutter dengan kecepatan rendah pada subjek yang bergerak akan menimbul­kan blur yang memberi kesan gerak. Selain itu, penggunaan kecepatan tinggi juga dapat memberikan kesan gerak dengan membekukan gerakan yang sedang berlangsung, pemotretan ini lazim disebut freezing.

Hasilnya adalah foto yang mem­perlihatkan subjek foto tepat di tengah gerakan yang sedang dilakukan. Karena menggunakan kecepatan rana tinggi, gambar subjek menjadi jelas atau dengan kata lain tidak blur. Pemotretan freezing yang baik membutuhkan perencana­an.

Jika mengetahui atau dapat yang bergerak memperkirakan arah yang akan dilalui subjek, Anda dapat menentukan sudut kamera, pencahayaan, latar belakang, jarak fokus, dan eksposure. Bukan hanya itu, faktor cuaca juga cukup mempengaruhi hasil dari foto ketika menggunakan teknik ini. Jadi, perhatikan juga cuaca saat kalian ingin menggunakan teknik yang satu ini.

Mungkin sekian dulu informasi sederhana saya mengenai teknik freezing dalam fotografi atau freezing fotografi ini. Semoga apa yang saya berikan diatas dapat menambah pengetahuan teman-teman semuanya mengenai teknik ini. Jika ada yang ingin teman-teman tambahkan atau koreksi, silahkan teman-teman masukan didalam kolom komentar setelah artikel Teknik Freezing Dalam Fotografi.

aLdyputRa Aldy Terren Putra, seorang pria yang dilahirkan dengan selamat di Jakarta beberapa tahun silam. Kadang nulis blog ini, kadang juga upload video di aldyputra.net/youtube

4 Replies to “Teknik Freezing Dalam Fotografi”

  1. Cara meningkatkan kecepatan rananya itu gimana ya? pemula banget soalnya hehe.
    Atau adakah majalah buat fotografi pemula mas?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *