Bingung Memilih Nama Domain? Ini Dia Tips Memilih Nama Domain!

Tips Memilih Nama Domain

“Tips memilih nama domain yang bagus gimana sih? Bantu cariin dong, sob! Tips nyarinya deh gimana, gue cari sendiri.” Mungkin kalian pernah mendapatkan pertanyaan seperti yang saya sebutkan diatas, atau kalian yang membaca artikel ini masih bertanya-tanya bagaimana untuk menentukannya? Artikel kali ini semoga bisa membuat kalian terbantu untuk memilihnya.

Nama domain sendiri adalah sebuah alamat untuk website atau blog yang akan kalian miliki, terdiri dari dua kata atau lebih yang kalian gabung atau bisa saja dipisahkan dengan dash (tanda -). Semuanya tergantung apa yang akan kalian inginkan pada nama domain tersebut.

Tips Memilih Nama Domain

Rata-rata nama domain yang digunakan menggunakan nama personal branding yang akan kalian bangun kedepannya, contohnya seperti blog aldyputra.net ini. Memang awal mula didirikannya blog dengan nama aLdyputRa sendiri ditujukan untuk memberi label bahwa blog ini adalah kepemilikan sendiri, yang artinya semua yang ada didalam blog ini memang saya yang menulisnya.

Tips Memilih Nama Domain Yang Tepat

Balik lagi ke topik awal mengenai pemilihan nama domain, sebenarnya ada banyak hal yang harus diingat sebelum membeli nama domain untuk website atau blog kalian nantinya. Cara menamakan situs ini sebaiknya dipikir matang matang, karena akan berkelanjutan pada isi website atau blog & tujuan awal kalian membuatnya. Berikut ini saya coba memberikan sedikit tips memilih nama domain.

Nama Singkat dan Mudah Diingat

Nama domain yang dipilih sebaiknya singkat, semakin singkat semakin baik. Mengapa? Alasannya adalah domain yang singkat dan mudah diingat akan lebih memudahkan pengunjung yang baru pertama kali mengunjungi website atau blog kalian, untuk kembali datang tanpa harus browsing kembali dengan materi atau artikel yang diinginkan.

Mudah di Eja

Ini penting! Banyak diantara teman-teman yang mencoba membuat website atau blog dengan ejaan yang terlalu sulit. Contohnya, aldyputra.net ini. Banyak yang mengira saya menggunakan huruf “i” dalam nama domainnya, namun saya sendiri menggunakan huruf “y” karena memang nama pribadi saya menggunakan huruf tersebut. Jadi, usahakan nama domain yang akan kalian pilih nantinya harus dipastikan mudah di eja.

Gunakan Ekstensi Domain Internasional

Iyalah! Kalau sudah mau memulai menggunakan nama domain berbayar, seharusnya menggunakan domain internasional. Ada banyak domain internasional yang bisa kalian pilih, namun entah mengapa lebih tertarik pada domain .com dibanding dengan yang lainnya.

Tapi, itu tidak berlaku pada saya. Mengapa demikian? Karena sejujurnya, domain .com yang saya cari sudah digunakan oleh orang lain dan terpaksa harus menggunakan domain .net untuk blog personal saya ini. Selain alasan tersebut, sejujurnya saya tidak begitu menyukain domain .com untuk beberapa hal yang lebih dikarenakan alasan sudah terlalu banyak yang menggunakannya :)

Selain hal diatas ada beberapa hal yang harus kalian pertimbangkan untuk membeli domain berbayar. Mulai dari tujuan dibuat website / blog tersebut sampai dengan penggunaannya sendiri untuk apa. Karena, tidak semestinya kalian membeli nama domain yang berbau jualan online tetapi kalian gunakan untuk sebuah website / blog yang berisi curahan hati kalian, bukan?

Semua kembali pada pilihan kalian masing-masing dalam menentukan nama domain yang akan kalian gunakan kedepannya. Tentukan pilihan, cari provider yang menjual promo domaindan gunakan dengan bijak apa yang sudah kalian miliki. Ada yang ingin ditambahkan dari artikel ini? Silahkan langsung berkomentar saja ya gimana tips memilih nama domain menurut kalian.

2 Replies to “Bingung Memilih Nama Domain? Ini Dia Tips Memilih Nama…”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *