Yuk, Cari Tahu Waktu Yang Tepat Upload Video ke Youtube!

Yuk, Cari Tahu Waktu Yang Tepat Upload Video ke Youtube!

Siapa sih sekarang yang ga mau berlomba-lomba untuk upload video ke youtube? Semakin banyak teman-teman yang memulai untuk membuat channel youtube dengan berbagai tujuan yang diinginkan, tergantung dari orang tersebut tentunya.

Seiring perkembangan zaman dan kemajuan teknologi, mulai tumbuh berkembang para pembuat konten untuk berlomba-lomba membuat konten yang unik dan berbeda dari yang lain. Namun, tidak sedikit juga yang melewati beberapa hal dasar seperti yang saya sebutkan di artikel mengenai tips menaikkan popularitas video itu sendiri.

Tetapi, hal yang sangat penting menurut gue adalah kapan waktu yang tepat untuk upload video ke youtube agar video yang kalian buat dan tayangkan tidak menjadi sia-sia tentunya. Tenang, sekarang gue kasih tahu kok gimana caranya supaya teman-teman bisa ikut mempraktekan seperti teman pembuat konten yang sudah lebih dahulu.

Statistik Upload Video ke Youtube

Gambar diatas gue ambil dari analytics yang ada di dashboard channel gue sendiri. Dari gambar diatas, kelihatan kan kalau ternyata video yang gue upload itu lebih banyak yang lihat antara jam 8 malam sampai jam 12 malam. Jadi, pun ketika gue upload jam 10 pagi seperti biasanya kemungkinan besar para subscribers atau langganan gue akan lihat diantara jam itu.

Tapi, kalian bisa juga mencoba beberapa waktu yang tepat untuk upload video youtube yang bisa kalian gunakan. Bedakan antara hari libur dan hari biasa. Kenapa? Karena perbedaan kebiasaan yang terjadi oleh seseorang dihari kerja atau dihari libur itu sendiri. Lantas, jam berapa dari masing-masing itu?

Banyak yang menyarankan untuk hari libur sendiri alangkah baiknya upload video ke youtube kisaran pukul 4 pagi sampai 6 pagi. Beberapa orang cukup merekomendasikan jam ini, karena saat mereka terbangun akan melihat notifikasi yang ada dalam smartphone yang mereka miliki.

Lantas, bagaimana dengan hari kerja? Pada pukul berapa yang bisa dijadikan sebagai jam upload youtube terbaik? Ada 2 jam waktu terbaik upload youtube itu sendiri, antara setiap sore sekitar pukul 4 sampai pukul 6 sore. Waktu ini banyak yang menggunakannya, termasuk beberapa pembuat konten yang sudah cukup besar yang saya ikuti, diantaranya Tim2One, CameoProject, bahkan JodieMotovlogHD.

Apa yang menyebabkan hal ini banyak dilakukan? Biasanya, sekitar pukul 4 sampai 6 sore itu sendiri, kemungkinan banyak yang akan melihat konten video yang kalian karena biasanya teman-teman yang bersekolah baru saja pulang, dan jam istirahat banyak orang. Itulah mengapa, pada waktu tersebut merupakan jam terbaik upload video youtube untuk kalian lakukan.

Ada 1 jam alternatif lainnya yang banyak direkomendasikan yaitu sekitar pukul 7 malam sampai 9 malam, kenapa? Biasanya malam hari seperti inilah para penonton atau langganan kita banyak yang sulit tidur, atau mungkin sedang bosan dan mencari hiburan.. Silahkan manfaatkan waktu yang sudah direkomendasikan oleh teman-teman senior lainnya. Sedangkan saya sendiri, masih tetap tayang setiap pukul 9 – 10 pagi :)

Mau tahu lebih banyak informasi terkait youtube dan hal lainnya? Yuk, gabung sama gue dan teman pembuat konten lainnya di forum resmi youtube Indonesia yang dikelola oleh teman-teman langsung dari youtube. So, silahkan bergabung disana dan yuk belajar bareng-bareng. Selamat membuat konten, ya. Jangan sampai lupa kapan waktu yang tepat untuk upload video ke youtube :)