Pengalaman Menggunakan Samsat Online Nasional (SAMOLNAS), Terbantu?

Menggunakan Samsat Online Nasional

Samsat online nasional atau Samolnas, pasti tahu dong? Artikel kali ini gue sedikit membagikan pengalaman menggunakan aplikasi SAMOLNAS. Apakah aplikasi Samolnas bermanfaat? Membingungkan, atau mempermudah? Tenang, gue bakalan kasih tahu mulai dari awal gue pakai sampai gue berhasil cetak SKPD aslinya di kantor samsat tempat gue biasa membayar dan mengantri.

Menggunakan Samsat Online Nasional

Sejujurnya, aplikasi samsat online nasional (samolnas) ini gue baru awal bulan Oktober 2019 karena kebutuhan untuk membayar pajak kendaraan yang sebentar lagi akan berakhir. Karena kebetulan baru saja pindah rumah, dan lokasi samsat terdekat cukup jauh dari tempat tinggal sekarang maka memutuskan untuk mengunduh aplikasi yang satu ini.

Review Samsat Online Nasional (Samolnas)

Bagiamana pengalaman samsat online nasional ketika gue mencoba untuk bayar pajak motor online dengan menggunakan aplikasi ini? Berikut ini beberapa pengalaman menggunakan samolnas atau review samolnas berdasarkan yang gue rasakan sendiri:

Konektifitas Aplikasi Cukup Sulit

Review Samolnas

Awalnya, ketika pertama kali mengunduh aplikasi samolnas melalui playstore dan membuka aplikasinya terbilang cukup sulit karena gagal terhubung dengan server mereka. Entah karena terlalu banyak yang menggunakan, atau memang karena kapasitas server mereka yang kurang besar dan menyebabkan pengalaman samsat online pertama gue untuk aplikasi ini terbilang sebelah mata untuk aplikasi samolnas atau samsat online nasional ini.

Sempat melakukan proses uninstall karena gue menganggap aplikasi samolnas atau samsat onlie nasional ini tidak bisa digunakan, namun beberapa hari kemudian mencoba install kembali dan membuka pada saat jam kerja. Hasilnya? Cukup memuaskan untuk proses pendaftaran dan pengajuan pembayaran pajak kendaraan bermotor sebagai penggunaa yang merasakan pengalaman samsat online.

Proses Pembayaran Samolnas Terbilang Rumit

Pembayaran Samsat Online Nasional

Kenapa gue bilang pengalaman samsat online nasional saat pembayaran itu rumit? Setelah mencari tahu untuk proses pembayaran, meskipun dibilang bisa menggunakan aplikasi e-banking buat gue cukup membingungkan. Karena, ketika mencoba melakukan pembayaran melalui bank BTN (ada menu pembayara e-samsat), selalu gagal dan tidak bisa. Padahal, waktu yang diberikan hanya 2 jam dan bukti SKPD akan dikirimkan setelahnya.

Apa yang gue lakukan berikutnya? Harus pergi ke ATM untuk membayar pajaknya. Sampai sini, gue berpikir kenapa? Ternyata, nantinya setelah melakukan pembayaran melalui ATM yang akan digunakan berikutnya adalah struk atau bukti pembayaran yang akan diberikan kepada pihak samsat di kantornya. Biar lebih jelas mengenai cara bayar samsat online nasional, silahkan kalian baca diartikel lama gue.

Pencetakan SKPD harus di kantor Samsat

Seperti yang gue bilang diatas, ternyata setelah proses melalui aplikasi samolnas ini kita masih diharuskan untuk pergi ke kantor samsat terdekat untuk mencetak SKPD yang asli. Lantas, apa bedanya dengan kita datang ke samsat Drive-thru? Sama saja sepertinya, ga ada yang berbeda. Itu yang membuat orang masih banyak datang ke kantor samsat tedekat, terkesan harus melakukan pekerjaan 2x dan lebih panjang.

Kesimpulan

Dari penjelasan diatas, gue menyimpulkan beberapa pengalaman samsat online nasional atau hal untuk yang ingin menggunakan aplikasi Samsat Online Nasional (Samolnas). Aplikasi ini membantu kita untuk melakukan proses pembayaran darimana saja, dan kapan saja. Karena, bukti pembayaran dapat ditukarkan dengan SKPD asli maksimal 30 hari setelahnya. Jadi, kalian bisa tenang dan tidak perlu khawatir telat bayar pajak.

Kedua, ada loket tersendiri untuk melakukan proses e-samsat atau ketika menggunakan samsat online nasional ini. Proses atau pengalaman samsat online dalam hal pengesahan dan pencetakan SKPD tidak lebih dari 10 menit (pengalaman gue kemarin), di kantor samsat Jakarta Timur. Ketiga, kalian tidak perlu antri berlama-lama untuk sekedar membayar pajak. Bagi sebagian orang, lebih baik menggunakan samsat drive-thru dibanding aplikasi karena sama saja prosesnya, yang membedakan hanya cukup bertahan untuk menunggu antrian atau tidak.

Pengalaman samsat online gue pribadi, datang ke samsat drive-thru yang lebih gue pilih daripada menggunakan aplikasi Samsat Online Nasional ini. Toh, sama saja harus datang ke kantor juga meskipun sudah mendapatkan file via aplikasi. Sekarang, terserah kalian ingin menggunakan yang mana. Ada yang mau berbagi pengalaman juga menggunakan aplikasi Samolnas atau Samsat online nasional?

2 Replies to “Pengalaman Menggunakan Samsat Online Nasional (SAMOLNAS), Terbantu?”

  1. Sayang Samsat Online Nasional belum ada versi iOS. Jadi kita yg menggunakan iOS masih harus ke kantor Samsat. Tp alhamdulillah di daerah kami masih terbatukan dgn adanya Mobil Samsat Keliling.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *