Cara Bayar Pajak Motor Secara Online? Ini Cara dan Syaratnya!

Cara Bayar Pajak Motor Online

Banyak para pengendara motor khususnya di Jakarta dan kota besar lainnya, masih bingung bagaimana cara bayar pajak motor secara online. Bahkan, masih cukup banyak para pengendara yang data ke kantor samsat daerahnya masing-masing untuk memnbaya pajak secara drive-thru. Pada masa pandemi covid-19 seperti ini, beberapa kantor samsat untuk melakukan pembayaran pajak motor secara online.

Untuk kalian yang berada di Jakarta, seperti yang gue sebutkan diatas masih cukup sering untuk membayar pajak motor secara offline yang kalian bisa datangi beberapa tempat seperti: 

  1. Kantor Samsat Induk
  2. Gerai Samsat
  3. Mobil Samsat Keliling

Bayar pajak motor seperti diatas, kalian bisa memilih apakah ingin datang ke dalam kantor tersebut atau membayar pajak secara drive-thru. Namun, untuk pembayaran pajak motor secara offline yang gue sebutkan diatas, kalian harus menyiapkan beberapa file sebagai syarat bayar pajak motor baik di kota Jakarta, Bandung dan kota lainnya. Berikut ini syarat bayar pajak motor offline/online:

  1. STNK asli. Namun, dibeberapa tempat biasanya membutkan fotokopi dari dokumen tersebut.
  2. KTP pemilik kendaraan asli yang sesuai di STNK, siapkan juga fotokopi. Siapa tahu dibutuhkan.
  3. BPKB asli. Apabila alamat yang terdapat dalam BPKB berbeda dengan KTP kalian, biasanya akan disuruh untuk mengurus terlebih dahulu untuk menyamakan alamat kalian.
  4. Apabila kalian mengkuasakan untuk bayar pajak motor kalian, siapkan surat kuasa yang dilampirkan dengan materai dan KTP penerima.

Cara Mengurus STNK Motor Hilang

Pertanyaannya, bagaimana kalian membayar pajak apabila STNK motor hilang? Sedangkan syarat pembayaran pajak harus menggunakan STNK yang asli untuk motor kalian. Berikut ini syarat mengurus STNK motor hilang sebelum membayar pajak:

  1. Cek Fisik Kendaraan. Hal pertama yang kalian lakukan sebagai syarat mengurus STNK hilang di Jakarta adalah dengan datang ke kantor samsat untuk melakukan pengecekan fisik kendaraan bermotor kalian. Setelah itu, simpan dan fotokopi hasil cek fisik kendaraan kalian tadi.
  2. Isi Formulir Pendaftaran. Setelah kalian mengurus dan selesai dengan cek fisik, silahkan kalian isi formulir untuk mendaftarkan proses STNK motor hilang.
  3. Mengurus Cek Blokir. Setelah mendaftar, kalian harus mengurus surat keterangan STNK hilang dari samsat. Biasanya, ini akan berisi keterangan mengenai keabsahan STNK terkait.
  4. Mengurus pembuatan STNK baru dengan melampirkan semua persyaratan data dan surat kehilangan.
  5. Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor.
  6. Membayar Biaya Pembuatan STNK baru.
  7. Pengambilan STNK dan SKPD (Surat Ketetapan Pajak Daerah).

Setelah hal tersebut kalian lakukan, silahkan tunggu dan kalian akan mendapatkan STNK yang asli untuk kemudian digunakan untuk bayar pajak motor di Jakarta baik secara online ataupun offline.

Cara Bayar Pajak Motor Online

Cara Bayar Pajak Motor Online

Namun, untuk saat ini kalian bisa bayar pajak secara online untuk mempermudah prosesnya. Untuk kalian yang masih bingung untuk bayar pajak motor secara online, kalian bisa ikut langkah dibawah ini untuk mengetahui cara membayar pajak online di Jakarta:

  1. Download Aplikasi Samolnas. Hal pertama yang kalian lakukan adalah menuju ke play store kalian masing-masing untuk mendapatkan aplikasi samolnas ini.
  2. Lakukan Proses Pendaftaran. Pada sesi pendaftaran pembayaran pajak motor di samolnas, ada beberapa kolom yang harus kalian isi. Nomor polisi motor kalian, NIK dan 5 digit terakhir nomor rangka motor kalian. Setelah terisi, silahkan kalian klik lanjutkan.
  3. Bayar Pajak Online. Setelah mengisi data tersebut, data kalian akan diproses terlebih dahulu sebelum nantinya akan muncul data pajak kendaraan bermotor kalian dan muncul kode bayar pada beberapa ATM seperti BNI, BCA, BRI dll. Kalian bisa baca disini untuk cara bayar pajak melalui ATM tersebut.
  4. Pengesahan TBPKB/SKPD. Setelah kalian melakukan pembayaran pajak motor di ATM, kalian akan mendapatkan e-TBPKB dan pengesahan STNK yang akan dikirimkan sesuai dengan alamat yang tertera pada STNK kalian. Silahkan ditunggu saja.

Namun, untuk kalian yang masih ragu untuk menggunakan aplikasi samolnas ini. Kalian bisa baca terlebih dahulu pengalaman gue ketika menggunakan aplikasi samolnas ini. Jadi, kalian bisa tahu seberapa cepat dan seberapa terbantu ketika kalian menggunakan aplikasi ini untuk bayar pajak motor kalian saat ini.


ARTIKEL MENARIK LAINNYA