Rumus IF Excel: Tunggal, Bertingkat dan Lanjutan Beserta Contohnya

Rumus IF Excel

Banyak yang bingung bagaimana cara menggunakan rumus IF excel ketika dihadapkan dengan logika. Apakah IF Tunggal, IF ganda atau seperti apa? Sebenarnya kalau kalian paham bagaimana logika pemrograman, tentu untuk menuliskan formula pada cell excel sangat mudah. Kita hanya perlu mengikuti struktur penulisannya saja.

Memang cukup berbeda struktur penulisan rumus IF itu sendiri pada microsoft excel. Hal yang membuat bingung adalah penggunaan tanda “;” dan “,” karena itu semua tergantung dengan format bawaan dari laptop atau komputer kalian sendiri.

Contoh Rumus IF Excel Tunggal, Bertingkat dan Lanjutan

Sekarang, gue mau kasih tahu beberapa contoh rumus IF dan penggunaan dari rumus IF tunggal, IF ganda dan juga tingkat lanjutannya.

Contoh Rumus IF Tunggal Pada Excel

Contoh Rumus IF Tunggal Pada Excel

Sesuai dengan namanya, IF tunggal. Itu berarti hanya ada 1 kondisi yang dinyatakan benar atau salah. Contoh rumus IF diatas dengan kondisi yang terjadi adalah JIKA nilai lebih dari 50, MAKA status yang dihasilkan adalah LULUS. JIKA tidak lebih dari 50 (dibawah 50) MAKA status yang dihasilkan adalah TIDAK LULUS. Seperti yang sudah gue sebutkan di artikel rumus excel dasar, syntax yang digunakan adalah seperti diatas.

Contoh Rumus IF Ganda Pada Excel

Contoh Rumus IF Ganda Pada Excel

Berbeda dengan IF tunggal, untuk penggunaan rumus excel if ganda atau rumus IF bertingkat ini harus memiliki 2 buah kondisi yang diuji coba. Pada gambar diatas, gue mencoba mengambil kondisi dimana, JIKA Nilai 1 lebih dari 60, MAKA kita akan cek Nilai 2 apakah lebih dari 60? JIKA tidak MAKA status akan terisi Gagal di Nilai 2. Jika Nilai 2 lebih dari 60, MAKA status akan terisi Lulus.

Perhatikan contoh rumus excel if ganda yang ada diatas baris ke-2, tetap berpatokan dengan formula yang sama yaitu JIKA [kondisi], [Nilai yang benar], [Nilai yang salah]. Maka, jika pada kondisi pertama tidak terpenuhi makan akan terisi Gagal di Nilai 1.

Contoh Rumus IF Lanjutan Pada Excel

Untuk rumus IF lanjutan ini, biasanya berisi penggabungan antara logika IF dengan logika OR atau AND. Bisa juga digabungkan dengan Vlookup atau Hlookup. Seperti apa contohnya?

Contoh Rumus IF Lanjutan Pada Excel

Gambar diatas adalah contoh rumus IF excel lanjutan, dengan menggabungkan logika IF dengan logika AND. Dimana kondisinya adalah JIKA nilai 1 = 60 DAN nilai 2 = 60, MAKA status akan terisi Lulus. JIKA salah satu nilai ada yang dibawah 60, MAKA status akan terisi gagal. Bagaimana logika bekerjanya dari rumus IF lanjutan diatas?

Untuk tingkat lanjutan, penggunaan dengan logika AND. Kolom pertama dan kedua HARUS terpenuhi untuk mendapatkan hasilnya. Jika salah satu tidak terpenuhi maka hasilnya akan menjadi salah. Berbeda dengan logika OR. Jika salah satu kolom memenuhi syarat, makan hasilnya akan menjadi benar. Bagaimana? Sampai disini pusing? Semoga sih kalian bisa mengikuti apa yang gue ajarkan ya.

Memang penggunaan rumus IF excel ini cukup membingungkan, kalian harus membaca kondisinya terlebih dahulu baru kalian bisa memutuskan untuk menggunakan rumus IF yang seperti apa. Jika sudah tahu kondisinya, kalian akan dengan mudah memilih untuk menggunakan rumus if seperti apa. Kalau ada yang mau ditanyakan masalah rumus IF excel yang gue jelaskan diatas, silahkan ditanyakan ya.


ARTIKEL MENARIK LAINNYA