Review KZ ZS3: Kelebihan dan Kekurangan Knowledge Zenith (KZ) ZS3

Review KZ ZS3 Indonesia

Bagaimana review KZ ZS3 yang gue beli dengan harga terjangkau selama gue pakai? Apa saja kelebihan dan kekurangan Knowledge Zenith ZS3 ini? Pasti kalian mau tahu bukan? Karena gue pernah menyebut earphone jenis ini ketika gue memberikan tips memilih earphone beberapa waktu yang lalu. Sekarang, mari gue bahas secara detail disini.

Earphone KZ ZS3 ini terbilang cukup ramah dikantong, namun untuk beberapa orang ketika melakuka review kz zs3 yang mereka punya cenderung membuat orang bingung apakah bagus atau tidak. Meskipun parameter tersebut tergantung siapa yang menggunakannya, begitupu juga dengan gue.

Review Knowledge Zenith (KZ) ZS3

Review KZ ZS3 Indonesia

Selama gue menggunakan earphone kz dengan tipe yang satu ini, gue cukup merasa nyaman. Meskipun pada awalnya cenderung tidak nyaman karena suara yang dihasilkan tidak memuaskan ditelinga gue, terutama bagian bass yang dihasilkan. Maklum, gue salah satu orang yang mengedepankan bass dibanding yang lain.

Setelah gue membaca mengenai earphone, ternyata untuk mengeluarkan suara yang sebenarnya ada tips dan triknya. Menyalakan lagu dengan cukup lama dengan suara bass, treble dll. Secara seimbang. Kalian bisa cek di youtube bagaimana earphone sound test dilakukan sesaat setelah membeli dan sebelum digunakan.

Review Table KZ ZS3

Gambar diatas adalah salah satu review KZ ZS3 yang gue temukan, apakah benar seperti itu? Untuk bagian harga, value dan kualitas suara yang dihasilkan untuk telinga gue secara pribadi gue cukup setuju. Bahkan, sejak awal gue punya sampai sekarang belum merasakan kekurangan untuk suara yang dihasilkan dengan harga yang terjangkau.

Kelebihan Knowledge Zenith (KZ) ZS3

Mari kita bahas secara satu per satu apa saja kelebihan dan kekurangan earphone Knowledge Zenith (KZ) ZS3 ini.

Fitting Earphone Pas

Salah satu kelebihan KZ ZS3 yang gue rasakan adalah tingkat kenyamanan yang gue rasakan ketika menggunakan earphone ini. Semua kuping gue terasa penuh dan tidak ada goncangan sama sekali ketika menggunakannya. Dengan kata lain, fitting earphone dari produk Knowledge Zenith KZ ZS3 sangat cocok baik desain dan beratnya tidak membuat gue terganggu sama sekali.

Nyaman Digunakan Jangka Lama

Banyak yang berkata, produk KZ yang ada di pasaran membuat telinga tidak nyaman ketika digunakan dalam jangka waktu yang cukup lama. Ketika gue membuktikannya sendiri, ternyata masih nyaman kok untuk digunakan. Baik dari sisi suara yang gue dengarkan sampai sakit/tidak ketika berlama-lama kuping gue menggunakan produk KZ, khususnya KZ ZS3.

Teknologi Detachable

Ini bagian yang gue suka, detachable alias gue bisa copot earphone dari kabelnya. Kenapa? Kebanyakan earphone yang ada cukup sering mengalami kerusakan pada kabelnya saja. Padahal, bagian earphone tidak ada kerusakan sama sekali. Ketika menggunakan tipe yang bisa dicopot, ketika ada kerusakan pada kabel earphone kalian cukup mengganti kabelnya saja dengan harga yang tentu cukup murah.

Umur Earphone Awet

Sebenarnya faktor satu ini memiliki kaitan dengan detachable. Dalam hal ini, detachable memberikan pengalaman mendengarkan musik yang berbeda. Di satu sisi juga earphone akan menjadi awet karena kerusakan hanya akan terjadi bila unit mengalami masalah. Bila kamu salah satu yang ceroboh dalam menyimpan barang, mungkin harus hati-hati ketika menyimpan barang kecil yang satu ini.

Harga Murah dan Terjangkau

Kalau ini gak perlu ditanyalah ya, karena harganya terbilang murah sekitar Rp. 200.000 kalian sudah bisa mendapatkannya. Part lain seperti bluetooth cable yang bisa digunakan kurang lebih harganya sama. Tapi, ada perbedaan sedikit ketika gue membeli kabel biasa dan bluetooth yaitu suara bass lebih keluar ketika menggunakan kabel bluetooth. Tapi, dengan harga segitu cukup lah buat telinga gue.

Kekurangan Knowledge Zenith (KZ) ZS3

Tidak adil rasanya kalau gue gak ngebahas masalah kekurangan KZ ZS3 yang gue punya. Apa saja sih? Gue akan ambil secara umum agar kalian bisa punya pandangan sendiri.

Material Tidak Mewah

Dari sisi material atau bahan yang digunakan, memang terkesan tidak cukup mewah. Tapi, kalian bisa mengakali dengan membeli produk KZ ZS3 yang berwarna hitam. Kenapa? Seperti kalian lihat sendiri, material yang tidak begitu terlihat mewah tapi bisa menampilkan kesan minimalis dan cukup gagah ketika kalian memilih warna yang tepat.

Sound Stage Biasa

Review KZ ZS3 buat sound stage yang bisa gue rasakan, ya biasa aja. Tapi, untuk penggunaan harian seperti yang gue lakukan sudah bisa terbilang cukup. Untuk merasakan sound stage yang cukup baik, gue tidak menyarankan penggunaan earphone ini karena memang suara yang dihasilkan biasa saja.

Desain cable-over-earlobe tidak menarik/nyaman bagi semua orang

Buat beberapa orang, kabel yang digunakan tidak cukup menarik dan tidak nyaman saat digunakan. Namun, kalau bisa jujur gue lebih suka dengan kabel jenis seperti ini. Selain tidak mudah kusut, kabelnyapun masih bisa ditolerir kok.

Spesifikasi KZ ZS3

Review KZ ZS3

Biar semakin jelas setelah melihat review KZ ZS3 diatas, kalian pasti mau tahu bagaimana spesifikasi KZ ZS3 yang baru saja gue bahas. Silahkan dilihat dibawah ini ya.

  • Nama: Knowledge Zenith KZ ZS3
  • Berat: 18 gram (g)
  • Diameter: 8 milimeter (mm) (driver)
  • Jenis: Headset in-ear monitor (IEM)
  • Panjang Kabel: 1,2 meter (m)
  • Rentang Frekuensi: 20 Hz-20,000Hz
  • Sensitivitas: 106 desibel (dB) ± 3dB
  • Impedansi: 18 Ohm
  • Output: 20 mW (maksimal)
  • Tipe Plug: Jack audio 3.5mm
  • Ukuran Eartips: S, M atau L

Kesimpulan

Cukup jelas bahwa earphone KZ ZS3 memiliki ciri khas audio yang jelas hangat dan seimbang pada seluruh frekuensi. Bassnya yang punchy dan memadai meskipun tidak besar. Kalau dari sisi harga, masih cukup terjangkau dikantong kalian, kan? Ada yang mau menuliskan review KZ ZS3 berdasarkan pengalaman kalian juga?


ARTIKEL MENARIK LAINNYA