Gaya dan Gerak: Pengertian, Perbedaan, Contoh dan Pengaruhnya

Gaya dan Gerak

Pembahasa kalian ini akan seputar gaya dan gerak, yang merupakan salah satu materi kelas 4 SD. Mulai dari pengertiannya, perbedaannya, contoh dan pengaruhnya terhadap kegiatan apa yang kalian lakukan. Kenapa sih harus dibahas? Karena materi ini merupakan salah satu materi yang cukup berguna untuk kehidupan kita sehari-hari.

Ternyata Ini Lho Pengertiannya!

Gaya dan Gerak

“Mobil-mobilannya dipegangin, nanti jalan sendiri!” Pernah gak sih kalian dengar seperti itu? Hal tersebut termasuk gaya atau gerak? Apa hubungannya mobil-mobilan dengan gaya dan gerak? Apa sebenarnya membedakan keduanya?

Gaya adalah sebuah dorongan atau tarikan yang dapat menyebabkan sebuah benda bergerak. Seperti yang disebutkan pada Hukum Newton 1 yang berbunyi: “Apabila gaya yang diberikan 0 atau kurang gaya geseknya maka benda tidak dapat bergerak dan apabila diberikan gaya yang tetap, maka akan memiliki percepatan konstan “.

Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi gerak pada sebuah benda, diantaranya gaya grafitasi bumi, tarikan dan dorongan yang terjadi. Sedangkan gaya sendiri ada beberapa macam, yaitu gaya otot, gaya gesek, gaya magnet, gaya gravitasi dan gaya listrik.

Sedangkan gerak adalah sebuah perpindahan tempat, perubahan percepatan pada suatu benda dikarenakan adanya sebuah gaya. Sebuah benda dapat disebut bergerak jika terjadi sebuah perubahan kedudukan dari titik acuan. Gerak sendiri memiliki 3 jenis, dintaranya gerak lurus, gerak parabola dan gerak melingkar.

Biar Jelas, Ini Perbedaan Keduanya!

Setelah tahu arti dari masing-masing, lantas apa sih sebenarnya bedanya gaya dengan gerak itu? Berikut ini beberapa perbedaan gaya dan gerak yang harus kalian ketahui dari kelas 4 SD:

  • Gaya adalah sebuah kekuatan yang mengakibatkan benda yang dikenainya dapat mengalami beberapa perubahan kedudukan atau perubahan bentuk. Sedangkan gerak adalah perpindahan kedudukan atau posisi suatu benda baik itu mendekati atau menjauhi tempat asal akibat benda saat terkena gaya.
  • Gaya merupakan sesuatu yang bersifat abstrak, karena dapat dirasakan oleh indera yang berupa sebuah akibat yang ditimbulkan. Sedangkan gaya merupakan realisasi dari sebuah gaya.
  • Gaya tidak perlu dipengaruhi oleh sebuah gerak. Sedangkan gerak dipengaruhi oleh sebuah gaya. Dengan kata lain, gaya mempengaruhi sebuah benda yang bergerak, sedangkan gerak tidak.
  • Gaya dapat membuat sebuah benda bergerak, sedangkan gerak tidak.
  • Gaya dapat membuat benda bergerak, sedangkan benda yang bergerak belum tentu memiliki gaya

Berikut Ini Contohnya!

Setelah tahu lebih lengkap mengenai gaya dan juga gerak, tentu kalian akan bertanya seperti apa sih contoh dari gaya dan gerak itu? Dibawah ini adalah beberapa contoh yang bisa kalian ketahui dan mudah dipahami:

  • Contoh Gaya: Membuka pintu, Mendorong mobil-mobilan, Memukul bola.
  • Contoh Gerak: Bermain panahan, bermain ketapel, Olahraga, Mengayuh sepeda.

Seperti yang dibilang diatas, gerak dipengaruhi oleh gaya. Sedangkan gaya sendiri terdiri dari beberapa macam. Contoh gaya dan gerak diatas yang gue berikan dikarenakan oleh beberapa gaya, yaitu gaya pegas dan gaya otot. 

Hubungan Antara Gaya dan Gerak

Lalu, sebenarnya apa hubungan diantara keduanya? Adanya sebuah gaya pada suatu benda, akan menyebabkan sebuah benda akan bergerak dari keadaan diam. Dengan kata lain, benda tersebut akan mengalami sebuah percepatan atau perlambatan pada benda tersebut. Benda yang memiliki gaya bekerja, akan terjadi dua kemungkinan yaitu:

  1. Bergerak dari kondisi diam.
  2. Mengalami percepatan/perlambatan. Benda tersebut akan mengalami percepatan atau perlambatan (dilambangkan dengan a) sehingga akan menyebabkan perubahan kecepatan (dilambangkan dengan v) benda yang bergerak.

Sehingga dari kedua hubungan gaya dengan gerak diatas, ada yang namanya Hukum Newton II. Dimana, hukum ini dapat ditulis menjadi sebuah rumus yaitu:

F = m. a

Sehingga:

a = F/m

Dengan keterangan:

  • F adalah sebuah gaya yang bekerja (dalam satuan Newton)
  • m adalah massa benda (dalam satuan kg)
  • a adalah percepatan atau perlambatan benda (dalam satuan m/s²)

Pengaruh Gaya Terhadap Gerak Suatu Benda

Ada 4 pengaruh gaya pada gerak sebuah benda, diantaranya:

  1. Mengubah arah gerak benda. Contoh paling mudah adalah jika pada awalnya bola mengarah ke utara dan kita tendang ke arah timur, maka bola tersebut akan mengarah ke arah timur.
  2. Menyebabkan benda diam menjadi bergerak. Apabila sebuah bola yang sedang diam kita tendang. Bola tersebut akan menjadi bergerak.
  3. Menyebabkan benda bergerak menjadi diam. Sebuah bola yang sedang bergerak menggelinding kemudian kita injak, bola tersebut akan menjadi diam.
  4. Mengubah kecepatan gerak benda. Gaya yang mengurangi kecepatan sebuah benda dan tendangan yang dapat menambah kecepatan gerak bola adalah gaya gesek.

Semoga penjelasan mengenai hal yang gue berikan diatas cukup lengkap untuk kalian pelajari. Kalau masih ada beberapa hal yang kurang mengenai gaya dan gerak, silahkan kalian tambahkan dalam kolom komentar dibawah ya.