Menghilangkan Karat Pada Peralatan Makan

Menghilangkan Karat Pada Peralatan Makan

Karat tak hanya timbul pada besi tua yang sudah lama tidak terpakai tetapi pada perabotan makan, bagaimana cara menghilangkan karat pada peralatan makan ini? Karat yang timbul pada penggunaan peralatan makan disebabkan oleh beberapa sebab. Misalnya jarang dipakai, salah mencuci maupun salah menyimpan perabotan makan.

Cara Menghilangkan Karat Pada Peralatan Makan

Jika kalian memiliki peralatan makan yang berkarat, janganlah terburu-buru untuk membuangnya. Karena kalian bisa membersihkan peralatan yang berkarat ini dengan mudah. Berikut ini cara menghilangkan karat pada perlatan makanan yang bisa kalian lakukan:

Perasan lemon

Cara yang pertama adalah dengan menggunakan perasan jeruk lemon. Pertama, peras buah lemon dan letakkan pada sebuah mangkuk. Setelah cukup banyak, rendam peralatan makan anda di dalamnya selama beberapa saat atau hingga 30 menit. Jika sudah 30 menit, angkat dan cuci dengan air bersih. Jangan lupa untuk mencucinya dengan sabun pencuci piring yang mengandung anti bakteri agar bakteri yang menempel ikut terangkat.

Cat Pemoles Logam

Cara yang kedua juga mudah karena hanya menggunakan cat pemoles logam. Anda bisa mendapatkan cat jenis ini pada toko bahan bangunan di sekitar rumah anda. Pertama, oles alat makan anda yang berkarat dengan cat ini. Setelah itu biarkan kering dan jika sudah kering gosok menggunakan kain bersih. Setelah itu cuci dengan menggunakan air bersih. Agar lebih maksimal, cucilah menggunakan Sunlight Anti Bacteria agar bakteri yang menempel bisa menghilang dengan maksimal. Lalu keringkan dengan lap dan simpan ditempat yang kering dan tidak lembab.

Cuka

Cuka putih adalah bahan yang efektif untuk menghilangkan karat dari benda berbahan logam. Anda dapat menggunakan cuka putih untuk menghilangkan karat secara permanen. Cara menghilangkan karat juga cukup mudah.

Baking Soda

Baking soda bekerja dengan baik pada benda-benda dengan karat ringan atau yang terbuat dari logam tipis. Caranya adalah dengan mencampurkan air dan baking soda hingga membentuk pasta kental dan oleskan pada benda berkarat tersebut.

Sabun Pencuci Piring dan Kentang

Untuk logam polos tanpa relief atau motif, Anda dapat menggunakan sabun cuci piring dan kentang biasa untuk menghilangkan karat. Kentang mengandung asam oksalat, yang membantu memecah karat. Trik kentang ini sangat berguna dan tidak beracun. Anda dapat menggunakannya untuk menghilangkan karat dari loyang, pisau, dan peralatan rumah tangga lainnya. Iris kentang menjadi dua dan tutupi bagian yang dipotong dengan sabun cuci piring.

Sampai disini, kalian sudah paham dong bagaimana caranya untuk menghilangkan karat pada besi yang ada diperlatan makan kalian? Kalau ada yang kurang, silahkan tulis dikolom komentar ya bagaimana cara kalian untuk menghilangkan karat pada perlatan makan kalian.