Cara Membersihkan Karat Motor Dengan Bahan Seadanya

membersihkan karat motor

Bagi para pengendara roda dua, membersihkan karat motor tentu menjadi salah satu agenda rutin yang harus diperhatikan. Bagian yang cukup sering terkena percikan air atau tidak kering saat mencuci, cukup berpotensi menimbulkan karat pada bagian besinya. Padahal, karat adalah salah satu penyebab yang merusak bagian kendaraan kalian.

Pada dasarnya, cukup banyak dijual dipasaran beberapa cairan untuk menghilangkan karat motor ini. Namun bagi sebagian orang masih bingung untuk mendapatkannya. Berikut ini beberapa cara membersihkan karat pada besi yang muncul pada motor dengan barang seadanya dirumah kalian.

Cara Membersihkan Karat Motor Dengan Mudah

membersihkan karat motor

Sebelum kalian tahu bagaimana cara untuk menghilangkan atau membersihkan karat pada motor, kalian harus tahu bagian mana saja yang sering terdapat karat, yaitu tangki motor, knalpot motor, mesin motor, rantai dan jari-jari pada roda motor kalian. Berikut ini cara membersihkan karat motor yang bisa dilakukan:

Menggunakan Pasta Gigi

Cara pertama yang dilakukan untuk menghilangkan atau membersihkan karat adalah dengan menggunakan pasta gigi. Cara ini cukup mudah, kalian cukup mengoleskan pasta gigi tersebut ke bagian motor yang berkarat. Kemudian, gosok menggunakan lap dan kalian bersihkan dengan air.

Untuk menggunakan cara ini memang tidak bisa instan, kalian harus lakukan berulang-ulang sampai benar-benar karat pada motor kalian hilang. Cara ini ampuh untuk kalian yang tidak memiliki cairan pembersih karat di rumah.

Menggunakan Pertamax Plus

Membersihkan karat menggunakan pertamax atau pertamax plus biasanya dilakukan saat kalian melakukan servis motor kalian. Namun, hanya pada bagian besi tertentu saja yang dibersihkan. Misalnya pada bagian karburator, lengkap dengan baut yang terpasang.

Untuk menghilangkan karat pada bagian besi tertentu menggunakan pertamax plus ini caranya kalian harus mencampurkan solar dengan pertamax plus dengan perbandingan 1:2. Setelahnya, barulah kalian gosokan pada pagian motor yang berkarat.

Cara ini terbilang cukup ampuh untuk membersihkan bagian motor yang terkena karat, silahkan praktikan dengan menggunakan sikat gigi atau sikat kawat ya.

Menggunakan Oli Bekas

Kalau kalian habis mengganti oli motor kalian, jangan dibuang oli bekas yang kalian keluarkan dari motor kalian. Karena oli bekas bisa kalian manfaatkan untuk membersihkan karat pada bagian motor kalian, lho. Biasanya, bagian leher knalpot kalian akan cukup banyak karat dan hal ini bisa menyebabkan knalpot motor bocor. 

Cara menghilangkannya adalah kalian cukup oleskan oli secara merata pada bagian yang berkarat, nyalakan 1 sampai 2 menit, dengan bantuan panas dari mesin motor akan membantu proses pembersihan ini. Saat motor keluar asap, jangan panik karena ini lumrah terjadi apabila oli terkena panas.

Menggunakan Pembersih Keramik

Siapa sih sekarang yang gak punya pembersih keramik? Pasti kalian punya dong untuk membersihkan kamar mandi kalian. Salah satu cara menghilangkan karat pada besi motor adalah dengan menggunakan cairan pembersih keramik ini.

Caranya kalian cukup oleskan bagian yang berkarat, diamkan sebentar lalu kalian sikat dan berisihkan dengan air. Tetapi, apabila kalian menggunakan untuk membersihkan blok mesin, cairan ini tidak disarankan sama sekali ya. 

Menggunakan Gemuk atau Stempet

Cara terakhir adalah dengan menggunakan gemuk atau stempet. Gemuk sendiri adalah cairan yang memiliki tekstur seperti gel, kalau kalian pernah membongkar motor kalian pasti tahu sama yang satu ini. Karena fungsinya untuk melumasi bagian-bagian seperti rantai ataupun bearing roda kalian.

Biasanya, gemuk ini digunakan pada bagian motor yang tidak bisa dicat ulang. Selain itu, cara ini bisa membersihkan karat pada motor kalian juga. Umumnya, rangka motor yang sudah tidak bisa dicat akan menggunakan gemuk untuk membersihkan karatnya.

Cara Membersihkan Karat Motor Pada Tangki

Membersihkan Karat Motor Pada Tangki

Seperti yang gue bilang diatas, bagian-bagian motor yang sering berkarat kalian bisa menggunakan cara diatas. Bagaimana dengan tangki motor yang berkarat? Berikut ini cara membersihkan karat tangki motor atau menguras tangki motor yang berkarat:

Mengeluarkan Bensin yang Tersisa

Hal yang pertama sekali kalian lakukan untuk membersihkan karat tangki motor adalah harus mengeluarkan semua bensin yang ada pada tangki motor kalian. Kenapa? Karena pada proses selanjutnya kita akan melepas tangki besi motor tersebut. Apabila tidak dikuras atau keluarkan semua, bensin yang tersisa akan berantakan kemana-mana.

Cara membersihkan karat tangki motor paling gampang untuk mengeluarkan bensin dari tangki motor adalah dengan menyedot pada bagian selang bensin. Apabil sudah terasa ada pergerakan bensin yang mengarah keluar, siapkan wadah untuk menampungnya.

Melepas Tangki Bahan Bakar

Setelah bensin keluar semua dan tidak ada yang tersisa, barulah kita melepas tangki bahan bakar untuk dikuras. Siapkan lap yang memiliki daya serap cukup tinggi, hal ini sebagai antisipasi apabila ada tetesan bensin yang tersisa bisa langsung kalian bersihkan.

Jangan Menggunakan Air

Setelah terlepas, yang kalian lakukan adalah jangan menyiramkan tangki motor dengan air. Yang perlu kalian lakukan untuk membersihkan tangki motor agar karat tersebut hilang adalah dengan menggunakan bensin yang kalian keluarkan tadi.

Caranya cukup mudah kok, kalian tinggal masukan bensin sisa yang kalian keluarkan tadi ke dalam tangki motor, kemudian kalian kocok tangki tersebut. Lakukan hal ini berulang kali agar tangki menjadi bersih dari karat atau kotoran lainnya.

Menggunakan Asam Klorida

Cara membersihkan tangki motor berikutnya dengan menggunakan asam klorida atau HCL. Usahakan, kalian membersihkannya secara hati-hati. Kenapa? Karena sifat asam klorida ini cukup tinggi, apabila tangan kalian atau bagian tubuh terkena cairan ini akan menjadi gatal.

Apabila kalian ingin membersihkan karat pada tangki motor menggunakan asam klorida, setelah kalian masukan cairan ke dalam tangki motor ada baiknya kalian diamkan beberapa saat. Kemudian, kalian kocok tangkinya dan buang cairan tersebut. Lakukan cara ini berulang-ulang sampai benar-benar hilang atau bersih dari karat.

Gunakan Amplas (jika dibutuhkan)

Apabila terdapat karat pada bagian luar tangki motor kalian, silahkan kalian bersihkan cukup menggunakan amplas. Lakukan secara perlahan agar tidak terjadi kebocoran pada tangki motor kalian.

Amplas biasanya digunakan untuk membersihkan karat pada besi yang ada dibagian motor kalian. Bagian yang sering mengalami kebocoran saat melakukan proses pengamplasan ini adalah knalpot. Bagaimana ketika terjadi kebocoran knalpot ini? Baca artikel gue sebelumnya bagaimana cara menambal knalpot bocor.

Bersihkan dan Lap Permukaan Tangki

Setelah kalian amplas bagian yang terkena karat sampai bersih, barulah kalian lap dengan kain atau lap apapun yang kalian miliki. Jangan sampai tersisa bekas amplasan yang kalian lakukan tadi. Jangan sampai kotoran sisa amplas yang kalian lakukan masuk ke dalam tangki. Apabila ini terjadi, apa yang kalian lakukan dari awal akan sia-sia.

Cuci Dengan Bensin

Sekarang, waktunya membersihkan sisa kotoran yang ada didalam tangki. Jangan gunakan sisa bensin yang kalian gunakan tadi. Usahakan menggunakan bensin baru, tujuannya agar bagian dalam tidak tersumbat dengan kotoran yang terbawa. 

Perlu diingat, untuk membersihkan tangki motor bagian dalam ini gunakan bensin dengan oktan yang tinggi agar hasilnya lebih maksimal. Alasannya, bensin dengan oktan tinggi biasanya lebih bersih dan minim dari residu.

Keringkan, Pasang dan Masukan Bahan Bakar

Setelah proses tersebut selesai, keringkan bagian tangki motor dengan kompressor agar lebih kering maksimal. Kemudian silahkan kalian pasang kembali dan isikan bensin yang biasa kalian gunakan sehari-hari.

Cara membersihkan tangki motor karena karat ini biasa dilakukan pada hari libur, atau saat suasana sepi. Mengingat, proses yang cukup panjang dan memakan waktu. Hal ini lebih baik dilakukan agar tidak terjadi kebocoran pada tangki motor kalian karena karat.

Bagaimana dengan knalpot motor kalian? Akibat jika kalian tidak membersihkan knalpot yang berkarat, knalpot akan bocor karena karat. Solusinya? Kalian bisa lihat artikel lama gue untuk menambal knalpot bocor ini.

Bagaimana? Cukup lengkap bukan mengenai permasalahan karat motor ini? Kalau ada bagian yang terlewat terkait cara membersihkan karat motor, silahkan tuliskan dikolom komentar ya.


ARTIKEL MENARIK LAINNYA