aLdy PutRa

Blog informasi seputar Sulap, Magic & Magician, Games, Programming, Gadget, Smartphone, Tips dan Trik.


Ini Dia Cara Gue Mempercepat Loading Blog WordPress

, banyak yang bertanya bagaimana caranya mempercepat loading blog yang menggunakan CMS WordPress. Tapi, tidak sedikit pula yang berasumsi kecepatan loading website atau blog tidak menjadi masalah untuk mereka. Semuanya memang tergantung dari sudut pandang dari masing-masing pemilik website atau blog tersebut.

Karena gue salah satu blogger yang cukup peduli akan kecepatan loading blog yang gue gunakan, izinkan sedikit gue berbagicara meningkatkan page speed yang gue tahu dengan menggunakan beberapa plugin agar menjadi lebih ringan. Mulai dari plugins apa yang gue gunakan di blog ini, sampai bagaimana gue mengatur plugin tersebut agar mendapatkan hasil seperti dibawah ini.

Cara Meningkatkan Page Speed

Cara meningkatkan loading blog atau mempercepat page speed yang gue gunakan mungkin tidak lebih baik dari yang orang lain berikan, setidaknya kalian bisa tahu apa saja yang gue gunakan untuk mendapatkan page speed seperti gambar diatas.

Mengatur Cahce (Page, Browser, dll) Menggunakan W3 Total Cache

Plugins ini sebenarnya optional, karena beberapa hosting provider akan terasa berat dengan penggunaan plugins ini didalam servernya. Tapi, kalian bisa menggunakan plugins lain yang serupa terkait cache yang ingin kalian lakukan.

Sebenarnya, fungsi dari plugins ini adalah untuk mengatur cache terhadap website atau browser yang kalian gunakan nantinya. Mulai pengaturan gambar, javascript, cache, css sampai file lainnya ketika menggunakan suatu theme. Tapi, ada cara lain untuk mengakalinya yaitu dengan menambahkan beberapa kode kedalam .htaccess website atau blog kalian. Bagaimana caranya? Gue bahas diartikel selanjutnya, ya!

Mengoptimalkan Gambar Didalam Website atau Blog

Iya, ini hal yang cukup sering gue perhatikan. Mengapa? Karena, apabila gambar yang kita masukan kedalam website atau blog cukup besar, pengunjung yang datang kedalam website atau blog akan merasa cukup berat ketika membuka halaman website atau blog kita, dan menganggap kecepatan loading website atau blog cukup lambat.

Beberapa plugins bisa kalian gunakan, mulai dari WP Smush atau plugin serupa yang tersedia secara gratis, namun alangkah baiknya tetap memperhatikan ukuran gambar sebelum mengunggah kedalam sebuah artikel yang kita gunakan.

Tingkatkat Waktu Respon Blog atau Website

Untuk hal ini, semuanya tergantung keberadaan server yang kita gunakan. Apakah server berada di Indonesia, atau diluar negeri. Selain itu, ada beberapa hal yang mempengaruhi hal ini mulai dari mengoptimalkan database yang kita gunakan, sampai dengan ada berapa banyak script request terhadap sesuatu didalam website atau blog yang kita gunakan.

Sampai saat ini, gue sudah mendapatkan waktu terbaik untuk respon time dari server yang gunakan yaitu 0,46 detik dan itu terbilang cukup cepat buat gue. Karena, google menyarankan kecepatan loading website minimum adalah 1-2 detik.

Baca Juga  Kumpulan Plugin SEO WordPress

Selain ketiga cara diatas yang gue gunakan, ada beberapa tambahan untuk mempercepat loading blog yang menggunakan wordpress. Sampai saati ini, plugins yang gue gunakan untuk mendukung hal tersebut adalah Jetpack dan Juga Yoast SEO.

Mempercepat Loading Blog

Plugins Yoast SEO

Ini adalah plugins standar yang digunakan ketika pertama kali melakukan pemasangan CMS WordPress disetiap blog atau website yang ingin gue jalankan. Banyak juga plugins lain yang serupa, tapi akhirnya gue memutuskan hanya menggunakan yoast SEO.

Mengapa? Fitur yang diberikan oleh sang pembuat, meskipun gratis terbilang cukup banyak dan ramah terhadap cara penggunaannya. Mulai dari pemasanganBREADCRUMBsampai pengaturan meta descriptions, title dan tag terbilang mudah. Hanya saja, plugins yang satu ini cukup sering melakukan pembaharuan.

Jetpack For WordPress

Plugins ini sebenarnya cukup memberatkan server karena cukup banyak fitur yang berjalan. Tapi, menggunakan plugins ini adalah jalan keluar untuk tidak mengaktifkan gravatar image, dll. yang berhubungan dengan optimalisasi gambar yang ada didalam website kita. Lantas, apa sih kegunaan utama plugins ini?

Plugsin ini berguna untuk tampilan website atau blog kita lebih bermanfaat untuk pengunjung, mulai dari fitur artikel terkait yang ada didalamnya sampai dengan menghilangkan wordpress login bar setiap kita membuka website atau blog yang menggunakan CMS wordpress ini.

Beberapa plugins dan penjelasan diatas semoga bisa membantu teman-teman semuanya, tapi gue yakin ada yang masih bingung tentang pengaturan si W3 Total Cache atau plugins lainnya terkait untuk melakukan caching terhadap website atau blog kita. Gue akan bahas itu diartikel selanjutnya, semoga kalian mau menunggu ya. Atau, ada yang punya pengaturan terbaik versi kalian untuk,mempercepat loading blog!

4 thoughts on “Ini Dia Cara Gue Mempercepat Loading Blog WordPress

  1. wah PR banget nih buat saya yang baru belajar WP, saya udah beli hosting dan install WP, namun masih banyak plugin2 yang belum ngerti fungsinya, nah plugin2 diatas bisa jadi refrensi bagi saya supaya blog saya cepat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *