Mengenal SEO On Page dan Off Page

Mengenal SEO On Page dan Off Page

Berbicara mengenai SEO on page dan off page, tentu tidak terlepas dari dunia riset keyword dan cara mengecek backlink ketika melakukan ini. Untuk kalian yang bermain dengan dunia ini, tentu sudah tidak asing lagi dengan kata tersebut. Sebelum lebih jauh, bagiamana kalau kita mengenal terlebih dahulu apa sebenarnya SEO?

Pengertian SEO On Page dan OFF Page

Apa bedanya on page dan off page? SEO on page adalah segala bentuk teknik optimasi search engine yang dilakukan pada blog atau website yang dimaksud. Sedangkan SEO off page adalah segala bentuk teknik optimasi search engine yang di lakukan di luar blog atau website yang dimaksud.

Penggunaan SEO On Page Untuk Blog

Mengenal SEO On Page dan Off Page

Biar gak bingung, gue kasih sedikit deh contoh penggunaannya untuk kalian terapkan. Beberapa contoh penerapan SEO On page untuk blog atau website kalian, diantaranya:

  1. Penggunaan nama domain.
  2. Penulisan judul blog.
  3. Penulisa judul posting artikel.
  4. Penggunaan deskripsi blog.
  5. Penggunaan headings seperti H1, H2 H3 dan lain sebagainya.
  6. Penegasan kata tebal, miring, garis bawah, dan lain sebagainya.
  7. Internal linking. Memberikan link kepada artikel atau halaman yang ada didalam blog kita.
  8. Memepercepat waktu akses blog.
  9. Penggunakan tag alt pada setiap gambar

Untuk penggunaan nomor 1 sampai dengan 4, bisa kalian gunakan saat pertama kali membuat blog, baik itu dengan wordpress ataupun blogspot. Untuk nomor 5 sampai dengan 7 adalah hal teknis ketika kalian menuliskan sebuah artikel, termasuk untuk nomor 9. Sedangkan nomor 8 kalian bisa gunakan sesuai selera dan budget kalian.

Setelah menggunakan hosting yang kalian beli, dan terpasang pada blog kalian. Tinggal kalian lakukan pengecekan kecepatan website. Untuk cara cek kecepatan website, sudah banyak yang memberikan caranya. Termasuk, di blog sederhana ini karena termasuk dalam salah satu teknik optimasi seo yang cukup dasar.

Bagaimana Cara Kerja SEO On Page Ini?

Kalau sudah membahas masalah bagaimana cara kerja SEO On page ini, berarti kita harus tahu untuk saat ini mesin pencari google menginginkan yang seperti apa. Apakah tingkat bounce rate yang rendah, lama pengunjung berada dalam suatu artikel, atau hal lainnya. Karena, itu berpengaruh terhadap tingkat kepercayaan robot mesin pencari terhadap blog atau website kalian. 

Sebenarnya, apa sih yang google inginkan? Sudah pasti, apa yang kalian tulis mulai dari judul, deskripsi dan lainnya relevan satu sama lain. Selain itu, mesin pencari google menginginkan situs yang kecepatan website tersebut cukup cepat. Apabila waktu tunggu yang terlalu lama, itu akan menyebabkan beberapa kerugian tersendiri, khususnya bounce rate yang tinggi dan ini membuat blog atau website kalian berada dihalaman kedua mungkin ketiga.

Bagiamana untuk cek kecepatan website atau blog kalian? Ada beberapa website yang gue gunakan sampai saat ini, yaitu:

  1. Google Page Speed,
  2. GTMetrix, dan
  3. Pingdom.

Ketiga website tersebut menjadi acuan gue untuk melaukan optimasi terhadap blog ini. Karena ini menggunakan wordpress, ada beberapa plugin yang gue gunakan. Kalian bisa baca plugin saat pertama kali instalasi wordpress. Untuk plugin SEO yang gue gunakan, kalian juga bisa diartikel gue sebelumnya yang sudah gue tuliskan.

Penggunaan SEO Off Page Untuk Blog

Beberapa cara diatas bisa kalian gunakan untuk SEO on page kalian. Sedangkan beberapa contoh penggunaan SEO off page untuk blog kalian, bisa seperti dibawah ini:

  1. Memberikan backlink dari website atau blog lain.
  2. Submit site map ke webmaster tools
  3. Ping

Backlink adalah tautan dari blog atau website lain ke blog atau website kalian. Sebuah backlink diibaratkan adalah sebuah rekomendasi, semakin banyak yang merekomendasikan maka blog anda akan lebih mendapatkan perhatian dari search engine. Namun, untuk saat ini sepertinya kurang begitu dipertimbangkan oleh google untuk dilakukan saat melakukan optimas seo.

Dalam konteks ini, search engine pun melihat backlink bukan hanya dari segi jumlah, namun dari segi kualitas link tersebut. Semakin banyak mendapatkan link dari website yang berkualitas maka blog atau website kalian akan semakin di prioritaskan oleh Search Engine.

Selain itu, kalia juga membutuhkan yang namanya sitemap untuk blog kalian. Beberapa sudah pernah gue tuliskan untuk plugin didalam wordpress. Kalian bisa baca sendiri untuk lebih detail mengenai hal ini ya. Mungkin sekian dulu informasi sederhana saya ini,semoga tidak ada kesalahan dalam segala penjelasan yang saya berikan diatas.

Semoga, sampai disini kalian bisa mengikuti alurnya dan memahami apa yang gue berikan untuk kalian semua. Harapan gue, kalian bisa jauh lebih mengenal SEO on page dan off page untuk kalian gunakan di blog kalian tentunya.

6 Replies to “Mengenal SEO On Page dan Off Page”

  1. Menjadi budak google emang menyusahkan. Membuat kita tdk menjadi diri sendiri, selalu dibawah bayang2 aturan sang penguasa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *