Perbedaan Ban FDR Sport XR dengan Sport XR Evo, Kalian Harus Tahu!

Perbedaan FDR Sport XR dan Sport XR Evo

Untuk kalian pecinta ban FDR baik untuk harian ataupun ban FDR Sport, kalian seharusnya sudah tahu salah satu produk yang bernaman FDR Sport XR dan juga Sport XR Evo. Tapi, apakah kalian sudah tahu apa saja perbedaan ban FDR Sport XR dengan Sport XR Evo itu sendiri? Artikel ini akan membahasnya untuk kalian semua agar tidak salah sebelum membelinya.

3 Perbedaan FDR Sport XR dan Sport XR Evo

Perbedaan FDR Sport XR dan Sport XR Evo

Untuk kalian yang ingin mencari ban balap yang bisa digunakan untuk harian, kalian bisa mencoba FDR Sport MP76 seperti yang sudah gue bahas di beberapa artikel terakhir gue. Tetapi, ban FDR sport versi lainnya juga bisa kalian gunakan untuk harian. Salah satunya adalah FDR Sport XR dan Sport XR Evo.

Berikut ini beberapa perbedaan ban FDR Sport XR dengan Sport XR Evo yang harus kalian ketahui:

Kegunaan Ban

Sebagai salah satu hal yang menjadi perbedaan ban FDR Sport XR dengan Sport XR Evo adalah kegunaan dari ban tersebut. Pada dasarnya, pihak FDR mengeluarkan versi ban ini tentu digunakan untuk peruntukan yang berbeda.

FDR Sport XR biasanya digunakan untuk kegiatan balap road race, sedangkan FDR Sport XR Evo adalah versi yang bisa kalian gunakan untuk harian. Tentu, kalian akan merasakan beberapa perbedaan saat menggunakan FDR Sport XR untuk harian kalian.

Compound Ban

Seperti yang gue bilang diatas, kalian akan merasakan perbedaan ban FDR Sport XR dengan Sport XR Evo yang cukup signifikan dari kedua ban ini. Kenapa? Karena, pada ban FDR Sport XR jenis compound yang digunakan adalah jenis soft compound kerena memang digunakan untuk kegiatan balap road race.

Sedangkan pada ban FDR Sport XR Evo, dikarenakan untuk kegiatan kendaraan bermotor harian kalian. Jenis compound yang digunakan adalah jenis reguler, yang dimana akan lebih hemat saat kalian gunakan untuk berkendara harian.

Perbedaan Jenis Compound Ban Motor

Untuk kalian yang masih bingung, kenapa dari tadi gue bilang soft compound secara terus menerus. Mungkin kalian belum tahu perbedaan jenis compound ban motor yang bisa kalian gunakan. Berikut ini beberapa jenis compound ban motor:

  1. Soft compound. Jenis compound ban motor yang pertama adalah soft. Jenis ini memiliki bahan karet yang lebih lembut dibandingkan medium atau hard compound. Tetapi, jenis ini biasanya memiliki masa pakai yang lebih cepat dibandingkan dengan dua lainnya. Hal ini dikarenakan, ban jenis ini memiliki daya cengkram yang cukup baik
  2. Medium compound. Jenis compound ban ini biasanya banyak digunakan untuk jenis motor harian. Hal ini dikarenakan grip yang ada pada ban tersebut lebih dari cukup untuk digunakan pada kondisi harian dan juga memiliki masa pakai yang cukup lama.
  3. Hard compound. Jenis compound ban yang terakhir terbilang memiliki masa pakai yang lama karena ban tidak cepat aus. Tetapi, jika terjadi penurunan suhu yang cukup drastis saat kondisi jalan kering menuju jalan basah atau sebaliknya. Ban ini akan mudah kehilangan daya cengkramnya.

Ukuran Ban

Perbedaan ban FDR Sport XR dengan Sport XR Evo yang terakhir adalah ukuran ban yang disediakan oleh pihak FDR sendiri. Berikut ini beberapa ukuran ban FDR sport yang tersedia untuk kalian gunakan sebelum kalian beli:

Ukuran Ban FDR Sport XR

Untuk kalian yang ingin menggunakan ban soft compund untuk harian kalian, berikut ini ukuran yang tersedia apabila kalian ingin membeli FDR Sport XR:

  1. 90/80-14
  2. 90/80-17
  3. 100/70-17
  4. 120/70-17

Ukuran Ban FDR Sport XR Evo

Sedangkan apabila kalian ingin menggunakan ban FDR biasa yang memang peruntukannya untuk motor harian, berikut beberapa ukuran FDR Sport XR Evo yang bisa kalian gunakan:

  1. 80/80-14
  2. 90/80-14
  3. 100/80-14
  4. 110/80-14
  5. 120/70-14
  6. 140/70-14
  7. 80/80-17
  8. 90/80-17
  9. 100/80-17
  10. 110/70-17
  11. 130/70-17
  12. 100/80-18
  13. 120/80-18

Dari perbedaan ban yang gue sebutkan diatas, tentu kalian harusnya sudah tahu apabila gue memberikan informasi terkait soft compound, baik untuk digunakan pada jalan basah atau kering, itu biasanya ban tersebut termasuk ban tubeless yang terbilang harganya cukup menguras kocek kalian nantinya.

Sebenarnya, apa sih keuntungan mengganti ban harian dengan ban balap itu sendiri? Selain untuk modifikasi tampilan motor kalian, ini akan membuat kalian semakin nyaman dan aman saat berkendara. Namun, balik lagi untuk pemilihan penggunakan jenis compound kalian bisa atur sesuai dengan yang kalian inginkan. Sampai disini, semoga kalian sudah tahu ya apa saja yang membedakan ban FDR sport yang satu ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *