Suka Touring? Ini Rekomendasi Box Motor Yang Pemasangannya Mudah!

GIVI E450 SIMPLY II

Aktivitas touring memang tidak membatasi jenis motor yang digunakan, namun banyak yang mencari rekomendasi box motor untuk dipasang saat melakukannya. Mulai dari motor bebek sampai jenis motor sports ada juga yang menggunakan side box ataupun rear box yang berukuran 20 liter sampai 35 liter. Tapi, seberapa penting sih box motor tersebut?

Box motor sendiri seperti yang gue bilang sebelumnya, memiliki beberapa macam jenis yang biasa terpasang pada motor kalian, side box dan juga rear box. Beberapa orang lebih memilih jenis rear box dibandingkan side box, tetapi ada juga yang memilih untuk memasang keduanya dengan mengkombinasikan ukuran 20 liter dan lainnya.

Cara Memilih Box Motor Yang Sesuai

Memilih Box Motor

Pertanyaannya, setelah cukup banyak beredar toko peralatan motor yang menjual motor box ini. Bagaimana cara memilih box motor yang sesuai dengan kebutuhan kalian? Berikut ini tips memilih box motor yang sesuai dengan kebutuhan kalian:

Pilih Ukuran dan Kapasitas Box

Untuk memilih motor box yang sesuai dengan keperluan kalian yang pertama adalah dengan milihat ukuran box motor yang akan kalian gunakan. Ada beberapa ukuran box yang biasa digunakan, ukuran 311x375x340 yang muat 1 helm motor half face. Ada juga yang lebih besar, 325x415x555 yang bisa memuat 2 helm full face, dan masih ada beberapa lainnya.

Selain memilih ukuran box motor yang bisa kalian gunakan, perlu diperhatikan bagaimana dengan kapasitas box motor itu sendiri. Biasanya, menggunakan hitungan liter. Ada yang memiliki kapasitas 20 liter, 30 liter dan sebagainya. Tetapi, perlu kalian sesuaikan juga dengan jenis motor yang akan kalian gunakan untuk harian atau touring.

Menggunakan box motor yang terlalu besar dan kalian belum terbiasa bukan membuat kita lebih mudah saat touring menggunakan motor bebek ataupun sports. Bisa saja, kalian masih bingung perhitungan saat mengambil tikungan, mendahului motor didepan atau dan lainnya. Karena, dengan pemasangan box motor ini akan menambah bobot motor yang kalian gunakan.

Pilih Motor Box Dengan Bracket

Setelah kalian tahu ingin menggunakan ukuran box motor dan kapasitas box yang akan kalian gunakan, perhatikan juga apakah box motor tersebut memiliki bracket yang sesuai dengan motor kalian. Kebanyakan, beberapa rekomendasi box motor yang berukuran 30 liter atau yang digunakan untuk touring harus mengubah bracket yang didapat saat pembelian.

Rekomendasi box motor yang gue berikan, bisa kalian beli sepaket dengan bracket motor tersebut. Namun, ada juga yang tidak memberikan bracket box motor dalam paket pembeliannya. Hal ini harus kalian perhatikan, karena penggunaan box motor tanpa adanya bracket akan membuat kalian berbahaya saat mengendarai karena posisi yang tidak stabil.

Pilih Box Motor Dengan Sistem Keamanan Terbaik

Terakhir, yaitu dengan memilih box motor dengan sistem keamanan yang terbaik. Cukup banyak pabrikan box motor seperti Givi, KMI, SHAD yang sudah memberikan keamanan yang baik untuk box motor yang mereka jual.

Untuk sistem keamanan, gue menyarankan kalian untuk memilih box motor yang mumpuni, sehingga box tersebut hanya bisa dilepas dari plate ketika kalian menggunakan kunci yang sesuai. Kalian juga bisa memilih beberapa produk yang memiliki celah cukup sempit yang menyusahkan tangan masuk ke dalam box motor tersebut.

5 Rekomendasi Box Motor Dengan Instalasi Mudah

Setelah kalian ketahui beberapa cara memilih box motor yang kalian baca diatas, sekarang gue akan memberikan beberapa rekomendasi box motor yang bisa kalian gunakan untuk touring ataupun penggunaan sehari-hari, diantaranya:

Corvus BRZ-669

Corvus BRZ-669

Rekomendasi box motor dengan harga terjangkau yang pertama bisa kalian dapatkan adalah keluaran dari Corvus, yaitu BRZ-669. Box motor yang satu ini memiliki ukuran 42 cm × 38 cm × 29 cm dan dijual dengan bracket terpisah. Selain itu, kapasitas box motor ini terbilang cukup yaitu 26 liter yang cocok digunakan untuk harian atau kebutuhan touring.

Selain itu, bobot box motor BRZ-669 ini terbilang ringan yaitu hanya sekitar 4kg saja. Kalian bisa mendapatkan produk box motor ini dengan harga yang terjangkau, sekitar Rp. 600 ribuan tergantung toko dimana kalian membelinya.

Box Motor KM 688 (KMI 688)

KMI 688

Untuk yang mencari box motor dengan kapasitas besar dengan ukuran 32 liter, rekomendasi box motor yang bisa gue berikan adalah pabrikan dari KMI, yaitu KMI 688. Tingkat keamanan dari box motor yang satu ini terbilang baik karena sudah dilengkap dengan security lock yang memastikan barang yang kalian masukan menjadi lebih aman.

Selain itu, box motor ini mudah diinstalasi dan sudah dilengkapi dengan lampu LED untuk pengereman. Jadi, kalian tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan lagi. Untuk mendapatkan produk KMI yang satu ini, kalian cukup membayar Rp. 400 ribuan saja. 

Givi B27

Rekomendasi Box Motor Givi B27

Pabrikan lain yang menjadi rekomendasi box motor dengan instalasi mudah adalah Givi B27. Cukup banyak yang menggunakan box motor ini untuk kebutuhan harian ataupun touring. Dengan harga 500 ribuan, kalian bisa mendapatkan box motor dengan kapasitas 27 liter dan juga bobot yang cukup ringan yaitu hanya sekitar 3kg saja.

Untuk ukurannya sendiri terbilang memiliki dimensi yang tidak terlalu besar, yaitu 39 cm × 40 cm × 29 cm saja. Ini membuat kalian tidak terlalu ribet saat menggunakannya pada motor kalian dan bisa dengan mudah digunakan.

SHAD Top Case SH29

Rekomendasi Box Motor SHAD Top Case SH29

Box motor dengan harga murah dan instalasi pemasangannya cukup mudah yang bisa gue rekomendasikan adalah produk dari SHAD, yaitu Top Case SH29 yang cukup banyak dijual di toko helm yang kalian jumpai. Dijual dengan harga yang cukup terjangkau, hanya sekitar Rp. 450 ribuan saja kalian bisa mendapatkan box motor dengan ukuran 29 liter. 

Untuk ukuran box motor yang terbilang berbeda sedikit dari GIVI, yaitu 40 cm × 38 cm × 30 cm tetap membuat kalian nyaman menggunakannya untuk touring ataupun harian kalian. Jangan sampai salah pilih, tentukan dengan budget yang kalian miliki saat ini.

GIVI E450 SIMPLY II

Rekomendasi Box Motor GIVI E450 SIMPLY II

Rekomendasi box motor yang terakhir adalah GIVI E450 SIMPLY II. Dengan harga terbilang cukup tinggi dibandingkan lainnya, yaitu Rp 700 ribuan kalian mendapatkan fitur reflektor yang berukuran besar, sehingga kalian bisa tetap aman saat digunakan touring malam hari. Selain itu, kalian bisa memasukan beberapa barang cukup banyak karena box ini memiliki ukuran 45 liter.

Rekomendasi Perlengkapan Motor Lainnya

  1. Rekomendasi Helm 3 Jutaan,
  2. Rekomendasi Helm 2 Jutaan,
  3. Rekomendasi Shock Tabung,

Setelah kalian mengetahui bagaimana cara memilih box yang sesuai kebutuhan kalian dan melihat rekomendasi box motor diatas, mana yang akan kalian gunakan untuk motor harian atau motor touring kalian?