Cara Flashing HP Redmi Xiaomi 5A Dengan Mudah!

Cara Flashing HP Xiaomi

Untuk kalian yang menggunakan hp redmi xiaomi 5A atau tipe lainnya dan mengalami bootloop saat update MIUI, ini cara flashing hp halian dengan mudah. Pada umumnya, untuk melakukan flashing pada rom MIUI ini hanya dapat dilakukan dengan tipe fastboot. Sedangkan untuk melakukan flash rom tersebut kalian bisa menggunakan aplikasi Mi Flash.

Tetapi, ada beberapa pengalaman yang menggunakan Mi Flash ini mengalami error atau kegagalan. Maka dari itu, banyak yang mencari cara flashing hp xiaomi dengan aplikasi alternatif pengganti Mi Flash. Sebenarnya, cara untuk melakukan flashing hp redmi xiaomi 5A bisa dilakukan dengan beberapa cara yang berbeda.

Perbedaan ROM Fastboot dan Recovery

Tetapi, sebelum lebih jauh membahasn mengenai cara flashing hp xiaomi ini kalian harus tahu perbedaan ROM fastboot dengan ROM recovery itu sendiri.

ROM FastBoot

ROM fastboot ini biasanya menggunakan esktensi .tgz dan dapat digunakan untuk memindah ROM hp kalian. Metode melakukan flashing ROM ini biasanya melalui fastboot dan edl mode. Selain itu, kalian bisa melakukan update atau downgrade MIUI yang kalian gunakan saat ini.

ROM Recovery

Berbeda dengan fastboot, untuk ROM recovery sendiri biasanya menggunakan ekstensi .zip dan hanya bisa digunakan untuk melakukan update ROM MIUI saja. Metode yang digunakan untuk flashing ROM ini menggunakan system updater, Mi PC Suit dan TWRP.

3 Langkah Melakukan Flashing HP Xiaomi

Cara Flashing HP Xiaomi

Setelah kalian tahu perbedaan ROM fastboot dan ROM recovery, barulah kalian bisa mempraktikan flashing hp redmi xiaomi 5A atau RIVA kalian. Berikut ini 5 langkah mudah melakukan flashing hp redmi xioami yang mengalami bootloop:

System Update

Cara flashing hp menggunakan system update ini memiliki beberapa kelebihan atau keunggulan yang bisa kalian dapatkan, diantaranya bisa digunakan untuk update ROM MIUI, bisa digunakan pada hp xiaomi mediatek ataupun snapdragon dan bisa melakukan flashing saat posisi UBL atau tanpa UBL.

Tetapi, ada juga kekurangan flashing hp melalui system update. Kalian hanya bisa melakukan ketika hp dalam keadaan menyala (tidak bootloop), tidak bisa digunakan untuk pindah ROM dan tidak untuk melakukan downgrade rom MIUI kalian.

Cara Flashing Xiaomi Melalui System Updater:

  1. Pindahkan ROM Recovery yang sudah kamu unduh ke luar folder dan jangan di ekstrak.
  2. Masuk ke dalam aplikasi, pilih pengaturan – tentang ponsel – pembaharuan sistem.
  3. Pilih tiga titik yang berada di pojok atas, lalu pilih paket pembaharuan.
  4. Selanjutnya, kamu akan diarahkan ke File Manager. Cari ROM MIUI yang sudah kamu download tadi, apabila sudah ketemu klik OK.
  5. Tunggu sampai proses mendapatkan info selesai dan pastikan device kamu tersambung ke koneksi internet.
  6. Selanjutnya, sentuh mulai ulang dan pembaharuan.
  7. Device akan otomatis Restart dan mulai mem-Flash ROM MIUI.

Mi Recovery Update

Cara flashing xiaomi yang kedua kalian bisa melakukannya dengan menggunakan Mi Recovery update. Untuk proses yang sempurna, gue menyarankan untuk melakukan pengisian daya redmi xiaomi 5A atau yang lainnya sampai dengan 80% atau diatasnya. Apabila kurang dari itu, bisa terjadi error atau menjadi tidak sempurna.

Berikut ini cara flashing hp xiaomi dengan menggunakan metode Mi Recovery update:

  1. Pertama, kalian matikan hp kalian terlebih dahulu sampai benar-benar mati. Lalu, silahkan nyalakan kembali ke recovery bawaan (MI Recovery) dengan cara menekan dan menahan tombol Volume Atas + Power secara bersamaan.
  2. Selanjutnya, pilih install update.zip to System kemudian tekan yes.
  3. Tunggu beberapa saat hingga Xiaomi selesai meng-update ROM ke yang lebih baru.
  4. Jika sudah selesai, pilih back kemudian pilih reboot.

Proses flashing hp redmi xiaomi dengan cara ini biasanya hanya memakan waktu kurang dari 10 menit saja. Apabila sudah muncul tulisan android diatas logo MI, itu pertanda redmi xiaomi kalian tidak mengalami bootloop.

Mi PC Suite

Terakhir, kalian bisa menggunakan Mi PC Suite untuk melakukan flashing hp redmi kalian yang mengalami bootloop. Berikut cara flashing hp redmi xiaomi 5a dengan menggunakan Mi PC Suite:

  1. Masuk ke recovery mode.
  2. Kemudian, pilih Connect with MIAssistant.
  3. Sambungkan device ke Laptop / PC dengan kabel USB original atau yang berkualitas baik.
  4. Klik Refresh pada MI PC Suite.
  5. Selanjutnya, klik “Select ROM Package“.
  6. Kemudian, pilih Quik-Flash.
  7. Selanjutnya, tunggu hingga proses verifiying ROM package hingga selesai.
  8. Device akan otomatis Restart, tunggu hingga masuk homescreen.
  9. Apabila sudah masuk homescreen, berarti proses Flash Xiaomi sudah selesai.

Proses ini biasanya membutuhkan waktu kurang dari 20 menit, tergantung tipe Xiaomi apa yang kamu gunakan.

Dari ke-3 cara flashing hp redmi xiaomi yang gue berikan diatas, mana yang menurut kalian paling baik dan paling mudah?