Begini Cara Kalibrasi Baterai Laptop Agar Tetap Awet Digunakan!

Kalibrasi Baterai Laptop

Beberapa laptop terbaru yang dikeluarkan saat ini mulai menggunakan baterai lithium ion, tetapi masih belum tahu bagaimana cara kalibrasi baterai laptop yang digunakan. Sebenarnya, untuk melakukan kalibrasi baterai kalian tidak memerlukan aplikasi khusus. Cukup mengetahui bagian dari bios kalian sudah bisa melakukannya.

Pengertian Kalibrasi

Kalibrasi baterai ini sebenarnya kalian lakukan ketika baterai kalian secara terus menerus habis secara mendadak. Ini dinamakan dengan wear level, dimana tingkat drop daya baterai pada windows atau laptop kalian terasa cukup tinggi. Sebenarnya, apa sih kalibrasi laptop itu dan mengapa perlu kalian lakukan?

Kalibrasi adalah proses ‘mengajari’ sebuah baterai sehingga baterai tersebut dapat memperkirakan secara akurat waktu yang tersisa hingga dari keadaan baterai penuh hingga baterai tersebut butuh di isi ulang atau dicharge.

Kalibrasi Baterai di Windows 7

Melakukan kalibrasi baterai pada laptop atau PC kalian, tetap harus dilakukan meskipun sudah menggunakan baterai lithium ion ataupun lithium polymer. Proses cek kesehatan baterai laptop ada beberapa tahapan, tergantung kapasitas baterai tersebut dan jenis baterainya. Agar kesehatan baterai laptop tetap terjaga dan sesuai dengan kapasitasnya, kalian harus melakukan kalibrasi baterai tersebut.

Berikut tips atau cara kalibrasi baterai laptop dengan mudah tanpa harus menggunakan aplikasi dari  pihak lain:

  1. Lihat pada gambar ikon baterai yang berada di pojok kanan, kemudian klik kanan dan pilih bagian Battery Option.
  2. Setelah muncul tampilannya, silahkan kalian pilih create a power plan.
  3. Lalu, pada bagian plan name kalian isi dengan nama pilihan pengaturan daya yang ingin digunakan, kemudian klik tombol Next.
  4. Silahkan kalian ubah semua pengaturannya menjadi Never dan klik bagian create.
  5. Gunakan pengaturan daya tersebut dengan mengetuk namanya.
  6. Tutup Battery Option, kemudian charge atau isi baterai hingga penuh, dan jangan menyalakan aplikasi apapun.
  7. Lepaskan adaptor atau charger dari laptop, dan biarkan laptop menyala hingga laptop mati dengan sendirinya.
  8. Setelah mati, isi baterai hingga penuh kembali.

Ada hal yang perlu kalian ingat dan catat dari cara kalibrasi baterai diatas. Melakukan kalibrasi baterai tidak akan mengembalikan kemampuan baterai laptop ke kondisi awal ataupun menghemat baterai laptop kalian.

Tidak semata apabila lithium ion atau polymer kalian kembali menjadi memiliki kapasitas 2950mAH atau lebih. Cara kalibrasi baterai ini hanya mengubah presentasi baterai ke skala yang sebenarnya dan lebih tepat.

Kalibrasi Baterai di Windows 10

Baterai di Windows 10

Cara yang diatas kalian bisa melakukannya di windows 7. Lantas, bagaimana cara kalibrasi baterai di windows 10? Silahkan ikuti langkah mudahnya dibawah ini untuk kalian yang menggunakan windows 10 dengan melakukan kalibrasi baterai laptop lewat BIOS:

  • Matikan laptop yang kalian gunakan, kemudian nyalakan kembali dan masuk ke BIOS dengan menekan tombol F2.
  • Setelah masuk ke BIOS, silahkan kalian pilih menu power dengan menggunakan tombol kursor pada keyboard kalian.
  • Setelah itu, kalian bisa memilih “start battery calibration” dan kemudian tekan enter.
  • Ikuti perintah pada layar dan isi ulang baterai laptop hingga penuh 100%. Jika sudah terisi penuh, lepaskan pengisi dayanya.
  • Selanjutnya biarkan daya baterai laptop habis dengan sendirinya hingga laptop mati secara otomatis.
  • Kemudian, silahkan kalian isi ulang kembali dan jangan mematikan sistem saat proses pengisian ulang baterai berlangsung.
  • Setelah 100% berlangsung, proses kalibrasi baterai laptop sudah selesai dan silahkan re-boot laptop kalian.

Kalibrasi Baterai Dengan Aplikasi

Kedua cara kalibrasi baterai diatas, mudah bukan? Apabila kalian tetap masih bingung dengan menggunakan cara diatas, kalian bisa menggunakan aplikasi. Berikut ini beberapa aplikasi untuk kalibrasi baterai pada laptop atau PC kalian:

  • Smarter Battery. Smarter Battery adalah sebuah aplikasi manajemen daya yang populer untuk laptop Windows. Kaliab bisa mendapatkannya disini.
  • BatteryCare. BatteryCare adalah software kalibrasi baterai populer lainnya yang kompatibel dengan laptop Windows. Tidak hanya windows 10, aplikasi ini juga berjalan di windows 7/XP/Vista, kalian bisa dapatkan disini.

Sampai disini, kalian jadi tahukan mengapa memerlukan yang namanya kalibrasi? Kalau kalian ada cara lain untuk melakukan kalibrasi baterai laptop, silahkan tulis dikolom komentar ya!