Cara Mengetik Cepat 10 Jari Untuk Meningkatkan Produktivitas Kerja!

Posisi 10 Jari Tangan Pada Keyboard

Salah satu kebutuhan yang diperlukan saat ini untuk mengetik dokumen sekolah ataupun pekerjaan adalah dengan mengetik cepat menggunakan 10 jari. Maksudnya, kalian harus mahir dan menguasai beberapa teknik atau cara mengetik yang benar agar kalian lebih produktif. Selain itu, kalian akan lebih terbantu apabila terbiasa dengan beberapa teknik yang akan gue berikan.

5 Cara Mengetik Cepat Agar Lebih Mahir

Bagaimana untuk mengetik cepat beberapa dokumen tanpa harus melihat keyboard dengan mahir Dibawah ini beberapa cara mengetik cepat 10 jari yang bisa kalian latih setiap hari pada keyboard kalian atau setiap saat kalian membuat sebuah dokumen pada aplikasi agar lebih mahir lagi:

Belajar Menggunakan Shortuct Keyboard

Mengetik Cepat Menggunakan Shortuct Keyboard

Salah satu cara mahir mengetik 10 jari yang bisa kalian gunakan yang pertama adalah dengan mempelajari beberapa shortcut pada keyboard laptop kalian. Selain itu, untuk mengetik cepat pada setiap dokumen pekerjaan atau sekolah yang kalian miliki biasanya menggunakan beberapa aplikasi seperti Ms. Word, Ms. Excel dan sebagainya.

Selain mempelajari shortcut laptop kalian, tentu kalian harus mempelajari juga shortcut dari masing-masing aplikasi tersebut, mulai dari shortcut Ms. Word, Ms. Excel dan lain sebagainya. Tetapi, saat ini semua pekerjaan pasti kalian akan menggunakan google chorme. Beberapa shortcut google chrome yang bisa kalian pelajari adalah memindah tab ke depan (CTRL + TAB) atau ke belakang (CTRL + SHIFT + TAB).

Berlatih di Website Latihan Mengetik Untuk Cepat Mahir

Belajar Mengetik Cepat di Website

Setelah mempelajar menggunakan shortcut pada laptop kalian, hal berikutnya untuk membuat mengetik 10 jari kalian semakin cepat dan semakin mahir adalah dengan berlatih kecepatan mengetik keyboard yang kalian punya.

Salah cara mengetik 10 jari agar lebih mahir dalam penggunakan keyboard kalian yaitu dengan menggunakan beberapa website penyedia latihan ini. Beberapa website mengetik 10 jari dengan cepat diantaranya:

  • 10fastfingers.com
  • TypingStudy.com
  • Typing.com
  • SpeedTypingOnline.com
  • TheTypingCat.com
  • TypingTest.com
  • RataType.com
  • Fast-Typing.com

Silahkan kalian gunakan website mengetik cepat diatas agar meningkatkan kemampuan mengetik 10 jari yang kalian butuhkan agar lebih skill kalian lebih jago. Baik itu untuk membuat dokumen untuk kantor kalian ataupun sekolah dan kampus yang membutuhkan hal tersebut.

Usahakan Fokus Pada Keyboard Saat Mengetik

Fokus Pada Keyboard

Teknik mengetik 10 jari berikutnya agar skill kalian lebih jago lagi adalah dengan fokus pada keyboard kalian, tanpa harus menggunakan mouse. Sebagai contoh, apabila kalian ingin memanggil sebuah aplikasi pada laptop usahakan menggunakan tombol START pada windows dan mencari aplikasi tersebut.

Selain itu agar lebih mahir lagi, saat kalian ingin mempercepat teknik mengetik 10 jari yang kalian gunakan adalah dengan mengetik tidak melihat keyboard. Hal ini bisa membantu kalian untuk lebih cepat dalam mengetik dan juga akan terasa lebih produktif apabila kalian bisa menguasai teknik mengetik cepat dengan 10 jari ini.

Melatih Posisi 10 Jari Tangan Pada Keyboard

Posisi 10 Jari Tangan Pada Keyboard

Salah satu cara mengetik 10 jari yang merupak teknik mengetik cepat yang bisa kalian pelajari adalah dengan melatih posisi 10 jari kalian pada keyboard. Biasanya, tombol F dan juga tombol J memiliki tanda strip dibagian bawahnya. Itu berfungsi untuk menaruh jari telunjuk kiri dan tangan. Tetapi, ini bisa jadi opsional karena setiap orang berbeda.

Posisi Jari Tangan Pada Keyboard

Berikut ini posisi jari tangan yang biasa gue lakukan untuk jari kiri dan kanan gue untuk melatih kecepetan mengetik 10 jari yang gue miliki saat ini:

Jari Tangan Kiri

  • Huruf A dan S: Menggunakan jari manis.
  • Huruf D: Menggunakan jari tengah.
  • Huruf F: Menggunakan jari telunjuk.
  • SHIFT: Menggunakan jari Kelingking.

Jari Tangan Kanan

  • Huruf L dan tanda titik dua: Menggunakan jari manis.
  • Huruf K: Menggunakan jari tengah.
  • Huruf J: Menggunakan jari telunjuk.
  • SHIFT: Menggunakan jari Kelingking.

Kalian tinggal menaikan dan menurunkan jari tersebut sesuai dengan posisi huruf yang ada pada keyboard kalian saat mengetik dokumen sekolah atau pekerjaan yang menggunakan aplikasi Ms. Word atau Ms. Excel.

Keluarkan Suara Keyboard Saat Mengetik

Suara Keyboard

Teknik mengetik 10 jari yang terakhir adalah dengan mengeluarkan suara pada keyboard kalian saat ingin mengetik cepat 10 jari. Hal ini dapat memacu kalian saat mendengarkan suara ketikan pada keyboard laptop atau desktop kalian. Biasanya, keyboard mechanical akan mengeluarkan suara yang berbeda saat kalian gunakan.

5 cara mengetik cepat dengan 10 jari diatas bisa kalian latih setiap kalian mengetik dokumen yang kalian butuhkan. Jangan pernah takut untuk merubah kebiasaan kalian, dari mengetik 2 jari menjadi mengetik cepat dengan 10 jari.