Sand Animation Atau Aksi Arsir Pasir

Sand Animation Atau Aksi Arsir Pasir

Sand Animation Atau Aksi Arsir Pasir

 ini sepertinya banyak orang yang belum tahu. Mungkin sudah tahu, tapi tidak tau penyebutannya apa didalam bahasa Indonesia sendiri. Memang betul, di Indonesia sendiri jarang yang melihat hal ini bagus dan indah dimata, entah karena tidak mengetahuinya atau karena orang yang bisa melakukan seni ini.

Sand animation adalah salah satu pertunjukkan seni dengan membuat serangkaian adegan – adegan tertentu atau pun bercerita dengan menggunakan elemen pasir untuk membuat gambar animasinya selama pertunjukkan tersebut berlangsung. Dan hal itu harus dalam 1 frame tanpa menghapus yang sudah ada.

Untuk melakukan pertunjukkan sand animation ini biasanya menempatkan pasir di atas sebuah meja yang dibawahnya diberikan cahaya (lampu). Alat ini seringkali disebut oleh orang banyak Lightboard. Lalu kemudian, lightboard ini diproyeksikan ke layar agar para penonton dapat melihat dengan jelas gambar animasi yang dibuat.

Biasanya, ketika sang sand animator mempertunjukan aksinya, sang animator tidak dibuka oleh narasi, tetapi diiringi oleh musik / lagu – lagu yang merdu untuk lebih mendapatkan suasana emosional tertentu dalam sebuah alur cerita yang akan dibawakan oleh sang sand animator sendiri.

Dalam pengetahuan saya, di Indonesia baru Denny Darko yang membawakan aksi ini kedalam sebuah pertunjukan. Memang, beliau dikenal sebagai pesulap karena pernah mengikuti salah satu acara pencari bakat khusus pesulap disebuah stasuin televisi swasta di Indonesia.

Denny Darko pernah diwawancarai mengenai aksi yang dimainkan ini, silahkan teman – teman baca sendiri beritanya pada artikel Denny Darko Bercerita Lewat Aksi Arsir Pasir (1) bagaimana ia berusaha untuk mendapatkan campuran pasirnya sendiri, membuat alat sendiri sampai akhirnya membuat aksi perdananya.

Penasaran dengan aksi pasir dari Denny Darko ?? Berikut ini beberapa video yang saya dapatkan dari channel youtube-nya, silahkan dinikmati..

Dua video diatas mengisahkan tentang romantisme dunia kaum adam & kaum hawa. Nah, kalau yang mau menggunakan aksi ini untuk pernikahan, ternyata Denny Darko udah pernah buat juga.

So, gimana menurut kalian seni pertunjukan  ini ?? Bagus ?? Jelek ?? atau bahkan biasa aja karena sudah sering lihat di youtube versi luar negeri ?? Hmm.. Saya sih tidak begitu mempersalahkan, tapi setidaknya Indonesia sudah memiliki 1 orang yang bisa melakukan .

KASIH RATE YUK!
4 5
Oleh


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *