Pelukis Pasir: Sand Animation Atau Aksi Arsir Pasir

Sand Animation Atau Aksi Arsir Pasir

Sand animation atau aksi arsir pasir atau pelukis pasir ini sepertinya banyak orang yang belum tahu. Gimana caranya melukis menggunakan pasir? Memang betul, di Indonesia sendiri jarang yang melihat hal ini bagus dan indah dimata, entah karena tidak mengetahuinya atau karena orang yang bisa melakukan seni ini.

Sand Animation atau Pelukis Pasir

Sand animation adalah salah satu pertunjukkan seni dengan membuat serangkaian adegan-adegan tertentu ataupun bercerita dengan menggunakan elemen pasir untuk membuat gambar animasinya selama pertunjukkan tersebut berlangsung. Hal itu harus dalam 1 frame tanpa menghapus yang sudah ada.

Untuk melakukan pertunjukkan sand animation ini biasanya menempatkan pasir di atas sebuah meja yang dibawahnya diberikan cahaya (lampu). Alat ini seringkali disebut oleh orang banyak lightboard. Lalu kemudian, lightboard ini diproyeksikan ke layar agar para penonton dapat melihat dengan jelas gambar animasi yang dibuat.

Ketika sang pelukis pasir mempertunjukan aksinya, sang animator tidak dibuka oleh narasi tetapi diiringi oleh musik atau lagu-lagu yang merdu untuk lebih mendapatkan suasana emosional tertentu dalam sebuah alur cerita yang akan dibawakan.

Dalam pengetahuan saya, di Indonesia ada Denny Darko sebagai pelukis pasir yang membawakan aksi ini kedalam sebuah pertunjukan. Memang, beliau dikenal sebagai pesulap karena pernah mengikuti salah satu acara pencari bakat khusus pesulap disebuah stasuin televisi swasta di Indonesia.

Penasaran dengan aksi pelukis Denny Darko? Berikut ini beberapa video yang saya dapatkan dari channel youtube-nya, silahkan dinikmati.

Selain Denny Darko, ada beberapa orang lainnya yang menjadi pelukis pasir ini. Sebut saja Ciku Ghea dan Vina Candrawati. Vina Candrawati sendiri adalah sudah mulai dikenal sejak mengikuti ajang pencarian bakat dalam acara Indonesia Mencari Bakat 3 yang tayang secara langsung dalam salah satu televisi swasta Indonesia yaitu Trans TV.

So, gimana menurut kalian seni pertunjukan sand animation ini? Saya sih tidak begitu mempersalahkan, tapi setidaknya Indonesia sudah memiliki 1 orang pelukis pasir yang bisa melakukan sand animation atau aksi arsir pasir.