Cornering Sentul Kecil

Belajar “Cornering” di Sentul? Ternyata Begini Sensasinya!

Cornering Sentul Kecil

“Om, gue besok mau ke Sentul. Mau ikut ga sekalian belajar!” kira-kira gitu bunyi pesan yang datang dari aplikasi chatting yang saya gunakan. Sebenarnya, agak sedikit ragu mau ikut jalan ke sirkuit Sentul tapi karena rasa penasaran dan ingin mencoba, akhirnya saya niatkan untuk ikut berlatih bersama.

Percuma kan gue udah Galau Karena Ban Tubeless yang ga kepasang, tapi ga gue gunain buat peruntukannya! Jadinya, ya niatin gue harus bisa belajar kaya gini. Tapi, gue ga belajar sendiri kok. Mau tahu siapa yang ngajarin gue? Ini dia orang yang bertanggung jawab ngajarin gue, lihat sendiri aja videonya ya!

Asik kan ngeliatnya? Gampangkan ya mindahin posisi dari kanan ke kiri? Iya buat yang udah bisa, tapi buat gue yang baru pertama kali belajar rasanya susah banget, beneran deh. Meskipun diawal gue di kasih brief singkat gimana caranya, dan sambil mengingat beberapa teori yang gue denger di youtube tetap aja pas masuk track berasa susahnya!

“Udah ngerti dikit-dikit kan om caranya? Sebelum belok (kanan/kiri) biasain pantan pindahin dulu + kurangin kecepatan lu, masuk tikungan baru gas lagi. Terus, pandangan jangan kebawah tapi lihat mau kemana lu keluarin motor!”

Kira-kira gitu panduang singkatnya, dan gue coba menangkap apa yang diberikan sama teman gue ini (Rozi). Awal masuk track, gue cuma disuruh ikutin dia doang. Tapi, bukan tanpa tujuan gue ikutin lebih tepatnya buat belajar racing line dulu dengan kecepatan yang pelan. 

Kurang lebih 3 putaran gue belajar & ngafalin racing line, baru deh ikutin body position dia sambil pelan-pelan nambah kecepatan motor gue. 2 putaran berlalu, baru gue disuruh hajar didepan dia sambil dikoreksi benar/ga, mulai dari racing line sampai body position-nya.

Dirasa udah cukup, gue balik masuk pit sambil dikasih arahan lagi apa yang kurang & harus dibenahin sambil sedikit menghela nafas karena sesungguhnya ngelewatin 5 putaran dengan kecepatan agak tinggi itu, CAPEK! Serius, gue ga bohong masalah ini. Mungkin karena gue baru pertama kali ya!

Promo Genflix 7 Hari

Udah agak mendingan, baru deh gue iseng masuk track sendirian sambil dapat sesi foto. Nah, permasalahan muncul pas gue lagi asyik sendiri. Overspeed, alias kekencengan pas masuk tikungan yang ujung2nya gue masuk ke graffel dan untung aja ga sempet ngerasain jatoh :)

Cornering Practice

Cornering Sentul Kecil

Cornering Sentul

Sentul Internasional Sirkuit

Sesi foto kelar, lanjut latihan lagi. Gue sempet mikir, kok dengkul gue ga bisa nyentuh aspal ya? Apa mungkin gue kurang kenceng atau kurang rebah? Dan seketika habis mikir kaya gitu, langsung keluarin motor naikin dikit kecepatan buat ngelibas tiap tikungannya.

Bener aja, masuk putaran ketiga dengkul gue ngerasain juga kena aspal. Tahu apa reaksi gue? Langsung buru-buru angkat dengkul karena kaget serasa mau jatoh, padahal buat yang liat itu biasa aja. Tapi, lama kelamaan gue mulai terbiasa dan mulai kenceng lagi. Akhirnya, dengkul kiri sedikit kena aspal, dengkul kanan sering banget kena aspal.

Terjawab sudah rasa penasaran gue tentang hal ini, sampai akhirnya gue ngerasa cukup untuk hari itu. Masalah biaya sewa ini sekarang seharga Rp. 150.000/hari dan sewa Paddock Rp. 100.000. Cukup terjangkau, untuk belajar seperti ini lebih baik tahu dasarnya didalam track yang resmi. Setelah paham dasarnya, waktunya mencari tikungan yang sesuai untuk dilibas dijalanan ibu kota :)

Pesan gue buat kalian yang sempat baca tulisan ini, jangan pernah nyobain latihan cornering di sirkuit Sentul KALAU kalian belum siap ketagihan buat terus mencoba dan mencoba lagi. Sepertinya, gue akan jadwalin latihan lagi nih disana. Ada yang mau ikutan ga? Silahkan komentar aja ya, sahabat!

KASIH RATE YUK!
4 5
Oleh


15 comments on “Belajar “Cornering” di Sentul? Ternyata Begini Sensasinya!

  1. ayo mas sy juga lgn nyoba sekalian belajar ngerebah wkwk,kapan lagi mas? ikut dong lain kali. no whats app ada? ini no sy 082299769323

     

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *