Pasang Ban Tubeless di Velg Jari-Jari

Galau Karena Ban Tubeless? Sekarang Sudah Tidak Lagi!

Pasang Ban Tubeless di Velg Jari-Jari

Alkisah, ada seorang anak yang masih awam mengenai dunia otomotif. Bermodalkan rasa ingin tahu dan nekat, terjadilah motor seperti gambar diatas. Ada yang berbeda? Sepertinya mata kalian akan langsung tertuju pada tampilan jok motor dan ban yang ada di revo absolute yang saya gunakan.

Ada yang bertanya, bagaimana membuat jok seperti gambar diatas? Gampang, kalian langsung aja baca tulisan saya mengenai hal itu di artikel berikut ini. Mau Custom Jok Motor di Jakarta? Ini Dia Beberapa Referensi Tempatnya! kalau sudah dibaca, pasti kalian akan tahu biaya dan dimana proses pembuatannya.

Nah, sekarang saya mau sedikit cerita mengenai ban yang baru saya ganti dari ban standar pabrik menjadi ban FDR Sport MP76 yang memiliki coimpund soft ini. Harga ban ini memang terbilang cukup mencengangkan ketika mendengarnya, yaitu untuk 1 ban dihargai sebesar Rp. 360.000 – Rp. 400.000 (tergantung tempat).

Susah dicari? Relatif. Karena ada beberapa tempat yang menjual ban ini secara banyak, ada juga yang hanya sedikit menyediakan stoknya dan saya mendapatkannya cukup lumayan sulit, harus mencari di beberapa tempat yang saya lewati.

Setelah mendapat ban tersebut, permasalahan lain tiba. Velg saya yang masih standar pabrik berbentuk jari-jari, dan bingung dimana agar ban saya dapat dibuat menjadi ban tubeless? Sesi bertanya dengan temanpun saya lakui, mulai dari status personal sampai membuat pertanyaan di grup facebook.

Dapatlah sebuah tempat atas rekomendasi Adit Tyo, bertempat di daerah Pondok Kopi. Tepatnya, setelah kalian menemukan planet ban pondok kopi, maju sedikit bertemu dengan lampu lalu lintas kemudian belok ke kiri. Bengkel Beng’go! Namun, tempat tersebut tidak berhasil membuat velg 1.60 revo absolute saya menjadi ban tubeless.

Rasa sia-sia datang melanda, setelah membeli ban yang harganya cukup lumayan menguras kantong tapi tidak bisa terpasang. Sempat terbesit untuk menjualnya kembali, namun banyak yang menyarankan untuk tidak dijual kembali. Pilihan saat itu hanya ada 2, menjual ban tersebut atau mengumpulkan dana untuk mengganti velg yang lebih lebar yaitu 1.85 atau 2.15.

Aktifitas bertanyapun saya lancarkan kembali ke beberapa teman yang saya kenal, baik di whatsapp group atau personal chat. Sampai bertemulah sebuah pernyataan dari seorang teman bernama Oib yang mengatakan “Coba lu tanya Wisnu, dia kan pake velg lebar. Siapa tahu ada kenalan.”

Tanpa pikir panjang, langsung menghubungi beliau melalui facebook dan ternyata dia bisa membuat velg jari-jari agar bisa dipasang ban tubeless. Singkat cerita, ternyata dia ada waktu kosong hanya Sabtu dan Minggu. Langsung saja janjian agar hari ini bisa dibantu untuk pemasangannya. Hasilnya? Taraaa…. Terpasang sudah! Karena kedua motor terasa sangat kotor, waktunya mandi!

Cara Bikin Ban Tubeless

Malam datang, motor bersih hatipun senang! Kira-kira begitulah. Tanpa harus mengeluarkan dana lebih untuk pembelian velg baru, ban FDR Sport MP76 sudah terpasang dengan sempurna. Spesifikasi motor saya saat ini untuk ban:

  • Depan
    • Velg: 1.40-17″
    • FDR Sport MP76
    • Penggunaan ban dalam
  • Belakang
    • Velg: 1.60-17″
    • FDR Sport MP76
    • Tubeless

Kalau mau tanya masalah velg dan ban motor diatas, langsung aja ke yang punya ya. Pesan saya, jangan shock ketika tahu ukuran velg yang terpasang di motornya. Well, buat kalian yang mau bikin velg jari-jari agar bisa terpasang ban tubeless, jangan takut. “Semua bisa asalkan kita mencobanya. Apapun bisa digunakan selama kalia tahu bagaimana cara mengimplentasikannya.! – Wisnu Adhi Prabowo – 

KASIH RATE YUK!
4 5
Oleh


4 comments on “Galau Karena Ban Tubeless? Sekarang Sudah Tidak Lagi!

  1. ngoahahahahaha, banyak cara bro, mulai dari yg baut jari” dikasih lem, sampe pake ban dalem ring 14 biar angin gak bocor lewat sela-sela baut jari”

     
  2. Pingback: Review Ban FDR Sport MP76 Untuk Penggunaan Harian - aLdy PutRa - Official Sites

  3. Pingback: Belajar "Cornering" di Sentul? Ternyata Begini Sensasinya! - aLdy PutRa - Official Sites

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *