Cara Merawat Printer Agar Tahan Lama

Kesempatan kali ini saya akan sedikit membahas mengenai bagaimana cara merawat printer yang kalian punya agar awet dan tahan lama.


Kesempatan kali ini saya akan sedikit membahas mengenai bagaimana cara merawat printer yang kalian punya agar awet dan tahan lama. Berdasarkan pengalaman pribadi yang gue lakukan, ada beberapa tips merawat printer yang kalian miliki. Beberapa yang gue berikan ini bisa kalian lakukan, meskipun kalian tidak terlalu rajin dalam hal perawatan.

Cara Merawat Printer Agar Tahan Lama

Merawat printer sebenarnya lebih mudah daripada kalian harus memperbaiki printer yang rusak. Hal ini juga berlaku untuk printer anda yang butuh perawatan yang rutin sehingga bisa awet dan tahan lama. Merawat printer tidak akan menyita waktu kalian cukup banyak karena hanya butuh beberapa menit saja.

Tips dan Cara Merawat Printer Agar Tahan Lama

Mari kita lihat beberapa tips dan cara merawat printer yang bisa kalian lakukan dirumah agar printer lebih tahan lama:

1. Gunakan Secara Teratur dan Berkala

Seringkali kita menjumpai hasil print dengan kualitas cetak yang kurang bagus, ada garis putih melintang, ataupun ada salah satu warna yang tidak keluar. Bahkan lebih parah lagi hasil print tidak kelihatan sama sekali.

Merawat printer dengan menggunakan printer secara berkala dan teratur ini akan menjaga agar tinta tetap mengalir dan membasahi nozzle tempat keluarnya tinta. Karena diameter nozzle ini sangat kecil sekali, maka akan sangat rawan terjadi kebuntuan akibat tinta kering yang tidak mengalir. Dan akibatnya head catridge bisa rusak, padahal harganya hampir sama dengan beli printer baru. Maka rawat printer anda agar hal ini tidak terjadi.

Baca Juga  Cara Memunculkan Run, Folder Options Dan Task Manager

2. Segera Isi / Refill Tinta Printer

Cara merawat printer no 2 ini juga akan membuat awet dan tahan lama terhadap head catridge printer anda.

3. Matikan Printer Dengan Benar

Cara  ini akan membuat head catridge printer anda selalu bersih dan terjaga dari kebuntuan. Karena dengan menekan tombol power untuk mematikan, maka printer akan secara otomatis melakukan pembersihan permukaan head sebelum parkir di tempatnya.Jangan mematikan printer dengan mencabut kabel power secara langsung.

4. Jangan menggunakan kertas kotor dan berdebu

Jika anda menggunakan kertas yang kotor dan berdebu untuk mencetak, maka ini akan mengotori roll penarik kertas, dan lama kelamaan akan menyebabkan cepet aus dan akhirnya rusak. Efeknya adalah printer tidak akan bisa untuk menarik kertas.

5. Tutup Printer Dengan Cover

Tips merawat printer yang terakhir adalah pastikan kalian selalu menutup dengan plastik atau cover apapun. Hal ini agar menjaga kebersihan tingkat printer yang kalian punya untuk meminimalisir kerusakan pada printer kalian.

Mungkin sekian dulu beberapa cara dari saya agar printer teman-teman semua lebih tahan lama. Semoga dengan adanya artikel sederhana saya ini dapat memangkas biaya untuk perbaikan printer teman-teman semuanya. Kalau ada yang ingin ditambahkan cara merawat printer yang kalian lakukan, silahkan berkomentar ya.

Baca Juga  Mengubah Format File Secara Online

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Cara Merawat Printer Agar Tahan Lama

Waktu Untuk Membaca 2 min
0