Cara Membuat Daftar Isi di Artikel Blog WordPress Kalian!

Cara Membuat Daftar Isi

Cara membuat daftar isi sudah pernah gue bagikan, tapi untuk blogspot. Sekarang, daftar isi ini ada didalam artikel yang cukup panjang. Emang harus banget bikin daftar isi di artikel yang panjang? Itu sih selera kalian dan gimana kebiasaan pengunjung blog kalian masing-masing ya. Sebenarnya, cara ini untuk mempermudah pembaca blog kalian aja sih ngeliat artikel yang dibaca.

Cara Membuat Daftar Isi

Membuat Daftar Isi Artikel Blog

Apa itu Daftar Isi Artikel?

Daftar isi sendiri mungkin kalian udah tahu lah, kalau membaca buku kalian pasti melihat ini. Pembahasan apa ada dihalaman berapa, begitu juga dengan untuk artikel blog wordpress kalian. Daftar link yang (umumnya) ditempatkan di bagian awal postingan yang mengarah ke bagian-bagian atau poin pembahasan tertentu. Contohnya, kalian lihat gambar dibawah ini ya.

Contoh Daftar Isi Artikel Blog

Selain lebih memudahkan pembaca keseluruhan artikel berdasarkan poin masing-masing yang dibahas, tentunya juga akan meningkatkan daya tarik awal yang baik, terlebih lagi jika apa yang anda sampaikan pada daftar isi merupakan poin-poin yang memang dicari oleh pembaca.

Bagaimana Cara Membuatnya?

Untuk kalian yang ingin membuat daftar isi untuk blog wordpress kalian seperti blog gue ini, kalian hanya membutuhkan 1 plugin yang gue pakai, namanya Table of Content Plus yang kalian bisa dapatkan secara gratis dari dashboard wordpress kalian masing-masing. Kalau kalian bingung, silahkan dapatkan disini.

Apa Itu Table of Content Plus?

Sesuai dengan judulnya, ya kalian menggunakan plugin ini untuk membuat daftar isi artikel. Plugin ini memungkinkan membuat kalian daftar isi secara otomatis, ataupun bisa menggunakan shortcode yang diselipkan secara manual oleh kalian sendiri di artikel mana yang ingin ditampilkan. Selain post, plugin ini bisa membuat disebuah halaman juga kok, ada banyak pilihan yang bisa kalian gunakan.

Bagaimana Pengaturan Table of Content Plus?
  • Install plugin tersebut di blog kalian,
  • Masuk ke halaman pengaturan, dan akan muncul beberapa pilihan. Main options, sitemap dan FAQ. Gue hanya akan memberikan pengaturan untuk Main Options.
  • Atur posisi tampil daftar isi ini jika kalian ingin melakukannya otomatis.
  • Pilih berapa banyak heading tag yang akan memancing plugin ini muncul, kalau gue mengatur 4 heading tag baru akan tampil.
  • Pilih bagian mana yang ingin kalian tampilkan, kalau gue semuanya gue buat manual. Karena gak yakin aja sama halaman gue.
  • Ganti tampilah judul dari daftar isi kalian, karena defaultnya akan bertuliskan content. Begitu juga tulisa hide/show yang bisa kalian ubah.
  • Pilih jenis tabel yang ingin kalian gunakan, termasuk warna dan tulisannya.
  • Simpan
Memunculkan Table of Content Plus di Artikel

Setelah pengaturan diatas selesai, sekarang waktunya kalian menampilkan apa yang sudah kalian buatkan? Caranya cukup mudah, kalian tinggal memanggil shortcode yang disiapkan yaitu [-toc-], hilangkan tanda – karena ini sebagai contoh. Kalau ditulis beneran, dia muncul lagi disini. Kalau sudah tampil, silahkan dimasukan silahkan disimpan dan lihat hasilnya.

Tips Tambahan Untuk Kalian

Untuk penggunaan plugin ini, gue menyarankan untuk melakukannya secara manual. Kenapa? Karena kita tidak pernah tahu artikel mana yang masih sesuai dengan tagging ini. Dengan cara ini, kalian bisa melakukan optimasi artikel lama sekaligus memperbaharui dengan menggunakan plugin ini. Jadi, sambil menyelam minum air istilahnya :)

Kira-kira, segitu dulu informasi yang bisa gue berikan untuk kalian disini. Kalau kalian ingin menggunakan plugin ini, silahkan. Kalau kalian terbantu, boleh disebarkan ke teman-teman yang lain juga. Sekarang, gimana? Jadi udah tahukan cara membuat daftar isi di artikel blog kalian?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *