Menulis Artikel Itu Haruskah Terpatok Dengan Berapa Jumlah Kata?

Menulis Artikel Idealnya Berapa Kata

Akhirnya gue kembali menulis artikel yang tidak berhubungan dengan helm, sarung tangan motor dan beberapa tulisan lainnya mengenai dunia otomotif. Tulisan ini akan menjadi jawaban gue sendiri terkait beberapa artikel blog yang gue baca mengenai jumlah kata ketika kalian menulis sebuah artikel agar mendapatkan pengunjung.

Ada beberapa tulisan yang mengatakan bahwa, apabila ingin mendapatkan pengunjung yang banyak dan menempati halaman 1 mesin pencari (google) dengan menulis artikel lebih dari 500 kata. Hal ini bertujuan untuk menyaingi blog atau website yang memiliki nilai domain yang baik, entah itu domain authority (moz) atau domain rating (ahrefs).

Apakah benar demikian? Wah, ini cukup berat bahasannya dan akan menjadi pro-kontra sih buat gue pribadi. Kenapa begitu? Diluar sana banyak yang memberikan tips menulis artikel seo friendly dengan syarat harus diatas 500 kata, bahkan mencapai 1000 kata dalam 1 artikel. Faktanya, apakah itu tetap berlaku? Lihat kata kunci dibawah ini.

Menulis Artikel Dibawah 500 Kata

Kalau melihat hasil riset menulis artikel untuk blog sendiri, gue rasa tujuan menulis dengan 500 kata atau lebih bukan semata untuk menempati halaman 1 google saja. Apabila ingin menempati halaman 1 google, artikel mengenai fungsi inner join yang gue buat bisa mendapatkan dengan hanya dibawah 500 kata dalam artikel.

Hanya saja, banyak yang terpaku pada 1 kata kunci dalam artikel tersebut. Ini menyebabkan banyak yang mengulang-ulang tulisan dalam artikel tersebut agar mencapai 500 kata atau lebih. Bukan hanya akan dianggap spam oleh bot google, tetapi pengunjung yang membaca tulisan tersebut akan merasa jenuh dengan maksud tulisannya.

Jumlah Kata Saat Menulis

Tujuan Menulis Artikel 500 Kata atau Lebih

Seperti yang gue bilang diatas ketika kalian menulis lebih dari 500 kata bahkan 1000 kata sekalipun seperti tulisan serba-serbi youtube yang gue buat, tujuannya bukan hanya untuk mendapatkan halaman 1 google saja. Tetapi ada beberapa tujuan yang bisa kalian dapatkan dengan menulis artikel panjang, diantaranya:

Menyebarkan Kata Kunci

Menurut gue ketika menulis artikel panjang lebih dari 500 kata, 600 kata atau lebih itu memiliki tujuan untuk menyebarkan keyword atau kata kunci dalam artikel tersebut. Perlu diingat, bukan semata hanya 1 kata kunci tetapi dengan beragam kata kunci turunannya. Ini dimaksudkan untuk meningkatkan jumlah pembaca artikel (pageviews) pada artikel lainnya.

Sebagai contoh, ketika ingin menulis artikel dibayar dengan kata kunci belajar gitar misalnya. Kalian bisa menyebarkan kata kunci turunan dalam artikel 600 atau 700 kata yang akan kalian buat, misalnya kata kunci belajar gitar untuk pemula, kunci dasar belajar gitar dan lain sebagainya kalian taruh di dalam paragraf artikel tersebut.

Melakukan Optimasi On Page

Setelah menyebarkan kata kunci, tentu kalian tahu untuk melakukan optimasi seo on page adalah dengan memberikan link terkait dengan tingkat relevansi yang sesuai agar nilai bounce rate dan jumlah pageviews meningkat. Itulah tujuannya ketika menulis artikel blog lebih dari 500 kata bahkan sampai 100 kata.

Selain itu, untuk menulis artikel yang baik kita harus membahas sebuah permasalah secara mendalam dan tidak mungkin dibahas hanya dalam 300 kata dan ingin mendapatkan halaman 1 google kemudian menambah jumlah pengunjung website atau blog kalian. Berbeda hal ketika kalian hanya menulis artikel spesifik dengan 1 tema, itupun ulasannya melebihi 300 kata.

Meningkatkan Waktu Kunjungan Website

Tujuan terakhir adalah untuk meningkatkan waktu kunjungan pada website atau blog yang kalian kelola. Tetapi, perlu kalian ingat ketika gue sebutkan diatas tadi. Menulis artikel panjang jangan terlalu banyak pengulangan makna. Bukan hanya menyebabkan orang malas membacanya, tetapi orang akan lebih cepat menutup artikel tersebut.

Hal tersebut bisa kalian atas dengan beragam cara menulis artikel agar lebih menarik, misalnya saja kalian melakukan riset yang mendalam pada artikel tersebut, atau mungkin memberikan banyak gambar infografis dan lain sebagainya. Ini membuat orang akan semakin betah membaca artikel yang kalian buat tersebut.

Tips Menulis Artikel Untuk Blog

Menulis Artikel Idealnya Berapa Kata

Berbicara mengenai penulisan artikel yang baik, gue akan berikan beberapa tips yang menurut gue pribadi bisa membantu pembaca lebih menikmati tulisan kalian. Jadi, kalian tidak sia-sia menulis artikel 1000 kata dengan harapan menempati halaman 1 google tetapi yang terjadi malah sebaliknya. Sedikit langkah menulis artikel yang bisa gue berikan untuk kalian, diantarnya:

Berbicara Seperti Teman

Sejak awal gue menulis blog aldyputra.net ini, gue selalu menulis dengan panggilan atau menyebut pembaca gue dengan kata “elo-gue”. Tetapi, ini akan berbeda di artikel gue yang lainnya yang lebih serius. Kenapa gue lakukan hal tersebut? Intinya, gue ingin mengajak siapapun yang membaca tulisan gue seperti sedang berbicara langsung.

Apakah iya artikel ini seperti sedang berbicara dengan gue langsung? Setidaknya, ini gue lagi cerita lho gimana resahnya gue sama langkah menulis artikel yang baik itu harus lebih dari 600 atau 700 kata, haha.. *paragraf ini cuma ngabisin waktu kalian aja, kalian dibaca sih keren juga ya*

Paham Dengan Yang Ditulis

Langkah menulis artikel yang biasanya gue lakukan yaitu memahami apa yang gue tulis. Kalau kalian baca artikel gue tentang helm, sarung tangan, motor dan dunia otomotif lainnya ya berarti emang gue paham sama seluk-beluknya. Bukan semata lebih dari 500 kata buat masukan kata kunci di halaman 1 google saja.

Jangan Terlalu Basa-Basi

Ini yang banyak gue temukan, banyak basa-basi. Sama seperti artikel lama gue yang gue benarkan, banyak banget basa-basainya padahal jumlah katanya cuma 300 kata. Gimana mau masuk halaman 1 kalau menulis artikelnya kaya gitu? 

Ingat, tulisan kalian boleh singkat-padat tetapi harus jelas. Apa yang kalian tulis, apa yang kalian bagikan, ada manfaatnya untuk orang lain atau tidak. Kalau 3 faktor itu masuk, kemungkinan besar orang akan membagikannya ke status media sosial mereka dengan sendirinya. Kalau sudah begitu, naiklah pengunjung kalian tanpa harus memikirkan SEO :)

Jadi Menulis Artikel Idealnya Berapa Kata?

Tips Menulis Artikel

Kesimpulannya menurut gue, berapapun jumlah kata dalam artikel kalian itu tidak terlalu berpengaruh kalau hanya ingin mengejar halaman 1 google. Kalian cukup pikirkan 1 kata kunci, pikirkan LSI dari kata kunci itu, tulis dengan singkat-padat-jelas. Tetapi, apabila kalian memikirkan beberapa aspek lainnya untuk website atau blog kalian. Silahkan terapkan jumlah kata dalam artikel 500-600 kata dengan 1 atau 2 kata kunci turunannya.

Fakta menariknya ketika gue mebuat artikel ini adalah gue baru sadar setelah artikel ini selesai, jumlah katanya ternyata hampir 1000 kata sih. Emang kalau udah menulis artikel curhat itu bakalan panjang ya, kalau kalian gimana?