User Experience, Hal Penting Dalam SEO Yang Dilupakan

apa itu user experience

Istilah user experience sendiri sepertinya sudah sangat sering kalian dengarkan. Sebagai pengelola website, tentu harus memikirkan kenyamanan pengguna atau pengunjung yang melihat artikel yang kalian tulis. Pada dasarnya, pengalaman pengguna atau user experience ini sendiri akan sangat berpengaruh besar.

Apa Sih User Experience Itu?

apa itu user experience

Seperti yang gue bahas diatas, user experience itu sendiri adalah bagaimana pengguna internet yang ada dalam mengkases sebuah website dan merasakan pengalaman berbeda pada website atau blog kalian. Contohnya, saat mereka datang ke website atau blog kalian, mereka dapat menemukan sesuatu yang mereka cari.

Sederhananya adalah bagaimana kita mementingkan pengguna yang datang ke website kalian dalam mencari sesuatu hal. Misalnya, kategori website atau blog yang ada. Apakah kolom pencarian dapat ditemukan oleh pengguna, dan beberapa hal lainnya yang membuat UX website kalian menjadi baik.

Pentingnya User Experience Untuk Website

Pentingnya User Experience

Ketika kalian sudah tahu, apa itu user experience sendiri. Sekarang kalian bertanya dalam hati, memangnya apa pentingnya untuk pemiliki website harus membuat user experience yang baik untuk para penggunanya?

Berikut ini beberapa hasil penelitian bahwa user experience merupakan salah satu faktor penting dalam dunia digital, baik itu aplikasi ataupun website dan blog:

Menurut Penelitian Imaginovation

Apabila sebuah konten dalam website tidak dioptimalkan dengan baik untuk para pengguna, ada sekitar 79% pengunjung yang keluar dari website atau blog yang kalian kelola. Hal ini akan berpengaruh pada tingkat bounche rate yang tinggi apabila UX sebuah website atau blog tidak dipikirkan matang-matang.

Menurut Penelitian HubSpot

Untuk para pengguna handphone, memiliki kecenderungan 5x untuk meninggalkan website atau blog yang kalian kelola apabila kalian tidak menyesuaikan tampilan atau apapun yang berhubungan dengan user experience para pengguna yang menggunakan handphone.

Menurut Penelitian MindTouch

Sebuah kasus nyata pada website yang mendengarkan keluhan para penggunanya, pendapatan sebuah website meningkat 35%. Itulah yang membuat user experience menjadi hal yang cukup penting dan kalian harus memikirkan ini dengan baik.

Intinya, kalian harus berpikir bahwa website atau blog yang kalian kelola itu seperti toko. Kalian harus membayangkan dari sisi pengguna untuk website atau blog yang kalian kelola. Jangan sampai, kalian mendapatkan user experience yang buruk pada website atau blog kalian.

Misalnya, calon pembeli ini tidak menemukan apa yang mereka butuhkan, atau kalian tidak bisa menjangkau pengguna tersebut. Sudah pasti, calon pembeli akan meninggalkan toko tersebut bukan?

Google sendiri sudah memberikan informasi bahwa UX atau user experience merupakan salah satu faktor penting untuk website agar penggunanya nyaman dan peringkat website kalian di mesin pencari lebih baik.

Menaikkan peringkat website yang payah tidak akan membuat pengguna Google puas. Jadi sebuah website memang harus mudah digunakan, dinavigasi serta dipahami oleh pengunjungnya (web visitor).

Salah Satu Cara Meningkatkan User Experience

Setelah itu, bagaimana cara gue untuk meningkatkan hal ini? Tentu saja, karena gue tahu jasa ini terbilang cukup mahal. Beruntungnya gue memiliki teman yang memang ahli dalam bidang ini. Gue selalu menanyakan bagaimana pendapat dia mengenai blog yang gue buat ini.

Martin Darmawanan UX

Martin Darmawan, salah seorang teman yang gue kenal dari dunia pekerjaan yang terbiasa memberikan masukan berdasarkan pemikirian penggunanya. Baik itu untuk sebuah aplikasi, ataupun website yang dilihat olehnya.

Sebagai contoh, beberapa gue sempat mendapatkan complain dari Martin terkait tulisan yang terlalu kecil, atau penulisan artikel dengan rata kiri-kanan pada sub-judul yang membuat pengguna website tidak nyaman. Hal kecil lainnya yang mendapatkan koreksi, bagian gambar yang terlihat tidak menonjol karena samar dengan tulisan.

Hal seperti itulah yang gue butuhkan untuk kebaikan blog sederhana ini. Beruntungnya memiliki teman yang pengalamannya sudah teruji. Kalau kalian penasaran, seberapa expert beliau dalam dunia customer experience dan teman-temannya, silahkan ke linkedin-nya saja ya. Udah gue kasih diatas tuh.

Kesimpulannya Gimana, Penting atau Tidak?

Kalau melihat artikel lama gue terkait SEO baik itu on-page atau off-page, gue sudah menuliskan disana bahwa kontenlah yang menjadi acuan kalian dalam meraih posisi yang baik pada mesin pencari. Tetapi, UX sendiri akan berperan penting dalam membuat pengguna website atau blog kalian menjadi lebih lama bertahan pada sebuah halaman artikel.

Pada dasarnya, hal ini menjadi sangat penting untuk kalian yang memang ingin membuat konten berkualitas dengan pengunjung atau pengguna website kalian yang baik juga. Jangan pernah sepelekan user experience untuk website atau blog kalian masing-masing.